Indonetwork, Peralatan Industri – Dalam dunia industri skala besar akan ada banyak sekali kegiatan dan penggunaan unit mesin, apalagi dalam industri manufaktur yang memproduksi bahan baku maupun barang jadi. Maka, sebagai pelaku industri kita harus mengetahui tiap kebutuhan termasuk pentingnya tiap komponen industri. Salah satu hal penting dalam dunia industri adalah cara memilih dan menyeleksi kualitas unit mesin dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut. Karenanya, produsen memproduksi banyak barang dan menjualnya termasuk produsen jual air dryer compressor. Di bawah ini merupakan deskripsi pentingnya air dryer compressor dalam dunia industri dan tips dalam memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan pelaku industri.

Fungsi dan Pentingnya Air Dryer Compressor

Air Dryer Compressor Murah
Sumber: Pinterest.com

Air dryer berfungsi untuk mengeringkan udara hasil kompresi sehingga menghasilkan udara kering yang bertekanan. Dengan adanya perubahan suhu, udara juga mengalami tekanan yang berubah-ubah.  Secara umum, udara di sekitar kita mengandung air. Untuk mengurangi kadar air tersebut maka diperlukan air dryer untuk menghilangkan unsur air. Mekanismenya sederhana, sebagian udara terkompresi akan masuk ke tangki penyimpanan dan sebagian dikeringkan menggunakan air dryer. Udara kering yang terkompresi akan mengalami proses penurunan titik embun. Nilai penurunan titik embun dipengaruhi oleh spesifikasi air dryer yang digunakan dan kebutuhan dari konsumsinya

Dalam dunia industri, udara kering biasanya digunakan sebagai sumber penggerak actuator. Dalam bidang telekomunikasi, udara kering juga digunakan untuk menutupi kabel bawah tanah untuk mencegah korsleting akibat pembentukan embun. Air dryer compressor juga digunakan dalam pabrik besar untuk mengurangi besarnya konsumsi komponen udara. Menggunakan air dryer compressor tidak hanya akan meningkatkan produksi pada suatu industri. Komponen ini juga dapat mengurangi masalah-masalah teknis pada peralatan karena kelembaban.

Baca juga: Mengenal Air Dryer Untuk Mesin Compressor: Fungsi dan Jenisnya

Spesifikasi Dasar dalam Memilih Air Dryer Compressor Sesuai dengan Kebutuhan

1. Flow pada Kompresor

FAD menunjukkan seberapa besar volume udara yang dapat dihasilkan oleh kompresor. Pada kompresor dengan tipe rotor piston, volume udara biasanya ditunjukkan dalam liter per menit atau jika pada rotor screw biasanya dalam meter kubik per menit.

2. Motor Tenaga

Selanjutnya, perlu dipastikan juga berapa banyak motor tenaga yang digunakan untuk mengoperasikan mesin kompresor. Semakin besar kapasitas motor, semakin besar daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan kompresor. Proporsi motor tenaga berbanding lurus dengan Flow dengan satuan KW/HP.

3. Tekanan

Spesifikasi terakhir dalam memilih kompresor adalah tekanan kompresor. Perhatikan seberapa besar tekanan udara maksimum yang dapat dihasilkan oleh mesin kompresor. Tekanan umumnya berbanding terbalik dengan flow, dimana jika tekanan diperbesar maka flow akan cenderung turun dan berlaku sebaliknya. Ketika tekanan diturunkan maka flow cenderung naik dengan tenaga motor yang sama. Pemilihan kompresor dilakukan dengan memilih kompresor dengan kapasitas tekanan yang lebih besar dari kebutuhan tetapi tidak terlalu jauh selisihnya sehingga flow yang dihasilkan maksimal.

Tips Memilih Air Dryer Compressor

1. Tentukan Jenis Air Dryer Compressor Berdasarkan Kebutuhan

Setiap industri memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Maka ketika mengunjungi supplier jual Air Dryer Compressor, kebutuhan dengan spesifikasi dasar harus sudah Anda sesuaikan.

2. Pilih Spesifikasi Udara yang Tepat

Kualitas tekanan udara berkaitan dengan kandungan air. Maka sebelum mengunjungi supplier jual Air Dryer Compressor dan menggunakannya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui target suhu udara tekan pada mesin. Semakin dingin suhu maka udara semakin kering. Setelah mengetahui hal tersebut maka dapat menjadi spesifikasi dalam menentukan kompresor

3. Sesuaikan Kebutuhan Energi

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting adalah penggunaan energi. Semakin sedikit energi digunakan maka beban pengeluaran juga akan berkurang. Memilih kompresor dengan teknologi terkini yang lebih hemat energi bisa menjadi pertimbangan. Saat ini, teknologi yang unggul dalam penghematan energi seperti permanent magnet motor dan two stage compression telah tersedia. Menggunakan unit kombinasi juga akan meningkatkan penghematan listrik.

4. Pilih Komponen dengan Ketersediaan Spare Part yang Memadai

Pilih produk air dryer compressor dengan garansi dan jaminan terbaik. Anda perlu memperhitungkan reputasi dan testimoni yang baik. Terkenal dengan pengalaman dan jam terbang tinggi. Vendor juga harus terkenal memiliki unit backup dan harga suku cadang yang terjangkau.

5. Pilih Merk yang Berkualitas

Saat ini sudah banyak merk air dryer yang memiliki kualitas sama dan tidak jauh berbeda. Banyak merk popular yang beredar dan tidak diragukan kualitasnya. Yang membedakan adalah harga tiap unit mesin, harga perawatan dan suku cadang, serta konsumsi energi. Ketika kita akan menentukan barang yang ingin dibeli, maka fokus pada biaya yang dimiliki dan perhitungkan air dryer dengan harga yang kompetitif apalagi ketika industri yang dijalankan adalah industri jangka panjang.

Baca Juga: Prinsip kerja Air Dryer Compressor

Distributor Jual Air Dryer Compressor

Setelah mendapatkan informasi terkait pentingnya air dryer compressor semoga Anda semakin memahami bagaimana cara memilih air dryer compressor yang berkualitas. Temui distributor jual air dryer compressor PT Motoren Teknik Indonesia untuk mendapat pilihan yang tepat. Perusahaan tersebut telah memiliki reputasi dan kredibiltas yang terjamin. Perusahaan ini berpusat di Jakarta namun pengiriman dan kliennya sudah tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia.

Author

Enable Notifications OK No thanks