Indonetwork, Peralatan Industri – Flange atau flensa berguna untuk menghubungkan pompa, katup, pipa, dan bagian lain untuk membentuk sistem perpipaan. Sebagian besar flange baja digunakan dalam industri gas, minyak, dan kimia. Flensa adalah cincin tempa yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran dan digunakan di berbagai industri di seluruh dunia, maka tidak sulit untuk mencari supplier jual flensa termasuk flange JIS 10k. Dengan banyaknya variasi dan spesifikasi, mungkin pada awalnya sulit untuk mengenali mana yang tepat untuk Anda, karenanya simak penjelasan berikut.

Prinsip Kerja Flange

Flanges merupakan sambungan baut dimana dua buah pipa atau perlengkapan lainnya bisa disambungkan. Perlengkapan tersebut tersedia dalam bentuk, tekanan, rating, dan ukuran yang sesuai dengan persyaratan desainnya. Anda dapat menggabungkan kedua flensa dengan baut menggunakan gasket di antara keduanya untuk segel. Flange biasanya dilas atau disekrup untuk menyambungkannya. Penggunaan flange dapat mempermudah tugas pekerja atau teknisi dalam pemeliharaan dan perbaikan sistem pipa. Alih-alih mengeluarkan seluruh pipa untuk diperiksa, bagian pipa yang lebih kecil dapat diperiksa untuk menemukan kesalahan dengan bantuan flange. Titik sambungan flange memungkinkan penguatan sistem, serta pembersihan pipa, dan pemeriksaan yang mudah.

Prinsip Kerja Flange
Sumber: Metallicsteel.com

Bahan-bahan Pembuatan Flange

Flensa pipa dapat dibuat dari berbagai bahan. Bahan yang digunakan tergantung pada bahan perpipaan dan persyaratan aplikasi. Pemilihan tergantung pada faktor-faktor seperti ekonomi, tekanan aliran, suhu operasi, dan korosi lingkungan. Beberapa bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan flange adalah carbon steel, alloy steel, stainless steel, cast iron, aluminium, brass, dan PVC.

Jual Flange JIS 10K
Sumber: Excelmetal.net

Flange dibedakan berdasarkan tipe dan dimensi. Berdasarkan tipenya, jenis-jenis flange mengikuti pedoman ANSI (American National Standards Institute). Sedangkan berdasarkan dimensinya, jenis-jenis flange mengikuti ANSI, JIS (Japanese Industrial Standard), dan PN (Pressure Nominal). Simak detailnya di bawah ini.

Tipe Flange berdasarkan ANSI

1. Weld Neck Flange

Dinamakan neck flange (flensa leher) karena lehernya yang menonjol, flensa besar ini berbagi tekanan lingkungan dari pipa tempat mereka ditempelkan dan oleh karena itu, dapat digunakan dalam suhu atau tekanan ekstrem.

2. Slip On Flange

Flensa slip on dilas di bagian dalam dan luar. Flange jenis ini murah, populer, dan paling baik digunakan dalam aplikasi bertekanan dan bersuhu rendah.

3. Threaded Flange

Threaded flange (flensa pipa berulir) memiliki desain yang mirip dengan slip-on tetapi memiliki ulir yang meruncing sehingga dapat dipasang ke pipa tanpa pengelasan. Seperti slip on flange, flensa ini paling baik digunakan di lingkungan bertekanan dan bersuhu rendah.

4. Blind Flange

Flensa blind atau buta tidak memiliki lubang dan digunakan untuk mematikan bagian pipa. Flange jenis ini cocok untuk aplikasi tekanan tinggi, serta untuk menguji aliran gas atau cairan melalui pipa.

5. Socket Flange

Socket flange biasanya digunakan pada pipa kecil bertekanan tinggi seperti pipa hidrolik. Flensa ini dapat menerima pipa ke dalam soket untuk membuat sambungan.

6. Orifice Flange

Orifice flange atau flensa lubang merupakan jenis flensa khusus yang digunakan pada kondisi tertentu bersama dengan pelat lubang untuk mengukur atau membatasi tekanan atau aliran gas dan cairan dalam pipa. Karenanya instrumen ini biasanya dijual bersama dengan pelat dan sekrup jack sebagai produk lengkap.

Baca Juga: KEUNTUNGAN PIPA SEAMLESS SEBAGAI ALAT TRANSPORTASI MATERIAL

Dimensi Flange

Ukuran flensa bervariasi menurut gaya, dan setiap jenis flensa dilengkapi dengan definisi dimensi standar. Dimensi flensa sama di seluruh dunia sama demi kelancaran pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan, dan operasi. Ukuran atau dimensi tersebut biasanya ditampilkan dalam inci dan milimeter.

Dimensi dasar flange terdiri dari diameter luar, jumlah baut, ketebalan, dan detail hub. Baut biasanya terletak di bagian depan di luar flensa. Gasket yang digunakan di antara kedua flensa memiliki lubang dan ukuran baut yang sama dengan flensa yang menghadap. Flange berdasarkan ukuran (dimensi) Ansi Class #150, #300, #600, dan #900. Di Indonesia sendiri banyak supplier jual flange JIS Jis 10K, 16K, 20K, dan PN 10, 25, 40.

Keunggulan Menggunakan Flange

Flensa memberikan manfaat pada sistem perpipaan yang tidak dimiliki oleh jenis pemasangan hidrolik tradisional. Misalnya, dalam aplikasi OD yang lebih besar, flensa sering kali tidak dapat terhubung ke pipa dan port komponen dengan lebih mudah dibandingkan dengan adaptor atau fitting berulir. Keunggulan lainnya adalah sebagaimana berikut ini.

  1. Perakitan mudah di ruang sempit di mana kunci pas mungkin tidak memiliki izin jika Anda memasang alat kelengkapan flensa tradisional. Flange lebih mudah dirakit dengan torsi sedang.
  2. Area yang sulit dijangkau di mana Anda membutuhkan fleksibilitas, Anda dapat menghilangkan kebutuhan akan adaptor di saluran selang, pipa, atau tabung.
  3. Sambungan pipa, tabung, atau sambungan selang besar di mana Anda menemukan tekanan tinggi, getaran, atau tekanan kejut, yang dapat lebih mudah merusak perlengkapan hidrolik besar tradisional.
  4. Koneksi yang dimiliki memudahkan perawatan di jalur kaku seperti tabung logam atau pipa kontinu.
  5. Mengurangi kemungkinan komponen menjadi longgar dalam aplikasi hidraulik yang ketat.

Baca Juga: KLASIFIKASI PIPA PENGEBORAN BERDASARKAN PEMAKAIAN DAN MATERIAL

Supplier Jual Flange Jis 10K dan Tipe Lainnya

Untuk mendapatkan kebutuhan di atas, CV. Tunggal Perkasa jual flange jis 10K juga menyediakan beragam flange mulai dari tipe, grade, ukuran, dan bentuk. Semuanya akan disesuaikan dengan kebutuhan kelengkapan pipa-pipa yang yang dibutuhkan oleh konstruksi Anda.

Berikut jenis produk flange jis 10k yang disediakan perusahaan tersebut:

  • Flensa Jis 10K NS biasa dan galvanis
  • Flange Jis 10K STD biasa dan galvanis
  • Flange Buta Jis 10K NS dan STD

Sedangkan merek yang disediakan perusahaan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Ulma
  • Metalfar
  • Bebitz
  • MIE
  • GBA
  • Dan lain-lain
Author

Enable Notifications OK No thanks