Indonetwork, Transportasi – Semakin banyaknya permintaan pengiriman barang, kebutuhan akan jasa pengiriman pun kian bervariasi. Mulai dari pengiriman barang paket kecil seperti peralatan rumah tangga, bahan makanan, hingga paket kargo alat berat yang perlu penanganan tersendiri. Berbeda jenis barang, berbeda pula prosedur pengiriman dan layanan yang dipilih.

Untuk alat-alat berat seperti mesin, traktor, diesel, pompa, heat exchanger, dan skidder perpindahan dari distributor ke tangan konsumen umumnya mengandalkan pengiriman project cargo. Jenis barang-barang tersebut tidak bisa diangkut menggunakan paket logistik biasa, baik karena urgensi dan karakteristik barangnya.

Lalu, sebenarnya project cargo itu apa dan apa bedanya industri apa saja yang kerap memanfaatkan jasa project cargo untuk mendukung kegiatan operasionalnya? Simak artikel berikut untuk mengenal jasa project cargo dan bedanya dengan jasa kargo biasa.

Baca Juga: Mengenal Freight Forwarding dan Bedanya dengan Pengiriman Logistik

Apa Itu Project Cargo?

jasa freight forwarding
Sumber: Unsplash/
Patrick Campanale

Untuk mengenal jasa project cargo, terlebih dulu Anda perlu tahu pengertiannya lebih dulu. Project cargo adalah pengiriman barang besar domestik atau internasional menggunakan armada transportasi darat, laut, atau udara. Barang yang dimaksud merupakan alat berat yang memiliki fungsi kompleks dan bernilai tinggi bagi suatu proyek. Sebab, tanpa alat tersebut, proyek tidak akan bisa berjalan. Karena itu pengiriman ini disebut project cargo. 

Pada project cargo, packing barang tidak lagi sekadar kardus tebal, melainkan dengan peti kemas besi. Peti kemas dipilih karena memiliki daya tahan tinggi terhadap benturan, sehingga mampu melindungi barang berat dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di perjalanan. Pengiriman peti kemas barang besar disebut juga dengan istilah heavy lift.

Dari aspek prosedur dan pelayanan yang ditawarkan, tentunya project cargo berbeda dengan pengiriman kargo pada umumnya meski sama-sama merupakan jasa pengiriman barang besar. Proses project cargo lebih detail dan memakan waktu daripada pengiriman kargo biasa yang bisa langsung diangkut.

jasa project cargo
Sumber: Pexels/Solømen

Project cargo adalah pengiriman barang paling kompleks dan sulit di dunia logistik. Ada banyak aspek yang diperhatikan dalam project cargo, mulai dari waktu pengiriman, rencana pengiriman, biaya proyek, jalur perjalanan, dokumen pengiriman dan penerimaan, hingga keamanan barang. 

Ada barang-barang tertentu yang sebelum dikirim, perlu dilakukan pembongkaran komponen-komponen untuk bisa disimpan di peti kemas dengan ringkas dan lebih aman. Barulah setelah barang sampai di lokasi tujuan, komponen dirakit kembali seperti semula. Untuk barang asimetris atau tidak umum seperti speedboat, pengemasannya menggunakan jenis peti kemas Flat Rack Container yang terbuka dan hanya memiliki dinding rendah di bagian bawahnya.

Baca Juga: Lakban Fragile untuk Pengemasan Paket

Industri yang Menggunakan Project Cargo

jasa project cargo
Sumber: Pexels/Andy Li

Dari uraian di atas, kita tahu bahwa barang-barang yang diangkut menggunakan project cargo adalah barang-barang penting yang digunakan untuk mendukung kehidupan orang banyak hingga keamanan negara.

Biasanya permintaan pengiriman project cargo datang dari industri minyak, gas, pertambangan, hingga konstruksi yang memiliki proses engineering detail dan butuh perawatan ekstra. Berikut beberapa industri yang menggunakan project cargo.

  • Pembangkit listrik
  • Energi baru dan terbarukan
  • Mega konstruksi
  • Permesinan atau engineering atau teknik lainnya
  • Militer dan Pertahanan Nasional
  • Kedirgantaraan atau pesawat terbang
  • Petrokimia
  • Pertambangan
  • Proyek penting lainnya

Baca Juga: Jasa Sewa Mobil Bulanan: Tips & Trik Merawat Mobil Rental

Rekomendasi Jasa Project Cargo Alat Berat

Pengiriman project cargo tentu membutuhkan keahlian tersendiri agar barang sampai di lokasi tujuan dengan aman. Dengan pengalaman lebih dari 9 tahun, PT. Hakita Trans Logistik telah berpengalaman dalam pengadaan jasa project cargo di berbagai bidang industri. Mereka memiliki sistem kerja yang transparan dan terstruktur, serta mengandalkan sumber daya manusia yang andal di setiap proyek pengiriman.

Selain project cargo domestik, PT. Hakita trans Logistik juga menyediakan jasa pengangkutan barang lainnya, mulai dari export, import, layanan door to door, jasa pengepakan dan pengurusan barang pindahan domestik dan internasional, dan sebagainya. Hubungi mereka sekarang via telepon atau langsung kunjungi kantornya di Grand Galaxy City, Rukan Sentra Komersial, Blok RKS 5 NO 65 Jl Boulevard Raya, Bekasi Selatan.

Enable Notifications OK No thanks