Indonetwork, Peralatan Industri – Dalam dunia konstruksi pasti tak asing lagi dengan berbagai jenis pipa besi maupun baja. Salah satunya adalah pipa seamless yang merupakan salah satu jenis dari pipa schedule. Stockist perpipaan jual pipa seamless untuk memenuhi kebutuhan konstruksi, industri makanan, industri farmasi, industri petrokimia dan lain-lain. Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai karakteristik dan metode pembuatan pipa seamless berikut ini.

Karakteristik Pipa Seamless

Jual Pipa Seamless Murah
Sumber: Unsplash.com

1. Tahan Karat

Pipa seamless memiliki karakteristik tahan terhadap karat. Hal ini karena kandungan unsur kromium yang terdapat di dalamnya cukup tinggi. Berbeda dengan logam lain yang membutuhkan proses garvalis untuk melindungi dari karat, pipa seamless sudah tahan karat secara alami tanpa melalui proses fabrikasi. Dengan karakter tahan karatnya ini permukaan luar dan dalam pipa tidak akan mudah rusak karena paparan sinar UV dan penumpukan serpihan di dalam pipa.

2. Tahan Suhu Ekstrem

Unsur-unsur kimia dalam pipa seamless meliputi nitrogen, nikel dan molybdenum yang selain memiliki sifat tahan karat juga dapat membuat pipa seamless menjadi tahan terhadap tekanan dan tahan terhadap suhu ekstrem.

3. Ramah Lingkungan

Tidak seperti material pipa lainnya, pipa seamless tidak menggunakan bahan yang tidak dapat didaur ulang dan tidak dilapisi material apa pun. Inilah alasan jual pipa seamless menjadikannya lebih ramah lingkungan.

4. Tahan Lama dan Perawatan yang Mudah

Pipa seamless tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Hal ini karena karakteristiknya yang tahan karat membuatnya jauh lebih awet dan tidak mudah rusak. Proses perawatannya minim karena ketahanannya yang kuat sampai beberapa dekade.

5. Memiliki Tampilan yang Menarik

Pipa seamless memiliki warna perak mengkilap sehingga tampak lebih menarik dan elegan. Ini dikarenakan adanya kromium yang ditambahkan ke dalam campuran baja pipa tersebut sehingga dapat memberikan tampilan menarik secara alami.

Baca juga: JENIS JENIS PIPA BESI

4 Metode Pembuatan Pipa Seamless

Pipa Seamless Murah
Sumber: Unsplash.com

1. Mannesmann Plug Mill Process (Hot Rotary Piercing)

Metode mannesmann plug mill process merupakan metode yang paling sering digunakan dibandingkan metode-metode lainnya. Dalam membuat pipa seamless, billet baja dipanaskan pada temperatur 2200-2400°F. Setelah dipanaskan, billet baja akan didorong menuju piercing mill agar melalui dua roller yang berputar. Billet baja akan terus didorong hingga menembus titik penembus (mandrel), sehingga akan tercipta lubang sepanjang billet tersebut. Selanjutnya baja akan memasuki tahap rolling (plug mill) yang berfungsi untuk memperbesar diameter bagian dalam, mengurangi ketebalan dinding pipa, dan memperpanjang ukuran pipa.

Setelah melalui proses piercing, billet baja kemudian masuk ke tahap finishing, agar hasil pada proses sebelumnya yang masih kasar dapat lebih halus lagi. Pada tahap finishing billet baja harus dipoles pada bagian dalam dan luarnya. Setelah halus, pipa akan direeling dan sizing atau disesuaikan ukurannya agar sesuai dengan yang diinginkan dan memenuhi standar kelayakan. Kemudian pipa akan didinginkan dan diluruskan pada proses straightening. Pada tahap terakhir pipa seamless yang sudah hampir jadi akan dimarking dan coating.

2. Mandrel Mill Process (Pilger-mill)

Proses pembuatan pipa seamless dengan metode Mandrel Mill hampir sama dengan metode Mannesmann Plug Mill. Perbedaanya terletak pada tahapan rolling plug mill di Mannesmann yang pada metode ini digantikan oleh mandrel mill. Proses pembuatannya billet baja akan dipanaskan terlebih dahulu kemudian dibentuk sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu billet akan melalui proses piercing dan didorong ke mandrel mill yang memiliki panjang sekitar 3 meter untuk kemudian ditekan dengan penumbuk hidrolik melalui bagian billet yang telah dipiercing. Mandrel yang terletak di dalam billet kemudian diletakkan diantara roll dari pilger mill. Hasil tekanan tersebut akan menghasilkan  efek yang akan mereduksi dinding billet sehingga diameter dalam pipa bisa terbentuk.

Setelah diameter terbentuk, pipa akan kembali dipanaskan lalu akan distretch reducing dan kemudian pipa akan didinginkan, dipotong-potong sesuai panjang yang ditentukan, dan diluruskan pada proses straightening. Pipa yang sudah hampir jadi kemudian akan dimarking dan coating.

Baca juga: 7 JENIS PIPA BESI YANG BANYAK DIGUNAKAN UNTUK BERBAGAI INDUSTRI

3. Extruction Process

Extruction Process merupakan proses pembentukan logam dimana billet didorong melalui die. Die adalah sebuah mesin terbuat dari baja yang digunakan untuk membentuk atau memotong material dengan cara menekan material tersebut. Billet baja yang sudah dipanaskan akan didorong menuju die sehingga billet akan memiliki ukuran baru sesuai dengan setelan yang sudah ditentukan. Kemudian pipa akan diekstruksi dengan menggunakan mandrel yang melekat pada block dummy. Panjang bagian yang diekstruksi akan bervariasi, tergantung dari banyaknya billet yang digunakan. Saat billet didorong paksa melalui mandrel, billet akan mulai terekstruksi dan mengalir diantara mandrel dan permukaan die, sehingga diameter dalam dan diameter luar akan terbentuk dan membentuk pipa seamless yang utuh.

4. Push-Bench Process (Cupping)

Metode pembuatan pipa seamless terakhir adalah metode Push-Bench Process atau Cupping. Proses pertama dalam pembuatan pipa seamless adalah pemanasan billet baja yang kemudian akan ditempatkan pada kontainer dengan penampang melingkar. Selanjutkan billet akan ditekan oleh mandrel. Tekanan yang diberikan mandrel akan membuat billet mengikuti kontur dari kontainer sehingga bilet memenuhi ruang antara dinding dan ingot hingga berbentuk cup. Ujung cup kemudian dipanaskan kembali dan ditekan melalui rangkaian die hingga didapatkan diameter yang diperlukan. Ketika sudah cukup, mandrel akan dikendurkan dan ditarik keluar dari pipa yang sudah terbentuk. Setelahnya, pipa akan dipotong-potong, didinginkan, dan diluruskan.

Stockist Jual Pipa Seamless Bermutu

Untuk memenuhi kebutuhan industri Anda dengan kualitas terbaik dan harga yang bersaing, Anda dapat mengunjungi CV. Tunggal Perkasa jual pipa seamless. Stockist yang satu ini juga menawarkan berbagai jenis produk pipa, fitting las, aneka valve industri, aneka besi baja, plat, fitting drat, flange dan jenis kebutuhan lainnya.

 

Author

Enable Notifications OK No thanks