Indonetwork , Peralatan Industri -  Semakin bertambahnya jumlah penduduk, berdampak pada terdorongnya ekonomi suatu daerah. Hal tersebut membuat aktivitas industri semakin digerakkan dan bertambah banyak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Aktivitas industri besar saat ini menyebabkan banyak perubahan pada lingkungan, terutama bagaimana limbah-limbah yang dihasilkan akan berdampak pada lingkungan sekitar.

Dengan adanya aktivitas industri yang menghasilkan limbah tersebut, membuat banyak elemen alam seperti tanah, air, dan udara menjadi tercemar. Untuk itu, banyak ahli yang melakukan uji lingkungan untuk mengetahui keadaan suatu lingkungan yang akan ditempati. Pengujian biasanya dilakukan dengan mengambil sampel pada lingkungan dan kemudian akan di tes melalui alat lab penguji lingkungan.

Ragam Alat Lab Penguji Lingkungan

Untuk menguji keadaan lingkungan, diperlukan alat lab penguji lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan sampel uji. Berikut ini adalah alat lab penguji lingkungan yang sering digunakan.

1. Sound Level Meter

Sound level meter merupakan suatu perangkat alat uji yang diciptakan untuk mengukur seberapa tingkat atau level yang berasal dari kebisingan suara. Hal ini diperlukan pada lingkungan industri untuk menguji tingkat kebisingan suara yang dihasilkan dari aktivitas industri. 

Selain itu, alat ini juga digunakan untuk memverifikasi seberapa banyak tingkat atau level dari sebuah suara yang ditimbulkan atau yang sudah berubah. Sound level meter dipengaruhi oleh dua faktor ketika bekerja, yaitu faktor kecepatan angin dan posisi tempat pengukuran yang akan berpengaruh pada keakuratan pengukuran yang kurang.

2. Anemometer

Anemometer

Anemometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur arah dan tingkat kecepatan angin. Alat ini sangat dibutuhkan dan menjadi alat utama yang digunakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Cara kerja alat ini sama dengan kincir angin, dimana alat akan ditempatkan di luar ruangan dan akan bergerak saat tertiup angin. Baling-baling pada anemometer akan berputar sesuai dengan arah mata angin.

Selain untuk mengukur tingkat kecepatan, anemometer juga digunakan sebagai alat untuk memperkirakan cuaca. Alat ini juga digunakan ketika berlayar untuk memperkirakan arah dari arus laut serta memperkirakan besarnya gelombang laut.

Baca juga: 5 PENYEBAB PENCEMARAN UDARA DI JAKARTA SERTA CARA MENGATASINYA

3. Thermohygrometer

Untuk mengetahui suhu udara dan tingkat kelembaban, thermohygrometer adalah alat yang tepat untuk digunakan. Alat ini digunakan untuk mengukur suhu dan kelembaban udara basah dan kering di dalam maupun luar ruangan secara digital.

Cara kerja dari thermohygrometer berdasarkan pada fenomena yang disebut penguapan dingin. Ketika air menguap dari suatu permukaan, akan menyebabkan permukaan menjadi dingin karena ketika penguapan molekul air membawa panas. Akibat ada efek pendinginan tersebut, wet bulb selalu menunjukkan temperatur yang rendah dibandingkan dengan dry bulb. Penguapan air pada permukaan web bulb sebanding dengan kelembaban atmosfer.

4. Spectrophotometer

Spectrophotometer atau spektrofotometer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menganalisa sebuah senyawa. Alat ini akan menghasilkan sinar dari spektrum dengan nilai panjang gelombang yang telah ditentukan. 

Spectrophotometer sering digunakan dalam bidang farmasi, medis, dan industri kimia karena mampu memperluas pemeriksaan visual lebih mendalam dari absorbsi energi radiasi oleh macam-macam zat.

5. Gas Detector

Gas detector adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas di suatu tempat atau ruang. Alat lab ini wajib dimiliki oleh pekerja industri minyak, gas, dan juga petugas yang bekerja di ruang terbatas. Hal ini dikarenakan lokasi kerja industri tersebut sangat rentang akan adanya gas-gas yang berbahaya bagi pekerja. 

Gas yang dapat diidentifikasikan oleh gas detector diantaranya adalah karbon dioksida, karbon monoksida, hidrokarbon, hidrogen sulfida, penipisan oksigen, gas mudah terbakar serta beracun.

6. Water Quality

Alat lab pengujian lingkungan selanjutnya adalah water quality. Alat  ini digunakan untuk mengukur kualitas air seperti pH, temperatur, DO (Dissolved oxygen), dan lain sebagainya. Alat ini untuk menunjukkan kualitas air yang dilihat dari karakteristik fisik, unsur kimia, dan biologinya. 

Tujuan dari pengecekan kondisi air ini adalah untuk melihat kualitas air limbah yang akan dilepaskan ke perairan alami. Air limbah akan di cek kualitasnya untuk mengurangi beban polutan yang akan dilepaskan. 

Tidak hanya itu water quality monitoring system juga dapat mendukung industri dalam menciptakan hasil produksi yang bermutu tinggi. Misalnya seperti pada produksi pembuatan air mineral dan peternakan ikan yang harus mengecek kualitas dan kondisi air agar selalu baik digunakan.

7. Air Sampler

Air sampler adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kepadatan mikroorganisme di udara ruangan, hingga per meter kubik udara. Alat ini digunakan untuk pemantauan lingkungan atau ruangan dari mikroba secara aktif. 

Air sampler bekerja dengan melakukan penyedotan udara pada ruangan dengan volume tertentu selama waktu tertentu. Mikroba udara yang sudah masuk dalam alat akan diinkubasi dan kemudian akan dilakukan perhitungan jumlah mikroba dalam satuan cfu atau satuan pembentuk koloni.

Baca juga: CARA MENGGUNAKAN ALAT PENGUJIAN KADAR AIR DIGITAL

Distributor Alat Laboratorium Penguji Lingkungan

Tidak hanya pada bidang industri, kebutuhan akan alat lab penguji lingkungan juga dibutuhkan dalam bidang kesehatan. Banyak alat-alat yang digunakan dalam dunia kesehatan dan farmasi untuk mengecek kondisi lingkungan agar tidak menyebabkan kontaminasi. Alat-alat lab penguji lingkungan berkualitas dapat Anda temukan di PT. Mitra Katiga Sejahtera. 

Disini Anda dapat menemukan beragam kebutuhan peralatan laboratorium kualitas air dan udara yang sangat lengkap. Selain itu, Anda juga dapat menemukan alat kebutuhan laboratorium untuk cabang pendidikan teknik seperti teknik sipil, arsitektur, lingkungan, kimia, kelautan, fisika dan metalurgi. Langsung saja kunjungi halaman web PT. Mitra Katiga Sejahtera untuk mengecek produk alat lab berkualitas.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks