Indonetwork, Peralatan Industri – Dust collector adalah jenis peralatan pengendalian polusi udara yang digunakan di pabrik, gudang, dan pengaturan industri atau komersial lainnya untuk memenuhi persyaratan keselamatan lingkungan dan tempat kerja. Sistem dust collector yang efektif mengontrol, mengurangi, dan menghilangkan partikel dan asap yang berpotensi berbahaya dari gas dari proses manufaktur atau udara dan lingkungan sekitar selama produksi dan manufaktur. Sebagaimana yang terlihat, terdapat banyak sekali pabrik di Indonesia sehingga untuk mendapatkan distributor jual dust collector saat ini juga mudah, demi mengendalikan polusi yang ditimbulkan.

Jenis polutan dari tiap industri dapat berbeda-beda. Namun pada umumnya, dust collector bekerja dengan menarik debu dan partikulat dari udara melalui filter, kemudian memisahkan materialnya, dan terakhir membuang udara murni kembali ke tempat kerja atau lingkungan. Lima jenis dust collector system yang umum digunakan adalah fabric filter baghouses, inertial separators, cartridge collectors, wet scrubbers, dan electrostatic precipitators. Fabric filter baghouses sendiri hadir dalam berbagai desain dan merupakan sistem yang paling umum digunakan karena efisiensinya yang mencapai 99%. Komponen dasar dust collector meliputi blower, filter debu, sistem pembersihan filter, wadah debu, dan sistem pembuangan debu.

Pentingnya Menggunakan Dust Collector

Jual Dust Collector
Sumber: Info.lagunatools.com

1. Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan

Ketika udara dipenuhi dengan kotoran, debu, serpihan, bahan kimia atau gas, hal itu dapat mempengaruhi paru-paru siapa saja yang menghirup udara ini. Tidak hanya itu, partikel ini dapat terkumpul pada atau di dekat peralatan, menimbulkan bahaya kebakaran yang signifikan. Dengan dust collector, kontaminan ini dihilangkan dari udara, membersihkan udara dan meningkatkan keselamatan semua orang di dalamnya.

2. Meningkatkan Produktivitas

Ketika kotoran, debu, dan serpihan terkumpul pada peralatan, kotoran tersebut dapat masuk ke dalam, mengganggu mekanisme peralatan. Hal ini dapat menyebabkan mesin lebih lambat dan peralatan rusak. Dust collector mampu meminimalisir risiko ini sehingga mesin Anda dapat bekerja secara optimal. Mesin yang optimal tentunya juga dapat mempengaruhi kinerja para karyawan.

3. Meningkatkan Kualitas Produk

Debu di udara dapat menempel pada produk selama proses pembuatan. Hal ini tentunya dapat berdampak negatif pada kualitas produk. Dust collector secara signifikan mengurangi debu dan asap di udara sehingga dapat meningkatkan kualitas produk.

4. Memenuhi Peraturan Keselamatan Kerja

Terdapat banyak undang-undang dan peraturan yang berlaku untuk keselamatan kerja. Beberapa peraturan tersebut terkait dengan lingkungan dan kualitas udara. Kualitas udara yang buruk dapat merugikan Anda, tidak hanya denda, tetapi juga dengan menciptakan potensi bahaya yang dapat merusak pabrik atau memengaruhi karyawan Anda. Dust collector dapat membantu Anda mematuhi peraturan pemerintah serta menjaga semua orang (dan segala sesuatu) di dalam gedung tetap aman.

Baca Juga: PANDUAN MEMILIH FILTER DUST COLLECTOR AGAR BEKERJA OPTIMAL

Tipe-tipe Dust Collector

Dust Collector Berkualitas
Sumber: Teldust.com

1. Shaker Dust Collectors

Shaker dust collectors adalah sistem pengumpul debu yang mampu membersihkan secara off-line ketika aliran udara dihentikan sementara atau membagi baghouse menjadi beberapa kompartemen. Desain kompartemen menawarkan pembersihan unit secara terus-menerus sambil memungkinkan kompartemen individu dibawa offline untuk diservis. Peralatan ini umum digunakan dalam pengecoran, pabrik baja, industri pertambangan, pembangkit listrik, dan industri peleburan.

2. Pulse Jet Dust Collectors

Pulse jet dust collectors adalah jenis lain dari sistem baghouse yang hadir dalam berbagai desain untuk memenuhi kebutuhan aplikasi industri. Sistem baghouse beroperasi melalui pembersihan jet udara bertekanan tinggi yang cepat kemudian mengirimkan ledakan atau kejutan udara melalui kantong yang menghancurkan dan membuang debu-debu. Model pulse jet adalah jenis dust collector industri yang paling umum, karena kemampuannya untuk disesuaikan dengan mudah, kemampuan untuk menangani berbagai suhu dan tekanan, dan efisiensi pengumpulannya yang tinggi. Mereka dapat ditemukan di sebagian besar lingkungan manufaktur di mana padatan curah diproses, termasuk produksi bahan kimia dan mineral, pabrik pengolahan makanan, dan fabrikasi logam. Jet pulse collector dapat dibuat dari berbagai bahan, termasuk baja karbon, aluminium steel, inconel, hastelloy, dan lain-lain.

3. Cartridge Collectors

Cartridge collectors memiliki keunggulan di mana penggunaan ruang yang lebih kecil tidak begitu bermasalah untuk aliran udara yang sama dengan sistem baghouse yang lebih besar. Dust collectors ini juga menggunakan lebih sedikit filter, dan mengganti filter dari luar kolektor, yang dapat meminimalisir bahaya keselamatan. Fitur-fitur ini juga mengurangi waktu untuk mengganti filter dan biaya tenaga kerja terkait. Cartridge collectors ini dapat ditemukan dalam pengerjaan logam, pengerjaan kayu, pengumpulan asap, semprotan termal, dan manufaktur farmasi, di lain-lain.

Baca Juga: TIPS MEMILIH FILTER CARTRIDGE YANG BAGUS UNTUK DUST COLLECTOR

4. Cyclone Dust Collectors

Cyclone dust collectors adalah jenis pemisah inersia yang memisahkan debu dari aliran gas melalui gaya sentrifugal. Udara dimurnikan dengan menciptakan aksi siklon di dalam ruang pengumpulan siklon. Aliran udara melingkar yang intens menyerupai pusaran mendorong partikel debu ke dinding siklon, yang meluncur ke dasar hopper untuk dikumpulkan. Sistem siklon dapat menghilangkan partikel yang lebih berat dan besar yang bercampur dengan debu halus. Mereka sering digunakan sebagai pra-pembersih sebelum masuk ke sistem baghouses. Cyclone dust collectors sering digunakan dalam pengerjaan kayu, pulp dan kertas, peledakan tembakan, penggilingan, pertanian, pabrik daur ulang, dan masih banyak lagi.

5. Electrostatic Precipitators

Electrostatic precipitators memisahkan jelaga, abu, dan partikel debu dari gas buang menggunakan listrik statis. Beroperasi dengan prinsip yang sama seperti pembersih udara ionik, gaya elektrostatik mengisi partikel di udara secara negatif saat partikel tersebut mengalir melalui medan terionisasi di antara elektroda di dalam ruang. Electrostatic precipitators biasanya ditemukan pada pembangkit listrik industri yang membakar bahan bakar fosil seperti minyak dan batu bara.

Distributor Jual Dust Collector

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengumpul atau penghisap debu untuk industri ini hingga bagaimana peralatan tersebut dapat membantu meningkatkan fasilitas Anda, silahkan hubungi PT. Hebron Perkasa Mandiri yang merupakan distributor jual dust collector berkualitas. Dalam perkembangannya perusahaan yang berlokasi di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini telah bekerjasama dengan beberapa produk “worldwide” yang fokus dalam bidang filtration, seperti Donaldson dan Nederman.

Author

Enable Notifications OK No thanks