Indonetwork, Bahan Bangunan – Di dalam kebutuhan rumah Anda, kawat menjadi barang yang harus disimpan untuk membantu beberapa keperluan. Tapi apakah semua kawat memiliki bahan yang sama dan fungsi yang sama pula? Beberapa kawat ada yang dibuat memanjang, ada juga yang dibuat seperti jaring- jaring. Tekstur dan kekuatan kawat juga berbeda- beda tergantung bahan dasarnya. Dan bagaimana cara memilih jenis kawat ram untuk kandang burung?

Apa Itu Kawat Ram?

Bagi Anda yang tertarik pada dunia bangunan, pasti kawat ram ini tidak asing bagi Anda. Kawat ram ini adalah kawat yang dibentuk mirip seperti jaring- jaring atau sering juga disebut sebagai kawat loket. Kawat ini memang dipakai untuk tambahan dalam bahan baku dalam proses pembangunan. Harga kawat ram yang terjangkau membuat kawat ini seringkali banyak digunakan. Namun, terdapat banyak jenis kawat ram berdasarkan bahan yang digunakan maka kualitas dan harga yang ditawarkan pastilah berbeda-beda. Kawat ram yang digunakan di luar ruangan memiliki sifat lebih tebal dan kuat.

Kawat ram memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Bisa digunakan untuk membuat sekat pada lapangan, menutupi jendela, menjadi pagar untuk tanaman, bisa juga digunakan untuk dekorasi dinding seperti beberapa DIY yang sering Anda lihat di video-video youtube. Tentunya kawat ram ini bisa digunakan untuk membuat kendang hewan peliharaan, seperti kucing, burung, dan sebagainya.

Baca Juga : KELEBIHAN & KEKURANGAN KAWAT BRONJONG TERBARU

Jenis–jenis Kawat Ram?

jenis kawat ram untuk kandang burung
Sumber: Pixabya.com

1. Kawat Ram Alumunium

Kawat ram dengan kualitas yang bisa dikatakan sangat cukup adalah kawat ram alumunium, maka tidak heran harganya memang berbeda dengan kawat ram lainnya. Meskipun demikian, kekuatan yang dimiliki oleh kawat ram jenis ini tidak bisa diragukan lagi, kawat jenis ini juga sangat bisa digunakan untuk kebutuhan di luar ruangan.

2. Kawat Ram Hijau

Kawat ram berwarna hijau ini pasti sering Anda lihat karena seringkali digunakan untuk banyak hal karena mudah untuk diaplikasikan, apalagi harganya lebih murah dibandingkan dengan kawat ram jenis lainnya. Akan tetapi, rongga pada kawat ini tergolong kecil, sehingga perlu dipertimbangkan lagi ketika ingin menggunakan kawat ini untuk keperluan Anda.

3. Kawat Ram PVC

Kawat ini sering disamakan dengan kawat ram hijau karena bentuk dan ukurannya sangat mirip, apalagi warnanya juga seringkali sama yakni warna hijau. Kegunaan kawat ini biasanya digunakan untuk membuat loket- loket pembelian tiket, pengambilan obat, dsb. Akan tetapi bahan material pembuatnya tentu berbeda dan tentunya kawat jenis ini lebih ringan dikarenakan berbahan dasar dari PVC.

4. Kawat Ram Stainless Steel

Kawat ini biasanya digunakan di dalam ruangan, dari segi kualitas kawat ini memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan kawat ram hijau, tetapi satu tingkat di bawah kawat ram aluminium. Jadi harga untuk kawat ini masihlah terjangkau

5. Kawat Ram Galvanis

Kawat ram aluminium yang terbilang sudah sangat baik, ternyata memiliki saingan. Ya, kawat ram dari galvanis ini adalah kawat ram terunggul dibandingkan yang lainnya. Rongga pada kawat ini terbilang sangat besar hingga mencapai 5 cm. Maka tidak heran harga yang ditawarkan tentunya lebih mahal meskipun bisa dikatakan masih terjangkau. Tetapi kawat jenis ini kurang mudah untuk diaplikasikan karena ketebalan yang dimilikinya.

Bagaimana cara memilih Kawat Ram yang Bisa dijadikan Kandang Burung ?

Kawat ram memang dipilih sebagai bahan dasar dalam pembuatan kandang burung dikarenakan harganya yang murah dan terjangkau. Sifatnya yang mudah dibentuk juga membuat mudah bagi yang akan membuat kandang burung menggunakan kawat ini, apalagi ukurannya bisa disesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan. Lantas kawat ram seperti apa yang baik digunakan untuk membuat kandang burung ?

kawat ram kandang burung
Sumber: Pexels.com

1. Pastikan terlebih dahulu jenis burung apa yang akan dibuatkan kandang

Beberapa burung memiliki paruh yang sangat kuat dan mampu untuk memutuskan kawat ram. Maka pastikan dahulu dan pahami bagaimana jenis burung yang akan dibuatkan kandang.

2. Jangan Pilih kawat hijau berukuran 0,5

Kawat ini tergolong tipis untuk digunakan kandang burung, apalagi untuk beberapa burung yang paruhnya kuat seperti love birds. Apabila memang tetap ingin menggunakan kawat ini, diperlukan beberapa rangkap 3- 4 agar kuat dan tidak mudah putus.

Baca Juga : 7 JENIS & FUNGSI KAWAT UNTUK BAHAN BANGUNAN

3. Kawat yang berukuran 1 cm bisa menjadi pilihan

Kawat ram yang memiliki ketebalan 1 cm bisa dijadikan pilihan untuk membuat kandang burung, tetapi perlu dipertimbangkan resikonya dikarenakan kawat berukuran ini juga bisa berkarat jika terlalu sering digigit oleh burung dan memiliki potensi untuk putus.  Maka pastikan juga untuk bisa merangkapnya

4. Kawat stainless dan anti karat adalah pilihan yang baik

Kawat ini adalah jenis kawat yang memiliki ketebalan yang cukup dan resiko untuk berkarat sangatlah kecil, maka jenis ini sangat pas jika digunakan untuk membuat kandang burung. Pasti akan lebih awet.

5. Paling aman pilihlah kawat ram aluminium

Bagi Anda yang membuat kandang burung dan diletakkan di luar ruangan, tentu pilihan menggunakan kawat ram alumunium ini menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda. Selain kuat, tebal, kawat ini juga tahan dengan berbagai macam cuaca sehingga tidak mudah berkarat tentunya.

Cara dan rekomendasi jenis kawat ram di atas bisa menjadi pilihan dan pertimbangan untuk Anda dalam membuat kandang untuk burung. Kawat mana yang dipilih tergantung jenis burung yang dimiliki dan pastikan pikirkan ulang resiko sebelum membuat. Lebih baik mencari yang terbaik agar tidak perlu berkali- kali membuat kandang burung lagi. Pilih yang tebal, kuat, dan tentunya berkualitas.


Author

%d bloggers like this: