JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melakukan kolaborasi dengan Shopee untuk membantu para UMKM menjual dan menciptakan nilai penjualannya hingga ratusan juta rupiah melalui Festival Belanja Online.

Tercatat ada sebanyak 351 UMKM yang berasal dari subsektor seperti fesyen, makanan minuman kemasan, dan kesehatan kecantikan yang berhasil lolos kurasi dan ikut bergabung dalam gelaran ini. Selain itu melalui program Festival Belanja Online ini, tercatat ada sebanyak 4.708 total transaksi yang terjadi dalam kurun waktu 1 minggu setelah program berjalan dari tanggal 19 Oktober lalu.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit mengakui memang selama pandemi ini, banyak sekali pelaku UMKM yang benar-benar terimbas omzetnya. Oleh sebab itu, dia merasa senang dengan adanya kerjasama ini, sebab pelaku UMKM bisa ikut bergabung dan meningkatkan penjualannya.

“Sejauh ini, program Festival Belanja Online yang akan berjalan sampai tanggal 9 November nanti, sudah selaras dengan upaya Kementerian Koperasi & UMKM mengatasi dampak perekonomian UMKM di tengah pandemi. Antara lain sudah mencakupi tahapan Mitigasi & Survive serta Reactive yang tidak hanya melakukan pendampingan, melainkan juga sebagai upaya program pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya mengutip siaran resminya, Senin (9/11/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, Festival Belanja Online ini tidak hanya hadir dalam halaman khusus di Shopee saja, namun dalam pelaksanaannya setiap Kamis sampai Minggu, diselenggarakan live streaming dengan nama Ngobrol dan Ngobral.

Sesi ngobrol lebih menitikberatkan pembahasan seputar digitalisasi UMKM. Sedangkan pada sesi Ngobral sebagai wadah para UKM untuk melakukan penjualan secara langsung produk atau promosi mereka yang dapat dibeli langsung pada saat live streaming berjalan.

Live streaming yang berjalan pada akun Shopee festivalbelanjaonline_kemenkop sudah berjalan 8 kali, dengan rata-rata penontonnya sebanyak 200-300 viewers/sesinya.

Tak hanya itu, dalam acara ini bukan hanya melibatkan narasumber dari Kementerian Koperasi, Influencer, Digital Marketing Spesialis, dan Content Creator tetapi sobat UKM juga ada yang terpilih untuk hadir pada live streaming.

Sementara itu Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, kerja sama yang terbina dengan Kemenkop UKM ini merupakan langkah lanjutan untuk senantiasa menunjukkan dukungan terhadap keberlangsungan bisnis pelaku UMKM. “Kami senang sekali dapat terlibat untuk memfasilitasi Festival Belanja Online sebagai bentuk peluang dan solusi positif untuk para pelaku UMKM binaan yang telah hadir di platform kami.

Kami harap komitmen ini dapat membantu lebih banyak lagi pelaku UMKM agar dapat berkontribusi dalam menyikapi perubahan yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia di tengah masa yang sulit ini,” katanya.

Author

Enable Notifications OK No thanks