Indonetwork, Peralatan Industri -  Di bumi terdapat berbagai jenis gas yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Salah satu gas penting dapat dijumpai pada lapisan atmosfer yang mengelilingi bumi. Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk bumi. Pada atmosfer terdapat berbagai macam gas, salah satunya seperti oksigen yang dibutuhkan manusia serta gas argon yang memiliki banyak manfaat.  

Gas argon adalah salah satu gas mulia yang dapat larut di dalam air seperti halnya gas oksigen. Pada atmosfer, gas argon memiliki jumlah 1% diantara gas-gas lainnya. Meskipun jumlahnya sedikit, tanpa gas ini manusia tidak dapat hidup di muka bumi. Lalu apa itu gas argon? Apa saja manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: MENGENAL GAS CO2 BESERTA MANFAATNYA

Apa itu Gas Argon?

Argon adalah gas mulia ketiga dan berkontribusi pada sekitar 1% atmosfer bumi. Gas ini memiliki kelarutan yang mirip dengan oksigen dan 2,5 kali lebih mudah larut dalam air dari gas nitrogen. Sifat gas argon (Ar) tidak berwarna dan tidak berbau, baik dalam bentuk gas dan cair. Dalam bahasa Yunani, Argon berarti “malas” atau “tidak aktif”. Hal tersebut karena ketidakaktifan kimianya. 

Argon pertama kali diisolasi dari udara pada tahun 1894 oleh Lord Rayleigh dan Sir William Ramsay di University College London. Mereka melakukannya dengan menghilangkan oksigen, karbon dioksida, air, dan nitrogen dari sampel udara bersih. Akhirnya mereka mencapai hasil ini dengan mereplikasi eksperimen Henry Cavendish yang dilakukan pada tahun 1785.

Manfaat Argon Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari gas argon memiliki banyak manfaat. Gas ini dimanfaatkan dalam bidang industri hingga kesehatan. Berikut ini adalah manfaat gas argon yang perlu Anda ketahui.

1. Penggunaan pada Bola Lampu

bola lampu

Argon digunakan sebagai gas pengisi dalam beberapa jenis bola lampu khususnya bohlam. Sifatnya yang inert, tidak bereaksi dengan filamen wolfram dan tidak menyebabkan putus. Gas argon digunakan dalam bola lampu neon dan lampu pijar untuk menghentikan oksigen dalam bola lampu dari korosi filamen tungsten panas. 

2. Pelindung pada Pengelasan

gas argon untuk pengelasan

Dalam proses pengelasan, percikan api dihasilkan dari daya listrik ketika proses dilakukan. Gas argon berperan penting untuk melindungi pekerja dari cipratan bunga api yang dihasilkan dari proses mengelas. Sifat dasar argon yang tidak bereaksi terhadap panas inilah yang membuat gas ini digunakan.

3. Pembuatan Titanium

gas argon untuk pembuatan titanium

Pada proses pembuatan titanium memiliki sifat yang cenderung reaktif, sehingga argon digunakan juga sebagai pelindung. Argon dimanfaatkan untuk menghindarkan titanium dari gesekan logam yang sedang dalam proses pengelasan. Hal ini dikarenakan argon adalah gas pelindung atau inert yang mampu menjaga titanium menjadi reaktif.

4. Bermanfaat Dalam Bidang Kesehatan

gas argon untuk kanker

Penggunaan argon memiliki peran penting sebagai gas pelindung pada alat-alat kedokteran. Tidak hanya itu, perannya dalam bidang kesehatan juga tidak diragukan lagi, salah satunya adalah dalam mengobati penyakit kanker. Di Tiongkok, argon digunakan dalam pengobatan kanker sejak tahun 2000. Gas argon disuntikkan langsung pada sel kanker dengan suhu yang sangat rendah, tepatnya dibawah 0oC. Sel kanker tersebut akan membeku dan secara perlahan akan mati. 

5. Untuk Alat-Alat Laboratorium

Alat laboratorium

Sama halnya dengan peralatan kedokteran yang memanfaatkan gas argon. Pada alat-alat laboratorium, gas argon digunakan sebagai gas inert atau gas pelindung. Salah satu contoh penggunaan gas argon untuk alat laboratorium adalah pada alat kromatografi. Penggunaan gas argon membuat hasil analisis kromatografi gas menjadi lebih sangat akurat. Kromatografi sendiri merupakan teknik pemisahan yang didasari oleh perbedaan kecepatan migrasi komponen penyusun senyawa. 

6. Pengisi Tabung Fluorescence

lampu fluorescene

Gas argon merupakan salah satu gas yang digunakan pada komposisi gas pengisi tabung fluorescence. Produksi cahaya dari tabung fluorescence lebih efisien dengan penggunaan gas argon dibandingkan dengan penggunaan jenis gas lainnya. 

7. Pemanfaatan Argon dalam Industri

industri besi dan baja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa gas argon digunakan juga dalam bidang industri, salah satunya adalah pada industri besi dan baja. Pada peleburan baja, argon cair digunakan untuk menghindari terjadinya proses oksidasi. Sehingga pada waktu yang sama juga gas belerang akan berkurang. 

Selain itu, gas argon digunakan untuk memperkuat struktur baja ketika dalam proses pemanasan yang berlangsung. Argon dapat mengurangi jumlah karbon yang terdapat di dalam baja terutama ketika dipanaskan. Pada kendaraan mobil, argon digunakan sebagai gas pengisi untuk ban untuk membantu performa yang baik. 

8. Untuk Alat Scuba Diving

Scuba diving

Sifat gas argon yang mampu menahan panas digunakan pada alat scuba diving, yaitu drysuit. Penggunaan gas argon akan membuat drysuit atau pakaian selam yang digunakan pada lokasi cold water menjadi mengembang. 

Baca juga: POMPA HIDROLIK, PENUNJANG PRODUKTIVITAS INDUSTRI

Distributor Gas Industri dan Medis

Manfaat gas argon (Ar) dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada bidang industri hingga kesehatan sangat penting. Namun, penting untuk menggunakan peralatan yang tepat jika Anda harus berhubungan langsung dengan gas argon agar tidak menyebabkan kerugian. Oleh karena itu, saat ini Anda akan dengan mudah mendapatkan gas argon melalui distributor gas industri yang banyak menyediakan berbagai kebutuhan gas.

Di PT. Cakrabuana Langgeng Sukses, Anda bisa mendapatkan gas argon atau jenis gas industri atau medis yang sesuai dengan kebutuhan. Distributor gas industri yang berlokasi di Bogor ini juga menyediakan berbagai jenis alat kesehatan berkualitas dan tentunya dengan hasil akurat. Untuk kebutuhan gas industri dan media, PT. Cakrabuana Langgeng Sukses adalah pilihannya. 

Author

Enable Notifications OK No thanks