Indonetwork, Bahan BangunanBerencana pasang plafon di rumah tapi bingung dengan modelnya? Plafon merupakan fitur interior bangunan yang memiliki banyak fungsi. Selain untuk melindungi hunian dari cuaca dan sebagai pembatas ketinggian ruangan, pemilihan plafon yang tepat juga akan membuat ruangan semakin estetik dan rapi.

Ada berbagai macam bahan material untuk plafon di pasaran, mulai dari gypsum, asbes, karton, PVC, kalsiboard. Di antara material tersebut, gypsum merupakan material plafon yang paling banyak digemari. Hal ini karena gypsum menawarkan sederet kelebihan, mulai dari awet, tahan api, menghasilkan finishing rapi, ringan, dan harga terjangkau. Selain itu, model plafon gypsum minimalis juga beragam. Berikut referensinya.

1. Model Plafon Gypsum Berwarna

model plafon gypsum minimalis berwarna
Sumber: Pinterest

Bagi Anda yang suka dengan nuansa cerah dan eye catching, model plafon ini bisa jadi inspirasi. Plafon gypsum dengan model futuristik cocok dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga. Plafon gypsum minimalis mewah ini memadukan model gantung, sentuhan desain geometris, dan downlight LED warna-warni membuat ruangan terkesan modern dan lebih hidup.

Baca Juga: Cara Pasang Plafon PVC Minimalis Termudah!

2. Model Plafon Gypsum Lengkung

model plafon gypsum lengkung minimalis
Sumber: Pinterest

Jika Anda ingin model yang mewah namun tetap tampak minimalis, maka plafon gypsum bermodel lengkung ini bisa dipilih. Corak lengkung melambangkan kemewahan, keabadian, serta fleksibilitas. Agar tidak terlalu polos, Anda bisa menambahkan sentuhan downlight LED atau lampu gantung mini untuk diterapkan di ruang tamu.

3. Model Plafon Gypsum Karakter untuk Kamar Anak

model plafon gypsum karakter
Sumber: Pinterest

Plafon gypsum juga bisa dibentuk dengan karakter kartun atau hewan. Ini menjadi salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menumbuhkan keberanian dan kemandirian agar ia mau tidur di kamar sendiri sejak dini. Diskusikan dengan si kecil untuk model karakternya, lalu beri hiasan menggunakan lampu warna-warni yang cantik.

4. Model Plafon Gypsum Up Ceiling Nuansa Hangat

model plafon gypsum up ceiling
Sumber: Pinterest

Plafon down ceiling termasuk model yang banyak digemari pemilik. Plafon down ceiling yang menjorok ke dalam akan memberi kesan lega pada ruangan. Ini akan tampak estetik bila dipadukan dengan ornamen yang tepat.

Misalnya, down ceiling persegi panjang dengan downlight LED penuh di tepian dan lampu gantung moonlight akan memancarkan kesan hangat sekaligus mewah tanpa berlebihan. Plafon gypsum minimalis ini sangat cocok diaplikasikan di ruang tamu rumah tamu minimalis.

5. Model Plafon Gypsum Down Ceiling Nuansa Dingin

model plafon gypsum down seiling minimalis
Sumber: Pinterest

Berkebalikan dengan sebelumnya, plafon down ceiling menampilkan bidang yang turun atau menjorok ke luar. Jarak bidang turun dengan langit-langit datar berkisar 15-20 cm, namun bisa disesuaikan.

Plafon gypsum minimalis mewah ini terdiri dari motif atau aksen unik yang memang difungsikan untuk mempercantik interior hunian. Biasanya, plafon down ceiling juga dipadukan dengan up ceiling dan downlamp LED berwarna teduh atau sejuk agar lebih mewah.

Pertimbangkan mengenai biaya pemasangan jika berminat pada plafon down ceiling. Sebab pembuatan keseluruhan plafonnya sendiri cukup rumit dan memakan waktu lama.

Baca Juga: Tips Mengetahui Perbedaan Kalsiboard dan Gypsum

6. Model Plafon Gypsum Kubah

model plafon gypsum kubah minimalis
Sumber: Pinterest

Ingin menghias langit-langit ruang ibadah? Model plafon gypsum kubah sangat cocok diaplikasikan. Tambahkan wallpaper langit cerah atau ornamen yang bernuansa religi agar lebih estetik.

Tips Merawat Plafon Gypsum

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan plafon gypsum supaya tidak cepat kusam dan lebih awet, yaitu:

1. Cek Plafon Secara Berkala

Setelah pemasangan beberapa bulan, tidak jarang plafon ditemukan mulai berlubang karena tikus. Untuk mencegah kerusakan semakin parah, lakukanlah pengecekan secara berkala dan lekas benahi apabila ada yang rusak.

2. Rutin Membersihkan Plafon

Pernahkah Anda mengamati bercak cokelat atau hitam di sudut-sudut plafon? Hal ini disebabkan karena kumpulan debu dan jamur yang mulai tumbuh di dalam maupun permukaan luar plafon. Agar tampilan tetap cantik, rajin-rajinlah membersihkan plafon menggunakan sikat khusus.

3. Gunakan Pelapis Gypsum

Perlu Anda ketahui, plafon gypsum minimalis tidak terlalu tahan terhadap paparan air dalam jangka waktu lama. Untuk mengantisipasi kerapuhan plafon, gunakanlah pelapis gypsum saat pemasangan. Selain itu, Anda juga bisa memilih gypsum jayaboard dikenal dengan varian tahan air dan kerap digunakan untuk langit-langit kamar mandi.

Baca Juga: 8 Merek Cat untuk Batako Anti Pudar

Rekomendasi Jasa Pasang Plafon Gypsum

Ali Karya Nusantara merupakan perusahaan penyedia jasa pasang plafon gypsum yang berlokasi di Bekasi. Telah berpengalaman menyelesaikan pemasangan plafon gypsum di rumah, kantor, hingga masjid. Mereka mengandalkan tenaga kerja profesional, proses pengerjaannya transparan dan finishingnya pun rapi. Selain pasang plafon gypsum, layanan lain yang tersedia yaitu pemasangan kanopi rangka atap baja ringan. Anda bisa berdiskusi lebih dulu untuk pemilihan model, proses, hingga finalisasi pemasangannya.

Enable Notifications OK No thanks