Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaMemiliki sebuah produk tentu saja perlu memperhatikan kemasannya juga. Mengingat kemasan menjadi nilai estetika pada suatu produk sekaligus sebagai pelindung. Salah satu yang sering digunakan adalah mika plastik. Pastikan kualitas mika plastik yang Anda gunakan sudah sesuai.

Di pasaran, kemasan produk yang menggunakan mika sudah tidak asing lagi di mata sebagian orang. Hal ini karena mika plastik memiliki bentuk yang cukup simple namun tetap mewah. Ada banyak jenis produk yang menggunakan kemasan mika, contohnya makanan, souvenir, kotak hampers dan lain lainnya.

Jika Anda sudah memilih mika sebagai kemasan produk Anda, pastikan Anda mengetahui kualitas dari mika tersebut untuk menjaga kualitas produk. Maka dari itu, artikel ini akan membahas cara mengetahui kualitas kemasan mika untuk produk.

jenis kemasan plastik untuk makanan
Sumber: Google

Sebelum Anda membeli mika, pastikan Anda memeriksa kualitas kemasan yang tersedia di mika tersebut agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian. Berikut ini tips agar Anda mengetahui kualitas mika yang baik.

Ketahui Bahan yang Digunakan

Hal yang pertama yang harus Anda ketahui adalah mengetahui bahan yang digunakan. Biasanya jika untuk kemasan makanan plastik mika menggunakan bahan plastik berjenis polyvinyl chloride atau PVC. Bahan tersebut tentu saja aman digunakan untuk makanan atau produk lainnya.

Tidak Berbahaya

Selanjutnya adalah dengan mengetahui apakah mika tersebut mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan konsumen. Anda dapat memilih plastik mika yang dapat didaur ulang sehingga menjadi ramah lingkungan.

Pilih Bahan yang Tebal

Biasanya mika yang digunakan untuk pembungkus hampers haruslah tebal. Maka dari itu ada baiknya jika Anda membaca deskripsi produk dengan teliti dan mengetahui bahan apa saja yang digunakan, ukuran ketebalan serta lebarnya.

Datangi Toko Langsung

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling efektif karena jika Anda mendatangi toko secara langsung, maka Anda akan lebih mengetahui bentuk, bahan, dan warna yang disediakan di toko tersebut. Hal tersebut dapat mempermudah Anda mengetahui kualitas plastik mika itu sendiri dan menemukan plastik yang sesuai dengan produk yang Anda miliki.

Baca Juga: Sablon Kemasan Plastik, Solusi Untuk Bisnis Kekinian

Kelebihan Plastik Mika

plastik mika kemasan makanan
Sumber: Google

Ada baiknya jika Anda mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh plastik mika. Selain memiliki bentuk yang menarik mika juga memiliki banyak kelebihannya seperti sebagian berikut.

Memiliki Kemasan Yang Kuat

Jika Anda membungkus produk yang berpotensi mudah rusak, Anda dapat menggunakan plastik mika dengan bahan yang tebal dan kaku. Oleh karena itu, plastik mika diketahui kuat untuk menahan produk yang ada di dalam mika.

Memiliki Kemasan Yang Simple

Mika sendiri memiliki bahan yang lentur. Sehingga dengan mudah dibentuk menjadi berbagai macam bentuk yang kekinian dan dapat menaikan nilai jual produk.

Memiliki Banyak Jenis Sesuai kebutuhan

Mika tidak hanya memiliki satu jenis saja. Ada beberapa jenis mika sesuai dengan kebutuhan yang digunakan, seperti mika bening, mika berwarna dan mika tebal. Anda dapat memilih bentuk dan ukurannya sesuai kebutuhan Anda.

Dapat Di Daur Ulang 

Kelebihan mika selanjutnya adalah dapat didaur ulang. Karena memiliki ketebalan yang berbeda beda akan lebih mempermudah Anda mendaur ulang mika Anda bisa mendaur ulang mika menjadi aksesoris.

Dijadikan Media Promosi

Mika dapat menjadi media promosi karena memiliki bentuk yang dapat dibentuk dengan mudah sehingga produk yang Anda jual akan lebih menarik. Mempertimbangkan mika plastik sendiri sangat cocok untuk dijadikan media promosi.

Baca Juga: Mengenal Mika Plastik untuk Kemasan Produk Makanan

Rekomendasi Mika Plastik untuk Kemasan Makanan

Demikian informasi mengenai mika plastik, semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Jika Anda sedang membutuhkan atau mencari tempat penjualan mika plastik dengan kualitas terjamin, Anda bisa menemukannya di PT. Vacpack Indonesia.

Vacpack Indonesia juga merupakan pembuat Mika plastik berupa blister, tray makanan, tray biscuit, tray electronic, tray buah di Jakarta, Indonesia. Produk yang disediakan terdiri dari tray dan mika plastik (untuk makanan, buah, telur, elektronika dan juga berdasarkan permintaan dari klien). Material yang digunakan adalah PET, PVC PP, dan PET.

Penulis: Wardah Aliya Rahmah
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks