Indonetwork, Elektronik – Panel listrik merupakan salah satu komponen kelistrikan yang cukup penting keberadaannya. Dengan adanya panel listrik pada suatu area memungkinkan untuk membagi, menyalurkan dan setelah itu mendistribusikan energi listrik dari pusat (sumbernya) kepada konsumen (pemakai).

Peran panel listrik ini cukup berpengaruh pada keberadaan listrik sebuah tempat. Anda tentu pernah melihat panel listrik dengan berbagai ukuran. Mulai dari panel listrik berukuran kecil yang dengan mudah ditemukan di rumah, hingga panel berukuran besar yang dijumpai di gedung besar yang membutuhkan pembagian dan penyaluran listrik lebih banyak.

Panel listrik menjadi kebutuhan yang penting, sehingga saat ini Anda akan dengan mudah menemukan produk jual panel listrik dengan berbagai ukuran. Panel dibuat dengan kualitas yang aman untuk melindungi aktivitas distribusi listrik yang ada pada suatu tempat.

Baca Juga: Fungsi Panel Listrik untuk Berbagai Keperluan Industri

Cara Perawatan Pada Panel Listrik

Alat yang digunakan untuk membagi serta mendistribusikan energi listrik dari sumbernya ke titik pemakai (konsumen) ini membutuhkan perawatan yang tepat.

Untuk mencegah kerusakan pada panel listrik yang fatal, diperlukan perawatan atau maintenance yang benar dan dilakukan oleh ahli. Untuk pemeliharaan panel listrik, terdapat beberapa jenis maintenance yang dapat diterapkan, seperti berikut ini.

1. Predictive Maintenance

Predictive Maintenance adalah sistem pemeliharaan mesin panel listrik dengan tujuan mengantisipasi kegagalan sebelum kerusakan total terjadi. Dengan kata lain, perawatan ini menganalisa kondisi peralatan listrik dari pola kinerjanya.

Pola tersebut nantinya akan digunakan untuk memprediksi jangka waktu mesin dapat beroperasi secara normal, sehingga ketika mengalami kerusakan dari diantisipasi sebelumnya. Cara perawatan ini bertujuan mengeliminasi gangguan pada mesin dengan penerapan teknologi yang sesuai.

2. Preventive Maintenance

Sesuai dengan namanya, preventive berarti mencegah. Tujuan dari perawatan ini adalah mencapai suatu tingkat pemeliharaan terhadap seluruh peralatan produksi agar kualitas produk yang dihasilkan optimal.

Selain itu, perawatan ini juga bertujuan untuk menemukan adanya gejala kerusakan pada alat sebelum mengalami kerusakan fatal. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan kecil pada alat, sehingga bisa segera diperbaiki.

3. Corrective Maintenance

Corrective maintenance adalah maintenance panel listrik yang dilakukan secara berencana pada waktu yang sudah ditentukan. Biasanya perawatan ini bertujuan untuk memperbaiki komponen pada mesin yang bekerja kurang optimal atau mengalami kerusakan.

Perawatan ini juga dapat menghemat biaya pemeliharaan karena komponen tidak perlu dilakukan perbaikan, hingga benar-benar dibutuhkan.

4. Breakdown Maintenance

Perawatan ini dilakukan ketika atau setelah terjadi kerusakan pada panel listrik atau peralatan listrik lainnya, yang menyebabkan mesin tersebut tidak dapat beroperasi secara normal atau terhenti secara total di waktu yang tiba-tiba atau mendadak.

Breakdown maintenance sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan kerugian dari tidak beroperasinya panel listrik atau peralatan lainnya pada mesin.

Panel listrik sendiri membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang tepat dan sesuai dengan tujuan sebagai berikut:

  • Untuk memperpanjang usia peralatan listrik atau panel listrik yang digunakan.
  • Meningkatkan reliability, availability, dan efisiensi.
  • Mengurangi resiko terjadinya kerusakan atau kegagalan pada panel listrik dan peralatan lainnya.
  • Mengurangi lama waktu padam listrik karena adanya gangguan pada panel.
  • Meningkatkan keamanan pada peralatan.

Tahapan Perawatan Panel Listrik

Setelah mengetahui jenis perawatan panel listrik yang diperlukan, Anda juga perlu memperhatikan langkah-langkah perawatan panel listrik yang tepat sebagai berikut.

1. Bersihkan Panel dari Debu

Hal pertama yang harus dilakukan oleh teknisi untuk maintenance panel listrik adalah membersihkan debu yang menempel pada panel listrik. Tidak hanya debu, pastikan juga panel listrik bebas dari kotoran yang menempel.

Bersihkan panel listrik secara menyeluruh dan detail hingga ke bagian terdalam. Hal ini bertujuan untuk mencegah debu dan kotoran yang masuk ke dalam panel listrik dan nantinya akan merusak komponen-komponen didalamnya.

2. Mengencangkan Komponen dan Kabel

Di dalam panel listrik terdapat berbagai jenis komponen seperti terminal kabel, MCCB, MCB, dan lain sebagainya. Biasanya komponen-komponen tersebut tidak tertutup dan dapat menjadi kendur dengan sendirinya. Sehingga perlu diperhatikan kondisi pada komponen tersebut agar dikencangkan kembali.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah komponen tersebut bekerja secara berlebihan dan menyebabkan panas pada mesin. Jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan dan bahaya pada aktivitas listrik.

3. Lakukan Tes Ampere dan Voltage

Tes ampere dan voltase ini bertujuan untuk memeriksa apakah komponen tersebut masih bisa berfungsi serta bekerja dengan baik.

Misalnya saja pada ampere MCB mempunyai kapasitas 10 ampere., maka Anda dapat mengukur beban ampere dengan tang ampere. Dan jika komponen ampere berlebihan beban, maka komponen tersebut harus diganti dengan asur yang lebih tinggi.

4. Cek Aliran Listrik Panel

Aliran listrik pada panel perlu diperhatikan agar aliran tersebut sesuai dengan titik-titik yang membutuhkan listrik. Komponen yang perlu diperiksa adalah MCCB (Moulded Case Circuit Breaker) dan MCB (Miniature Circuit Breaker) yang berfungsi sebagai pemutus dan penyambung aliran listrik.

Anda juga dapat mengecek aliran listrik pada panel melalui pilot lamp yang berupa lampu indikasi sebagai penanda adanya aliran listrik.

5. Periksa Suhu Panel Listrik

Ketika melakukan perawatan pada panel listrik, Anda perlu memeriksa suhu pada panel. Pengukuran suhu ini dapat dilakukan dengan termografi inframerah yang akan mengidentifikasi titik panas, kabel berlebih, koneksi resistensi tinggi, masuknya kelembaban dan lain sebagainya.

Baca Juga: 13 Komponen Panel Listrik yang Wajib Anda Ketahui

Kebutuhan akan listrik saat ini membuat banyaknya sistem listrik semakin berkembang. Sistem tersebut dibutuhkan agar pembagian listrik aman dan tidak berbahaya ketika digunakan. Salah satu kebutuhan kelistrikan adalah panel listrik yang digunakan untuk mendistribusikan aliran listrik di suatu tempat. Sehingga saat ini Anda akan dengan mudah menemukan produk jual panel listrik dengan berbagai kualitas dan ukuran.

PT. Maju Jaya Bersama merupakan salah satu perusahaan supplier engineering terpercaya. Disini Anda dapat menemukan kebutuhan supply alat kebutuhan konstruksi. Tunggu apalagi jika Anda mencari produk jual panel listrik, trafo, kabel  dan aksesoris listrik langsung saja cek di sini.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks