Indonetwork, Bahan Bangunan – Siapa yang masih belum mengenal aluminium foil roll? Tentu setiap orang pernah melihat bentuk dan spesifikasi dari barang yang satu ini. Produk ini telah dibentuk dalam berbagai kebutuhan manusia lainnya seperti wadah, pouch makanan hingga bentangan penutup suatu area sehingga dapat fungsinya dapat bekerja lebih maksimal.

Namun kebanyakan dari konsumen hanya mengetahui manfaat aluminium foil sebagai alat bantu dalam memasak, padahal masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda temukan pada produk ini. Mau tau apa saja? Yuk simak ulasan artikel dibawah ini!

Apa Itu Aluminium Foil

Aluminium terbuat dari bauksit dari jenis endapan biji besi  yang mengandung Aluminium Oxide dan Silikat. Aluminium foil adalah lapisan pembungkus tipis dengan ketebalan berkisar 0,2 mm dan mengandung sekitar 92% sampai 99% aluminium. Biasanya produk ini tersedia dalam berbagai ukuran dan karakteristik dan terutama untuk mengemas berbagai barang. Alumunium ini digunakan untuk berbagai industri serta perkakas rumah tangga.

Baca juga: Mengenal Gas Nitrogen & Manfaatnya

Manfaat Aluminium Foil

Beberapa keistimewaan aluminium foil antara lain memiliki sifat yang lentur, fleksibel, mudah dibentuk sesuai fungsi kemasan, kedap udara, air dan lemak, serta nggak mempengaruhi rasa dan bau. Aluminium foil juga merupakan penghantar panas yang baik untuk energi listrik dan penghangat ruangan. Aluminium foil roll yang biasa dijual dipasaran dengan model lembaran logam berwarna silver yang ketebalannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Eksistensi aluminium foil roll sudah lama digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup, bahkan untuk kondisi yang tidak terduga. Berikut terdapat 9 penjelasan dari manfaat aluminium foil roll yang biasa orang lain gunakan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari, seperti berikut ini:

1. Keperluan Kosmetika

manfaat aluminium foil untuk rambut

Penggunaannya dalam kosmetika biasanya digunakan sebagai alas cat rambut agar kandungan penghantar panas dari aluminium dapat bekerja secara maksimal pada rambut yang dalam proses pewarnaan. Bahkan aluminium foil juga dapat membantu proses pengeritingan dan pelurusan rambut menggunakan catokan

2. Pembungkus Makanan

manfaat aluminium foil untuk makanan

Hal ini tentu sudah tidak asing lagi, baik tempat maulpun lembaran aluminium foil roll biasanya digunakan untuk membungkus makanan yang hendak dipanggang di oven, tujuannya agar efek panas dihantarkan secara merata ke seluruh permukaan.

Bahkan tidak jarang aluminium juga dijadikan sebagai pembungkus segel makanan dengan cara direkatkan supaya tidak mudah terkontaminasi dengan suhu ruang yang tidak stabil, sebagai cetakan kue dan sebagai alas pelindung makanan agar tidak menempel saat di penggorengan.

3. Keperluan Pengemasan Produk

manfaat aluminium foil untuk kemasan

Pengemasan produk menggunakan aluminium foil biasanya berbentuk standing pouch dan dilakukan pada produk makanan atau memiliki material bubuk seperti kopi, dengan tujuannya agar terlindung dari cahaya matahari yang dapat menggumpalkan produk bubuk dan tidak mengubah cita rasa dan tekstur renyahnya makanan.

4. Kebutuhan Pemutih Gigi

Kebutuhan Pemutih Gigi alumunium foil

Proses kecantikan dapat dilakukan dengan cara campurkan sedikit soda kue dengan pasta gigi. Selanjutnya, ambil aluminium foil dan lipat menjadi pita lalu tempatkan pada gigi. Setelah itu diamkan selama satu jam. Hal ini bertujuan agar efek gigi lebih putih terlihat karena kandungan pasta gigi akan bekerja dengan maksimal saat proses perekatan dengan aluminium foil roll. Disarankan untuk gunakan keadaan ini selama dua kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Kegiatan Membersihkan Alat Dapur

Kegiatan Membersihkan Alat Dapur

Aluminium foil dapat berfungsi untuk membersihkan peralatan dapur seperti kompor, kisi-kisi panggangan, wajan, panci serta barang lainnya yang terbuat dari stainless steel seperti kran wastafel supaya terbebas dari kerang gosong yang menghitam ataupun noda karat dan kotoran lain yang membandel. Anda cukup memotong aluminium foil lalu menggumpalnya setelah itu gosokkan pada alat yang hendak dibersihkan.

6. Merawat Pakaian

Merawat Pakaian DENGAN ALUMINIUM FOIL

Biasanya jika kaos Anda terdapat sablonan dengan jenis tertentu, untuk menyetrikanya dibutuhkan tingkat kesulitan tertentu. Namun sekarang Anda dapat memberi alas baju diatas sablonan dengan lembar aluminium foil sehingga komponen tetap dapat menghantarkan panas namun tidak ada rasa lengket sedikitpun.

7. Pengasah Benda Tumpul

Alumunium foil Merawat Perabotan Rumah Tangga

Benda yang dimaksud adalah gunting, jika terasa tumpul dan Anda ingin mengasahnya maka cukup lakukan memotong kertas aluminium foil secara berkali-kali hingga gunting sudah kembali tajam. Hal tersebut diakibatkan adanya gesekan antara benda stainless dengan jenis logam lainnya.

8. Merawat Perabotan Rumah Tangga

Maksud dari merawat perabotan rumah tangga ini yaitu dilakukan ketika Anda sedang merenovasi atau memberi cat ulang pada suatu ruangan, namun Anda tidak mau tumpahan cat akan rusak mengenai beberapa benda lainnya sehingga sifat aluminium foil yang elastis dapat membungkus gagang pintu dan beberapa hiasan rumah lainnya.

9. Peredam Panas Pada Rumah dan Transportasi

manfaat aluminium foil untuk peredam panas

Jenis aluminium foil atap rumah yang digunakan biasanya terbentuk seperti aluminium woven yang memiliki ketebalan tertentu dan sedikit busa, kondisi ini dipasang pada lapisan baja ringan rangka atap rumah bertujuan untuk meredam panas dan memberikan perlindungan dari kebocoran akibat hujan saat menerpa genting rumah. Selain itu tidak jarang juga fungsi aluminium foil foam biasanya digunakan pada alas kaca di depan dashboard mobil bertujuan agar cahaya panas dari luar dapat dipantulkan kembali.

Baca juga: 7 Inspirasi Pemasangan Besi Hollow Pada Hunian

Produsen Aluminium Foil

Setelah mendapatkan informasi dari artikel diatas tentunya Anda lebih mengerti mengenai banyaknya fungsi aluminium foil roll pada kehidupan, sehingga sangat mudah untuk Anda temukan produk yang terbuat dari aluminium foil di berbagai toko buku ataupun perlengkapan lainnya.

Akan tetapi jika Anda membutuhkan produk ini dengan kapasitas yang lebih banyak, maka bisa hubungi CV. Surabaya Indo Foil untuk mendapatkan berbagai jenis aluminium foil roll, single side kertas, woven foil, foam foil dan lainnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Tentunya perusahaan ini memproduksi jenis aluminium foil yang memiliki kualitas sangat baik dan harga yang bisa menyesuaikan budget Anda.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks