Indonetwork, Peralatan Industri – Pada industri manufaktur, rubber sheet dimanfaatkan untuk landasan palet, bantalan mesin di pabrik, atau landasan tangki. Landasan atau bantalan rubber sheet dibutuhkan untuk menjaga produk yang diletakkan tidak berbenturan langsung dengan media lain. 

Pada proyek-proyek konstruksi, lembaran karet ini dimanfaatkan untuk mencegah kebocoran atau rembesan pada konstruksi beton. Seringnya rubber sheet juga digunakan untuk dilatasi. Pada industri kemasan, lembaran karet digunakan untuk melindungi barang dalam kemasan dari air atau zat-zat lain yang dapat merusak. Sebagaimana fungsinya yang beragam, spesialis kebutuhan industri kini juga jual karet rubber sheet yang beragam.

Karakteristik Karet Rubber Sheet

rubber sheet

Pada umumnya, karet peredam getaran memiliki bentuk berupa lembaran. Namun, ada pula yang berupa blok karet dengan ukuran dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan pondasi dari mesin yang ada.

Karet peredam getaran juga memiliki berbagai macam ketebalan tergantung dari mesin yang digunakan. Untuk peralatan berat seperti mesin-mesin industri, bisa menggunakan  dengan ketebalan yang lebih tebal dan keras.

Memiliki bahan baku dari karet menjadikan nya memiliki karakteristik yang tanggung dan fleksibel sehingga memberikan penggunaan yang lebih awet dan dapat bertahan untuk waktu yang lebih lama.

Kegunaan Lain Karet Rubber Sheet

Selain meredam getaran, karet anti vibrasi juga dapat meredam benturan yang terjadi pada lantai beton yang keras dengan mesin industri yang sedang bekerja, khususnya mesin yang terbuat dari baja keras. Karet anti vibrasi ini akan meminimalisir dampak getaran mesin yang biasanya berlangsung dalam waktu cukup lama dan memungkinkan terjadinya kerusakan pada struktur mesin.

Jenis-jenis Karet Rubber Sheet

EPDM Rubber Sheet
EPDM Rubber Sheet. Sumber: The Rubber Company

Ada beberapa jenis rubber sheet yang ada di pasaran, yaitu natural rubber sheet, neoprene rubber sheet, EPDM rubber sheet, dan silicon rubber sheet. Masing masing jenis memiliki karakteristik dan aplikasi yang berbeda. Selain jenisnya, apabila hendak membeli, Anda juga harus memastikan dimensinya (ketebalan, panjang, dan lebar) sesuai persyaratan yang dibutuhkan.

Berikut penjelasan jenis rubber sheet yang ada di pasar :

  1. Natural Rubber Sheet, lembaran karet alam yang memiliki sifat dinamis, lentur, dan fleksibel.
  2. Neoprene Rubber Sheet, terbuat dari karet sintetik, memiliki ketahanan yang baik terhadap produk minyak bumi, cuaca, asam, dan alkali. Jenis rubber sheet ini digunakan dalam aplikasi industri termasuk pelapis tahan korosi dan sebagai dasar untuk berbagai aplikasi perekat.
  3. EPDM rubber sheet memiliki ketahanan yang baik terhadap oksidasi, oleh karenanya sering digunakan untuk aplikasi lingkungan luar ruangan.
  4. Silicone rubber sheet berupa lembaran karet silikon banyak digunakan dalam industri farmasi karena tahan terhadap suhu tinggi dan memiliki permeabilitas rendah. Lembaran karet jenis ini sangat kuat melindungi dari cuaca dan bahan kimia.
  5. Lembaran karet yang diperkuat fabric, yaitu lembaran kain yang dilapisi dengan karet alam atau karet sintetis. Penambahan unsur lain bertujuan untuk meningkatkan kekuatan terhadap tekanan tinggi.

Rubber Sheet atau Karet lembaran biasanya memiliki ketebalan tidak lebih dari 3cm.

Baca juga: CONVEYOR BELT: PRINSIP KERJA DAN KOMPONENNYA

Aplikasi Umum Karet Rubber Sheet

rubber sheet pada tangga

Rubber sheet biasanya digunakan pada:

  • sebagai bantalan peredam dari benturan,
  • alas tangga,
  • lapisan pada dinding,
  • peredam suara dalam studio,
  • karet lembaran untuk peternakan, dan
  • anti vibration rubber pad (sebagai alas peredam getaran pada mesin, pompa, pipa, dsb).

Neoprene atau polychloroprene adalah keluarga karet sintetis yang diproduksi oleh polimerisasi chloroprene. Neoprene pada umumnya memiliki stabilitas kimia baik, dan memelihara fleksibilitas rentang temperatur yang luas. Penggunaan Neoprene Elastomeric Bearing Pads sangat dianjurkan sekali dalam penggunaan untuk berbagai macam konstruksi seperti sebagai bantalan elastomer jembatan (Elastomeric Bearing Pads), dan pondasi dalam bangunan. Bantalan karet neoprene sudah umum penggunaannya karena kelebihan-kelebihannya, daya tahan yang bagus, detailnya yang sederhana dan pemeliharaan yang mudah.

Baca juga: CARA KERJA PRESSURE TRANSMITTER PADA INDUSTRI

Rekomendasi Spesialis Kebutuhan Industri jual karet Rubber Sheet

Jika Anda membutuhkan material seperti di atas, Anda dapat menghubungi CV. Sinar Gemilang. Perusahaan ini jual berbagai karet rubber sheet dan kebutuhan lainnya. Selain itu, perusahaan ini juga menjual engineering product dan produk PVC Strip Curtain. Segera kunjungi websitenya untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik dan produk terbaik.

TEMUKAN KARET RUBBER LAINNYA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks