Indonetwork, Peralatan Industri – Stainless steel 316 adalah salah satu jenis stainless steel yang mengandung nikel dan kromium yang tinggi. Selain kedua unsur tersebut, stainless steel jenis ini juga memiliki kandungan lain seperti mangan, silikon,dan karbon. Ketiga logam tersebut adalah unsur penyusun dalam besi. Stainless steel 316 memiliki kandungan kromium sebanyak 16%, nikel 10%, dan molybdenum 20%. Molybdenum merupakan elemen kimia yang dapat digunakan sebagai penguat dan pengeras baja. Adanya molybdenum ini membuat stainless steel lebih tahan terhadap korosi. Untuk lebih lanjut simak penjelasan berikut ini beserta rekomendasi jual stainless steel 316.

Fungsi Stainless Steel 316

Stainless steel 316 memiliki fungsi utama untuk melawan karat yang diakibatkan oleh klorida. Selain itu dalam pemakaiannya jenis ini memiliki ketahanan yang lebih lama. Stainless steel jenis ini pada umumnya digunakan dalam industri kelautan karena memiliki ketahanan terhadap karat yang dapat disebabkan oleh air garam. Selain itu, 316 dapat pula digunakan pada pemrosesan bahan kimia, alat penyimpanan, alat kesehatan, dan alat-alat penyulingan. 316 juga dapat diaplikasikan dalam bentuk pipa injeksi yang biasa digunakan pada instalasi operasi kilang minyak dan gas lepas pantai.

Stainless steel biasanya populer sebagai bahan logam yang tahan terhadap korosi atau logam anti karat. Tetapi, tidak semua jenis stainless steel dapat digunakan untuk instalasi atau peralatan yang terpasang di tengah laut. Ada beberapa jenis korosi yang jenis yang dapat terjadi pada pompa atau pipa air laut, misalnya korosi celah. Korosi celah merupakan korosi yang terjadi karena adanya perubahan kimia yang bersifat lokal di dalam celah yang terlokalisir.

Baca juga: 7 ALASAN STAINLESS STEEL DIGUNAKAN DALAM BIDANG KESEHATAN

Korosi merupakan kerusakan yang terjadi pada permukaan material yang disebabkan oleh proses mekanis cairan maupun partikel. Korosi dapat terjadi karena kecepatan air laut dalam pompa begitu tinggi sehingga lapisan oksida pasif di permukaan baja terbawa. Stainless steel dapat pula terjadi korosi, meskipun dibandingkan dengan jenis logam lain, stainless steel memiliki tingkat ketahanan yang lebih baik terhadap korosi. Instalasi atau peralatan yang terbuat dari stainless steel akan tetap aman dan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Karakteristik Stainless Steel 316

Jual Stainless Steel 316
Sumber: Unsplash.com

1. Tahan Karat

Stainless steel 316 memiliki ketahanan terhadap karat yang disebabkan oleh lingkungan dan media lain. Sehingga stainless steel jenis ini sering disebut marine grade. Akan tetapi, ia tidak memiliki ketahanan terhadap air laut yang memiliki suhu yang tinggi. Karena klorida hangat dapat pula menyebabkan korosi. Keunggulan 316 yaitu resistan terhadap korosi pitting atau korosi lokal. Korosi jenis ini biasanya akan menimbulkan lubang-lubang kecil pada permukaan. Selain tahan karat, kelebihan lain dari 316 yaitu minim perawatan dan mudah dibersihkan.

2. Tidak Perlu Pemrosesan Spesial

Dalam memproses stainless steel 316 tidak perlu tindakan khusus.  Dalam melakukan pemrosesan yang perlu diperhatikan yaitu pabrikasi pada semua jenis stainless steel harus dilakukan dengan material yang tepat. Lokasi kerja dan peralatan yang digunakan harus dipastikan dalam keadaan bersih. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir stainless steel terkontaminasi logam lain yang dapat menimbulkan korosi.

3. Tahan Terhadap Suhu Tinggi

Sifat non-magnetik yang dimiliki stainless steel 316 menjadikannya lebih tahan saat diproses pada suhu yang tinggi. Stainless steel 316 dapat melakukan semua pengerjaan pada suhu tinggi. Pemanasan dapat dilakukan dalam rentang yang ideal antara 1149-1260oC. Untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi diperlukan proses sentuhan akhir. Proses tersebut disebut annealing yang dapat dilakukan setelah pemanasan dalam suhu 1010-1120o C.

4. Pemotongan Dengan Cara Khusus

Dalam memproses stainless steel 316 perlu diperhatikan beberapa hal salah satunya pada proses pemotongan. 316 dapat diproses menggunakan mesin dengan sudut pemotongan harus tajam. Sebab, apabila menggunakan sudut tumpul akan mengakibatkan kerja yang lebih keras. Disamping itu, proses pemotongan juga harus ringan agar mencegah pengerasan pada material.

5. Dapat Dilas Tanpa Filler

Stainless steel 316 dapat dilas dengan atau tanpa filler. Jika akan menggunakan filler, jenis filler yang direkomendasikan adalah sama dengan logam dasar. Karena memiliki spesifikasi yang begitu baik dan cocok digunakan untuk berbagai jenis industri. Stainless steel 316 memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan stainless steel jenis lain.

Kegunaan Stainless Steel 316

Jual Stainless Steel 316
Sumber: Unsplash.com

Stainless steel tipe 316 merupakan pilihan cocok untuk bahan peralatan kelautan. Biasanya 316 digunakan pada keran, kover mesin, pompa, dan pipa di lepas pantai yang bersentuhan langsung dengan permukaan laut. Lingkungan laut membutuhkan stainless steel yang memiliki spesifikasi khusus yang tahan terhadap air garam, dan 316 merupakan jawabannya. Stainless jenis ini merupakan pilihan yang cocok karena instalasi yang menggunakan stainless steel tipe 316 tidak akan terhisap pada air dan tidak akan roboh setelah pembangunannya. Selain itu kadar air garam yang tinggi, lingkungan laut juga menerima paparan sinar matahari secara langsung. Hal tersebut menjadikan kondisi yang dapat merusak instrumen dan instalasi yang sedang digunakan.

Baca juga: MENGENAL CHILLER DALAM DUNIA INDUSTRI

Sebuah audit telah membuktikan bahwa stainless steel memiliki kekuatan yang lebih baik dan tahan lama. Dengan keunggulannya tersebut, stainless steel tipe 316 juga banyak digunakan dalam berbagai jenis industri tidak terbatas pada industri kelautan saja. Bidang industri lainnya adalah makanan, pertanian, dan kesehatan.

Distributor Jual Stainless Steel 316

Untuk mendapatkan stainless steel tipe 316 dengan kualitas terbaik Anda dapat menghubungi PT. Sinar Djaja LKS. Perusahaan ini merupakan distributor dan stockist jual stainless steel 316 dan berbagai produk stainless lainnya terbesar di Indonesia. Distributor ini telah dipercaya oleh pelanggan lebih dari 50 tahun. Perusahaan memberikan garansi terhadap kualitas produk serta harga terbaik terhadap pelanggan. Produk-produk perusahaan ini telah terbukti berkualitas karena telah melalui berbagai tes dan memiliki sertifikat dari pakar di industri ini.

Author

Enable Notifications OK No thanks