Indonetwork, Tips & TrikTeknologi yang semakin berkembang di zaman sekarang tentu saja membawa banyak perubahan pada kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali mengubah sistem kerja dari suatu bisnis. 

Tidak hanya bisnis dengan skala besar saja yang bisa memanfaatkan teknologi di zaman digital ini, tetapi juga small dan medium bisnis (UKM). Teknologi dapat membantu Anda sebagai pemilik bisnis UKM untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Berikut beberapa cara memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas bisnis UMKM.

Meningkatkan Produktivitas

produktivitas bisnis dengan teknologi
Sumber: Unsplash

Adanya teknologi memungkinkan Anda untuk bisa menggunakan berbagai software dan hardware untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. 

Misalnya untuk pencatatan waktu kerja atau alat presensi karyawan menggunakan fingerprint. Produktivitas kerja bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi. Asalkan Anda dapat memilih teknologi yang tepat dan sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan.

Meningkatkan Pemasaran

Dengan menggunakan teknologi dapat membantu Anda untuk membuat rencana pemasaran atau marketing plan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Hal ini merupakan salah satu tips paling ampuh untuk bisa meningkatkan pemasaran bisnis Anda. Anda dapat melakukan promosi melalui media sosial, termasuk membuat iklan untuk bisnis Anda melalui Facebook, Instagram, dan Google.

Berkomunikasi Dengan Lebih Efektif

Komunikasi merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis. Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk membangun komunikasi yang lebih efektif.  Anda dapat mulai mencoba menggunakan aplikasi untuk komunikasi internal tim, misalnya Google Chat dan Slack. Dengan begitu, komunikasi antara Anda dengan tim Anda bisa menjadi lebih mudah.

Membangun Tingkat Keamanan Informasi Bisnis

Keamanan informasi dalam bisnis cukuplah penting karena mencakup informasi penting terkait bisnis. Agar tidak terjadinya kebocoran informasi, Anda dapat menggunakan teknologi sebagai keamanan informasi bisnis. 

Aplikasi berbasis teknologi dapat memastikan bahwa informasi dapat diakses oleh orang yang tepat melalui permintaan kata sandi maupun email yang terkonfirmasi, sehingga dapat menghindari kebocoran data pribadi. 

Baca Juga: Ingin Banjir Orderan? Ini Tipsnya!

Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggan 

teknologi untuk bisnis
Sumber: Unsplash

Pelanggan merupakan sumber keberhasilan dalam bisnis Anda. Oleh karena itu, sebaiknya kita melayani pelanggan dengan baik. 

Jika pelanggan tidak puas, maka akan berdampak pula bagi bisnis Anda. Anda dapat menggunakan teknologi sebagai sarana menemukan berbagai informasi terkait survei kepuasan pelanggan. Anda dapat melakukan survei online kepada para pelanggan. Tidak hanya itu, adanya media sosial bisa membantu Anda mendapatkan review dari pelanggan terkait produk yang Anda jual.

Gunakan Cloud Software

Cloud software merupakan perangkat lunak untuk menyimpan semua hal yang berkaitan dengan bisnis. Dengan teknologi ini, Anda juga dapat mengakses dokumen-dokumen penting dari mana saja. Dengan begitu akan mempermudah karyawan mengakses file bisnis dimana saja dan kapan saja.

Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Produktivitas

Teknologi juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Anda dapat membiarkan karyawan membawa perangkat sendiri milik mereka yang dapat memberikan kenyamanan. Selain bisa meningkatkan produktivitas, cara ini juga dapat memangkas biaya operasional bisnis.

Menggunakan Teknologi untuk Mengelola Keuangan

Teknologi kini sudah banyak berkembang dan memiliki peran masing masing. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun bisa memanfaatkan teknologi untuk mengelola keuangan bisnis, misalnya menggunakan Excel atau software akuntansi untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, fitur-fitur lain yang dapat Anda gunakan adalah seperti membuat anggaran, mengurus gaji karyawan, bahkan hingga membuat tanda terima digital untuk pelanggan.

Manfaatkan Teknologi untuk Training

Melatih karyawan atau staff training merupakan hal yang paling banyak menghabiskan waktu. Baik waktu Anda sebagai pemilik usaha, maupun waktu karyawan. 

Anda dapat menggunakan teknologi saat ini untuk memungkinkan bisnis Anda mengikuti pelatihan yang dapat disesuaikan dengan waktunya masing-masing. Ada berbagai platform pelatihan di internet yang bahkan menawarkan sertifikasi dan ujian untuk memaksimalkan keterampilan karyawan. Karyawan yang terlatih dan memiliki etika pelayanan yang baik tentunya akan meningkatkan prouktivitas, bahkan membuat para pelanggan kembali ke toko Anda.


Itulah informasi mengenai Cara memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas bisnis UMKM semoga dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis Anda.

Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Wardah Aliya Rahmah
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks