Indonetwork, Alat Uji – MEGA OHM METER atau yang biasa disebut MEGGER merupakan salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur tahan isolasi dari suatu instalasi. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah penghantar dari suatu instalasi terdapat hubung langsung. Apakah antara fasa dengan fasa atau dengan nol atau dengan pembumian.

Biasanya sebelum instalasi listrik dioperasikan, ada tahapan yang harus dipenuhi, yaitu pengujian isolasi. Pada pengujian isolasi inilah megger digunakan. Pada pengujian isolasi ini dilakukan uji isolasi fasa-fasa, uji isolasi fasa-pembumian, dan uji isolasi fasa-netral. Untuk memudahkan proses ini, banyak distributor jual megger insulation tester.

Berikut informasi seputar cara mengukur tahan isolasi menggunakan Megger Insulation Tester.

Kriteria Pengukuran Menggunakan Megger

alat insulation megger tester

Insulation tester merupakan alat untuk mengukur atau menguji tahanan isolasi suatu kabel. Alat ini dirancang guna meminimalisir risiko sengatan listrik dan korsleting yang disebabkan masalah pada isolasi perangkat listrik, suku cadang, dan peralatan lainnya. Sehingga peralatan tersebut dapat digunakan secara aman.

Dalam dunia kelistrikan, insulation tester seringkali disebut pula sebagai megohmmeter. Alat ini memiliki fungsi penting yang tidak boleh diabaikan. Peran insulation tester pada suatu peralatan adalah menguji ada atau tidaknya kebocoran tegangan (bocornya isolasi). Sementara, pemakaian insulation tester mesti menyesuaikan atau lebih tinggi dari tegangan yang akan diukur.

Tegangan alat ukur tersebut umumnya dengan tegangan tinggi arus searah yang besarnya berkisar antara 500 volt sampai dengan 10.000 volt. Tegangan megger dipilih berdasarkan pada tegangan kerja suatu peralatan atau instalasi yang akan diuji besarnya pengujian ditetapkan bahwa harga penahan isolasi minimum adalah 1000 kali tegangan kerja peralatan yang akan diuji.

Cara Menggunakan Megger

Kalau kita amati dengan seksama, cara menggunakan alat insulation Megger hampir sama dengan multimeter yang lain yang bisa digunakan untuk mengecek ketahanan listrik. Skala yang dipakai harus lebih besar dari tegangan yang ingin dicek.

Misalkan, Anda ingin mengecek isolator generator listrik yang mempunyai tegangan kisaran 350 volt. Maka, untuk mengeceknya Anda perlu menggunakan skala yang lebih besar dari 350 volt, yaitu skala 500 Volt. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan kalau alat atau instalasi yang diukur harus terbebas dari aliran atau daya listrik untuk mendapatkan ukuran yang maksimal.

Cara Pengukuran Listrik Menggunakan Megger Analog 

alat megger insulation analog

  • Periksa kondisi baterai,
  • Periksa mekanikal zero dalam kondisi megger off, posisi jarum penunjuk harus berada di posisi berimpit dengan garis skala. Bila tidak bisa tepat silahkan posisikan pointer zero ke 10 pada alat ukur,
  • Posisikan pada zero check,
  • Posisikan kabel test pada terminal megger, serta hubungkan ujung yang lain.
  • Pilihlah saklar pada posisi 500,
  • Posisikan saklar skala pada skala 1,
  • Atur ke posisi On, maka jarum akan bergerak. Ketika itu harus menunjukkan tepat kepada angka nol, bila pengecekan tidak tepat, atur pointer. Bila pengecekan dengan pengaturan pointer tidak juga berhasil, silahkan periksa atau mengganti baterai,
  • Atur megger ke posisi off kembali dan ulangi poin pengecekan elektrikal zero seperti tadi,
  • Posisikan kembali kabel test ke peralatan yang sedang diukur,
  • Posisikan saklar sesuai tegangan kerja alat yang diukur, dan 
  • On kan kembali megger dan baca tampilan pada skalanya yang ditunjuk.

Bila skala 1 hasil ukur, pindahkan dan pilih skala 2, bila hasilnya masih sama pilih ke skala 3, dan silahkan tunggu sampai waktu pengukuran yang ditentukan dari 0,5 – 1 menit atau jarum penunjuk tidak bergerak lagi. Catat hasil pengukuran kemudian silahkan kalikan dengan skala alat ukur, bandingkan hasil ukur dengan standar tahanan isolasi. hasil terendah adalah 1 MΩ / kV.

BACA JUGA: PENASARAN DENGAN ALAT UJI KIR KENDARAAN? BERIKUT INFORMASINYA

Hal yang harus juga diperhatikan adalah, setelah mengukur tahanan isolasi baik pada generator, motor, maupun jaringan SUTM, kabel yang diukur tadi harus digroundingkan. Hal ini karena kabel tersebut masih memiliki tegangan listrik sehingga Anda perlu berhati-hati. Anda cukup menghubungkan kabel yang diukur dengan body.

Beberapa Hal yang PErlu Diperhatikan ketika Menggunakan Megger

insulation tester

Seperti yang sudah dijelaskan, megger dapat digunakan untuk memeriksa peralatan listrik. Misalnya jika terjadi gangguan atau tidak. Gangguan yang mungkin dapat terjadi, misalnya gangguan hubungan antara phasa. Dengan demikian, dalam pengerjaan listrik megger sangat diperlukan untuk memastikan kondisi peralatan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

  • Memastikan peralatan yang diukur dalam keadaan tidak teraliri daya atau arus listrik,
  • Skala ukur yang dipakai harus lebih besar daripada alat yang diukur, dan
  • Karena teknik pengukuran megger adalah dengan menggunakan tegangan listrik, maka pastikan grounding kembali pada peralatan yang diukur.

Cara Membaca Hasil Ukur Megger

Untuk membaca hasil pengujian dari alat ukur megger, Anda bisa memperhatikan skala angka. Bila hasil ukur menunjukkan skala 1, pindahkan pemilih skala 2, bila hasilnya sama lakukan pada skala 3, dan tunggu sampai jarum penunjuk tidak bergerak lagi. Selanjutnya, catat hasil ukur dan kalikan dengan faktor kali alat ukur. Kemudian, bandingkan hasil ukur dengan standar tahanan isolasi.

BACA JUGA: 3+ ALAT UJI TANAH WAJIB DIGUNAKAN SURVEYOR

Rekomendasi Distributor Jual Megger Insulation Tester

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan di Bidang Electrical Instrument, Mechanical, dan Chemical Terbaik di Bekasi Anda dapat menghubungi Aksata Global Solusi yang juga jual megger insulation tester.

Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam menyediakan Alat Mekanik, Alat Test, Alat Uji, Alat Ukur, dan peralatan lainnya. Untuk segmen kimia sendiri, perusahaan distributor menyediakan berbagai macam bahan kimia yang dapat digunakan untuk industri, minyak dan gas, pengolahan air, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, jasa training alat test dan layanan kalibrasi yang biasa dilakukan setahun sekali bagi pemilik alat tes juga disediakan oleh perusahaan ini yang tentunya dilakukan oleh trainer yang sudah berpengalaman.

DAPATKAN ALAT PENGUJI BERKUALITAS TERBAIK DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks