Indonetwork, Wahana – Yogyakarta tidak hanya terkenal akan candi, tugu, maupun kampus ternama saja. Wilayah yang berada di selatan Pulau Jawa ini memiliki banyak pantai cantik yang bisa dikunjungi, terutama di daerah Gunungkidul. Berbagai pilihan pantai dengan pesonanya masing-masing di Gunungkidul dapat Anda kunjungi, termasuk Pantai Nglambor Yogyakarta yang biasa digunakan untuk aktivitas snorkeling.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Nglambor di Yogyakarta ini, simak beberapa informasi tentangnya berikut ini, meliputi lokasi, harga tiket, dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sana.

Lokasi Destinasi Pantai Nglambor

pantai nglambor yogyakarta

Pantai Nglambor berada di Kabupaten Gunungkidul dan dekat dengan destinasi wisata lainnya, yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Pantai Nglambor tepatnya berada di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Nglambor, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Wonosari menuju ke Tepus, lalu dilanjutkan menuju ke arah Pantai Siung. Terdapat jalan alternatif lainnya, yaitu melalui Semanu menuju ke Desa Purwodadi, Tepus.

Akses jalanan untuk menuju Pantai Nglambor ini cukup sulit. Tidak ada transportasi umum untuk menuju ke sini, maka Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau rental mobil. Sampai di tempat parkir, untuk mengunjungi titik pantai maka Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih satu kilometer dengan berjalan kaki atau memanfaatkan ojek yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Pantai Indah Dengan Ombak Besar dan Kegiatan Snorkeling

snorkeling pantai nglambor

Pantai Nglambor awalnya cukup sepi pengunjung karena wilayahnya yang cukup kecil dan tidak begitu luas dibandingkan wisata laut lainnya. Namun, beberapa wisatawan menyadari potensi Pantai Nglambor yang dapat digunakan untuk snorkeling dan melihat keindahan bawah air laut Pantai Nglambor seperti ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya.

Pantai Nglambor kini menjadi salah satu destinasi wisata para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas snorkeling di Yogyakarta. Keindahan biota lautnya layak untuk Anda jelajahi.

Pantai Nglambor yang berada di selatan Pulau Jawa ini memiliki ombak yang besar karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia yang luas. Hal ini menjadi salah satu kekhawatiran para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas air, seperti berenang, surfing, bahkan snorkeling. Namun, jangan khawatir. Anda dapat melakukan aktivitas tersebut dengan awasan para profesional yang berada di sekitar wilayah pantai.

Selain itu, Pantai Nglambor memiliki dua buah gunung karang besar yang berada cukup jauh dari bibir pantai yang dapat menjadi pemecah ombak dari lautan luas di belakangnya. Hal ini membuat ombak di pinggir pantai menjadi tenang dan tidak besar, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas dengan aman.

BACA JUGA: REKOMENDASI 5 TEMPAT WISATA DI KALIURANG JOGJAKARTA

Info Masuk Pantai Nglambor

Harga tiket masuk wilayah Pantai Nglambor cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu, ada biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat dan lainnya.

Jika ingin merasakan snorkeling di Pantai Nglambor, Anda bisa menyewa alat snorkeling dengan biaya sebesar Rp35.000 – Rp50.000. Harga yang cukup terjangkau untuk aktivitas yang menyenangkan, bukan?

Sebelum mengunjungi Pantai Nglambor, ada baiknya untuk melihat perkiraan cuaca terlebih dahulu. Jika ingin melakukan aktivitas snorkeling, Anda dapat memperhatikan keadaan saat air pantai surut atau naik. Nah, waktu yang tepat untuk bisa snorkeling adalah ketika air dan ombaknya tidak terlalu tinggi agar aman dan bisa melihat dasar laut dengan jelas.

Aktivitas Lain Pantai Nglambor yang Bisa Dilakukan

tebing pantai nglambor

Berada di pinggiran laut, daerah sekitar Pantai Nglambor juga dikelilingi bukit dan tebing yang bisa dijelajahi. Ada jembatan dari kayu yang disediakan untuk menyeberang ke tebing agar Anda bisa melihat keindahan laut dari sisi tebing.

Jika Anda lapar, ada beberapa warung makan yang menyediakan makanan khas laut, seperti udang, lobster, kerang laut, hingga gurita. Warga lokal akan senang hati melayani dan menyajikan makanan seafood ini untuk memanjakan perut Anda.

Walaupun Pantai Nglambor tidak setenar destinasi pantai lainnya di daerah Yogyakarta, tetapi fasilitas yang tersedia di sini sudah cukup lengkap, seperti toilet, musala, warung, hingga tempat jasa sewa snorkeling.

Jangan khawatir untuk berwisata ke daerah sini karena Anda bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan Anda. Namun, sinyal di Pantai Nglambor masih sering hilang muncul dan tidak stabil. Sehingga, Anda bisa berwisata tanpa adanya gangguan dari sosial media lainnya.

Hal yang Harus Disiapkan

Sebelum mengunjungi Pantai Nglambor, Anda harus menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Menggunakan kendaraan pribadi;
  • Mengetahui cuaca agar bisa melakukan aktivitas bermain air;
  • Bisa menyebrang ke pulau atau tebing lain melalui jembatan;
  • Wilayah yang minim sinyal; dan
  • Banyak penjual yang menjajakan makanan laut

Beberapa hal tersebut bisa Anda ingat sebelum mengunjungi wilayah Pantai Nglambor ini.

BACA JUGA: 7 DESTINASI TERBARU DI YOGYAKARTA YANG MENARIK UNTUK DIKUNJUNGI

Jasa Rental Mobil Yogyakarta

Itulah beberapa informasi terkait destinasi wilayah Pantai Nglambor di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi saat liburan bersama keluarga. Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku di wilayah tersebut saat Anda sedang berkunjung ke daerah tersebut ya.

Ajak teman-teman maupun keluarga Anda untuk mengunjungi Pantai Nglambor Yogyakarta dengan menggunakan jasa rental mobil Yogyakarta dari Big Benjaya yang siap melayani kebutuhan wisata Anda secara profesional. Berbagai macam mobil seperti Alphard, Avanza, Camry, Fortuner, Hiace Commuter & Premio, Pajero, Sprinter, Xenia, dan lain-lain tersedia di sini yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Enable Notifications OK No thanks