Indonetwork, Peralatan Industri – Fitting digunakan untuk menyambung dan mengarahkan pipa dan komponennya untuk membentuk sistem perpipaan yang lengkap. Terdapat berbagai model dan ukuran fitting pipa, salah satunya adalah fitting pipa besi hitam. Sesuai namanya fitting ini digunakan untuk pipa jenis besi hitam.

Pipa besi hitam adalah pipa baja yang dipotong memanjang, diulir, dan digunakan dalam aplikasi seperti saluran gas dan saluran pasokan air. Mereka terutama digunakan untuk saluran gas alam atau propana. Pipa besi hitam adalah salah satu pilihan terbaik untuk pipa gas yang ada. Sifatnya kuat, mudah dipasang, tahan korosi, dan menjaga segel kedap gas. Sedangkan lapisan hitamnya membantu mencegah korosi. Sama seperti PVC, besi hitam dapat ditempa menggunakan sistem pipa dan alat kelengkapan yang disatukan melalui senyawa daripada pengelasan. Terlepas dari namanya, pipa besi hitam sebenarnya terbuat dari senyawa baja ringan. Senyawa tersebut memberikan ketahanan korosi yang lebih baik daripada pipa besi cor tradisional. Jadi ketika Anda harus mengerjakan saluran gas Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menangani pipa besi hitam.

Baca Juga: METODE KONEKSI PIPA SAMBUNGAN HDPE

Pipa Besi Hitam

“Besi hitam” adalah istilah yang biasanya mengacu pada baja berlapis hitam, tetapi ada banyak jenis pipa besi hitam. Pipa jenis ini dibuat untuk menangani gas alam dan gas propana, yang biasanya berada di bawah 60 psi. Jika dipasang dengan benar, pipa besi dapat memenuhi standar untuk memastikan peringkat tekanan minimal 150 psi.

Memasang, memelihara, dan memecahkan masalah sistem pemipaan memerlukan pengetahuan khusus tentang pengukuran standar industri, kode konstruksi, dan komponen khusus sistem pemipaan. Meskipun kode pemipaan yang diadopsi secara lokal berlaku untuk sistem dan komponen ini, petunjuk pemasangan dan penggunaan pabrikan harus diikuti. Banyak bagian dan bahan pipa umum seperti pipa dan alat kelengkapan tidak dilengkapi dengan instruksi dan harus berukuran dan dipasang untuk mematuhi aturan pipa dan bangunan yang diadopsi secara lokal.

Baca Juga: 3 JENIS PIPA PVC YANG SERING DIBUTUHKAN KONSUMEN

Cara Memasang Pipa Besi Hitam

1. Potong dan Pasang Pipa

Pegang pipa di ragum pipa pada dudukan dan potong dengan pemotong pipa dengan pisau pemotong berputar. Disarankan agar Anda menggunakan minyak pemotong berkualitas tinggi untuk membantu melindungi pemotong pipa. Setelah pipa dipotong memanjang, bersihkan atau cukur ujung yang dipotong untuk menghilangkan tonjolan tajam yang akan ada saat pipa selesai dipotong. Gunakan banyak minyak pemotongan untuk mencegah kerusakan pada pemotong dan benang. Sepotong besar karton atau kayu lapis di bawah area pemotongan dan ulir Anda akan menghemat banyak pembersihan nanti. Atau, gunakan ember dengan saringan saringan besar di bawah area pemotongan Anda untuk menampung minyak berlebih, yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya kembali nanti.

Jual Fitting Pipa Besi Hitam
Sumber: Thetoolscout.com

Pipa harus diulir untuk membuat sambungan yang benar. Jika Anda beruntung, Anda mungkin menemukan pipa dengan panjang yang dibutuhkan di outlet pipa ledeng atau toko perangkat keras. Threading dilakukan dengan threader pipa. Gunakan cetakan yang sesuai dengan ukuran pipa. Pasang cetakan di ujung pipa, dan putar pegangan setengah putaran sekaligus untuk memotong benang. Gunakan minyak potong berkualitas baik untuk melindungi cetakan. Lanjutkan threading sampai benang setebal cetakan. Benang akan dipotong lancip saat selesai, memberikan segel yang lebih baik. Berdirikan pipa di ujungnya saat selesai untuk mengeluarkan potongan pipa apa pun. Bersihkan benang dengan lap. Hati-hati di sini – benang pipanya tajam.

2. Pasang Fitting Pipa Besi Hitam

Pipa besi hitam disambung menggunakan fitting pipa besi hitam dan konektor. Dalam instalasi saluran gas biasa, pita teflon atau senyawa sambungan pipa harus selalu digunakan pada ulir untuk memastikan tidak ada kebocoran. Jika menggunakan pita sealant ulir pipa, bungkus di sekitar ulir dan masukkan ke dalam fitting. Pastikan Anda membungkus pita teflon dengan arah yang benar; menghadap ujung pipa, bungkuslah searah jarum jam. Anda harus membungkus selotip di sekitar benang setidaknya empat kali, tetapi tidak lebih dari enam atau tujuh kali.

Fitting Pipa Besi Hitam
Sumber: Facebook.com

3. Cara Menggunakan Pipa Dope

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kompon sambungan pipa, juga dikenal sebagai pipe dope, sebagai perekat pada ulir untuk memastikan sambungan yang erat. Pipa dope diterapkan dengan kuas, sepotong kecil kayu, atau kain. Aplikasikan pada ujung pipa yang berulir dan bagian dalam fitting sambungan sebelum kedua bagian dilekatkan satu sama lain. Perekat mengering dari waktu ke waktu dan sedikit mengembang untuk membuat segel kedap udara antara pipa dan sambungan sambungan di mana senyawa telah diterapkan. Kencangkan pipa dengan tangan, lalu gunakan dua kunci pas pipa, satu di pipa dan satu lagi di fitting pipa besi hitam kemudian kencangkan konektornya. Jika Anda merasa pipa terlalu longgar, Anda mungkin harus memotongnya kembali.

Jual Fitting Pipa Besi
Sumber: Thespruce.com

Distributor Fitting Pipa Besi Hitam

Laju Sinergi Metalindo merupakan produsen dan pabrik besi cor, ductile iron dan cast iron foundry di Semarang. Laju Sinergi Metalindo didukung oleh tim management yang profesional, solid dan berpengalaman yang akan berpartisipasi untuk memenuhi segala kebutuhan seperti fitting pipa besi hitam. Perusahaan tersebut selalu bertekad untuk melayani dan memuaskan pelanggan dengan mutu dan kualitas produk, serta harga yang kompetitif. Target pasarnya sendiri adalah industri infrastruktur seperti konstruksi bangunan, transportasi, jaringan listrik, dan industri lainnya. Apabila Anda membutuhkan produk lain seperti baji, banded, clamp, base plate, jack nut, dan sebagainya jangan ragu untuk menghubungi melalui WA / CALL / EMAIL.

Author

Enable Notifications OK No thanks