Playground merupakan arena bermain anak yang penting dan perlu dibuat orang tua sebagai dukungan tumbuh kembang anak. Adapun playground memiliki beberapa jenis antara lain indoor playground dan outdoor playground.
Indoor playground merupakan arena permainan anak yang berada di dalam ruangan baik berada di rumah maupun berbagai tempat bermain indoor, seperti mall, dan lain sebagainya.

Sedangkan outdoor playground adalah arena permainan anak yang mudah sekali kita jumpai di area luar seperti taman kanak – kanak, sekolah, taman bermain umum, waterpark, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang membuat playground untuk anak – anak merupakan hal penting dan wajib dibuat. Salah satu pilihan terbaik adalah membuat jenis indoor playground. Lantas mengapa indoor playground penting dibuat di rumah? Berikut ini beberapa alasan membuat sarana bermain dalam ruangan berikut ini.

Indoor playground lebih aman untuk anak – anak bermain

Jenis playground satu ini  jadi alasan utama lebih aman menjadi wahana bermain anak – anak. Selama menggunakan playground ini anak – anak masih bisa terus bermain tanpa khawatir cuaca di luar. Meskipun hujan, panas, dan berbagai kondisi cuaca saat ini yang mengkhawatirkan, anak -anak masih bisa bermain sepuasanya di dalam rumah. Selain aman dari berbagai cuaca, si kecil juga tidak rentan dari berbagai bahaya debu dan virus yang mengincar.

Mengeksplorasi kreativitas anak – anak

Arena bermain dalam ruangan ini memberikan kesempatan anak – anak untuk mengekplorasi kreativitas mereka. Hal tersebut karena indoor playground memiliki struktur yang memungkinkan anak-anak untuk membangun dan mendesain saat mereka bermain.

Selain itu, indoor playground akan membuat anak – anak lebih ekspresif satu sama lain dan memungkinkan banyak belajar dengan berbagai permainan yang ada. Dengan demikian, anak – anak jadi lebih bebas dan mengeksplorasi kreatrivitas dan imajinatif tanpa rasa takut. Hal ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuaty anak -anak terus bergerak sehingga dapat membakar berbagai kalori dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Anak – anak dapat mempelajari keterampilan baru

indoor playground
Sumber: FirstCry Parenting

Dengan memfasilitasinya lewat arena bermain, hal ini membuat mereka secara tidak langsung mempelajari berbagai keterampilan baru. Hal tersebut didukung dengan berbagai alat bermain dan wahana dengan beragam warna yang membuat mereka senang sekaligus belajar mengenai berbagai bentuk warna dan lain sebagainya.

Latihan fisik

Meskipun di dalam ruangan, namun beberapa alat bermain tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran fisik dan otot mereka, mengurangi faktor risiko penyakit kronis utama, seperti diabetes tipe II, menurunkan tekanan darah dan kadar kolestero, dan menjaga berat badan, serta meningkatkan kepadatan tulang. Itulah salah satu alasan mengapa orang tua memprioritaskan untuk memasang dan menggunakan indoor playground.

Meningkatkan quality time orang tua dan anak

indoor playground
Sumber: Today’s Parent

Indoor playground memberikan kesempatan untuk orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama anak -anak tanpa khawatir cuaca. Indoor playground lebih aman dan tidak membuat khawatir sehingga orang tua dan anak bisa menghabiskan waktu yang lebih lama dengan anak -anak dengan ebrmain (quality time).  Karena sarana bermain berada di ruangan, para orang tua dapat menambahkan AC dan rubber floor agar meningkatkan kenyamanan mereka dalam bermain.

Meningkatkan perkembangan otak

Tidak hanya mendukung perkembangan fisik dan keterampilannya, arena bermain dalam ruangan  juga mampu membantu meningkatkan perkembangan otak serta mengembangkan pemikiran kognitif. Perlu diingat bahwa perkembangan otak sangat penting terlebih lagi pada anak – anak dengan usia emas mulai dari 2 hingga 4 tahun.

Salah satu media dalam mengembangkan perkembangan otak anak adalah penggunaan berbagai warna di berbagai alat – alat bermainnya. Hal ini tentu akan memberikan banyak manfaat mulai dari memperkuat sistem visual anak, mengembangkan keterampilan kosa kata hingga kecerdasan kognitif secara keseluruhan.

Mendorong perkembangan keterampilan motorik

Berbagai alat bermain  yang tersedia akan membantu anak – anak dalam menstimulsai dan mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Hal tersebut karena anak-anak dapat lebih bebas bermain, merangkak, memanjat, melompat, dan bermain selama berjam-jam tanpa khawatir cuaca dan cedera.

Pembelajaran langsung

Salah satui cara terbaik bagi anak – anak untuk belajar adalah dengan mendapatkan pengalaman baru, salah satunya dengan belajar langsung melalui indoor playground. Indoor playground memberikan kesempatan bagi anak – anak untuk lebih dekat dan pribadi dengan berbagai permainan kreatif.

Kenapa harus indoor playground?

indoor playground
Sumber: YouTube

Setelah mengetahui beberapa alasan penting menggunakan area bermain indoor, berikut ini beberapa keunggulan meggunakan arena bermain ini  antara lain:

Kenyamanan

Taman bermain indoor akan lebih nyaman dan aman bagi anak -anak. Terlebih lagi bagi orang tua yang bekerja, ini akan lebih aman karena tidak berada di luar area, tidak khawatir hujan, dan lain sebagainya.

Perawatan yang mudah

Area bermain dalam ruangan lebih mudah dibersihkan karena tidak terkena sinar matahari, hujan, atau berbagai kotoran dari luar. Sehingga Anda hanya perlu membersihkannya dengan ringan seperti menyapu, mengelap, dan menjemurnya sesekali saja untuk menghindari beberapa kuman yang menempel.

Mudah diaplikasikan di mana saja

Wahana bermain ini  juga memiliki sifat yang mudah diaplikasikan di berbagai tempat dalam ruangan, serta dapat didesain dengan fleksibel dan sesuai keinginan anak -anak maupun Anda. Selain itu jenis playground ini  juga tidak membutuhkan banyak ruang.

Indoor playground tentu memiliki beragam jenis dan model yang dapat bisa dipilih sesuai keinginan anak – anak. Selain memperhatikan berbagai modelnya, Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas dan bahan material permainan indoor playground.

Agar mendapatkan kualitas indoor playground terbaik, Indonetwork menawarkan berbagai vendor jual indoor playground Indonesia terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks