Indonetwork, Panduan – Dalam membangun bisnis berbasis online, cara termudah bisa dengan memanfaatkan media sosial. Untuk bisa mendalami dunia digital marketing, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui.

Ya, internet sebagai sarana bukanlah hal yang instan dan mudah dilakukan, dibutuhkan pemahaman yang lebih mengenai internet marketing yang baik, terlebih untuk memperkenalkan produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Agar produk dan jasa tersebut mudah ditemukan di mesin pencarian, strategi mensiasati paling tepat yang saat ini dapat dilakukan adalah dengan cara menerapkan SEO (Search Engine Optimization), email marketing, content marketing, viral marketing dan pemanfaatan media sosial.

Baca juga : Ingin berbisnis dengan teman, fahami dulu aturan mainnya

Bicara mengenai bisnis online, langkah seperti diatas merupakan panduan cermat yang sepantasnya dilakukan. Tujuan utamanya tentu untuk meningkatkan traffic penjualan.

Namun, diluar beberapa hal-hal berkaitan yang disebutkan sebelumnya, internet marketing juga harus ditunjang dengan strategi pemasaran yang tepat. Berikut ini beberapa langkah strategi yang dapat menunjang internet marketing.

Pembuatan Nama Produk atau Brand

7 Tips Membuat Nama Brand/Merek yang Menarik untuk Bisnis
Sumber : www.folderbisnis.com

Nama brand dapat dikatakan sebuah pencitraan bisnis Anda, sehingga mendesain nama brand dengan tepat adalah hal yang penting.

Rancanglah desain brand yang dapat menggambarkan visi bisnis dan juga produk yang ditawarkan pada target konsumen. Usahakan membuat sesuatu yang dapat dengan mudah diingat.

Menganalisa Kompetitor

Tumbangnya Kompetitor ? | - { A D H I E L E S M A N A } -
Sumber : adhielesmana.com

Dalam dunia usaha apalagi di bisnis online, pelaku usaha tidaklah sedikit yang menjual produk atau layanan jasa serupa. Untuk memenangkan kompetisi itu, hal yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa strategi pemasaran yang digunakan oleh kompetitor.

Pelajari dan teliti bagaimana cara pesaing Anda mempromosikan bisnisnya secara online, ketahui juga riwayat bisnisnya. Hal tersebut akan membuat Anda dapat merancang strategi pemasaran yang lebih baik dibandingkan kompetitor.

Buat Strategi Pemasaran

Arti dari Data Kompetitor dan Cara Menggunakannya Halaman 1 - Kompasiana.com
Sumber : www.kompasiana.com

Strategi pemasaran ini lebih banyak terkait dengan penerapan pengaturan tertentu agar bisnis dapat berkembang dan mudah ditemukan di pencarian internet.

Pengaturan ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan SEO friendly pada website e-commerce (untuk pebisnis toko online). Hal ini akan meningkatkan posisi website komersil yang Anda miliki dapat dengan mudah ditemukan dalam mesin pencarian seperti Google.

Langkah lain adalah menerapkan SEM (Search Engine Marketing), hal ini hampir sama dengan SEO, hanya saja bersifat menaikan traffic pengunjung website/ toko online secara massive.

Cara yang satu ini tentunya sangat berguna untuk mendatangkan calon pembeli. Sebab, posisi website Anda akan terpajang berada di papan paling atas mesin pencarian. Cara ini terkait dengan menggunakan Google Adwords dengan memasang iklan, contohnya pemasangan iklan di Youtube.

Langkah lain yang mesti diterapkan adalah email marketing (pemasaran menggunakan media email atau mengirim email berisi konten promosi).

Terakhir, Anda bisa mempromosikannya menggunakan media sosial (membuat iklan di sejumlah media sosial seperti Facebook, Twitter, instagram dan lain-lain).

 

Dedy Mulyadi

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan 

Author

Enable Notifications OK No thanks