Indonetwork, Tips & Trik – Seperti pepatah mengatakan, “ada banyak jalan menuju Roma”. Begitu pula jika ingin bisa mahir berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib dikuasai di era sekarang. Di dunia kerja yang semakin kompetitif ini, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik pun sering menjadi salah satu persyaratan lowongan kerja. Tentu merupakan kendala tersendiri bagi Anda yang belum lancar berbahasa Inggris, ya. Tapi, tak perlu khawatir karena ada banyak cara mudah untuk belajar bahasa Inggris. Anda bisa memilih belajar secara otodidak ataupun bersama para guru profesional.

Bagi kamu yang baru ingin mendalami bahasa Inggris, simak lebih dulu tips belajar bahasa Inggris untuk pemula berikut yang mudah diterapkan.

Tak Perlu Takut Salah

Apakah Anda sering merasa minder dan takut salah saat ingin berbicara atau menggunakan grammar bahasa Inggris? Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi ketakutan tersebut, karena itu akan menghambat proses belajar Anda.

Segala kegiatan belajar membutuhkan keberanian dan tekad di awal. Sama seperti ketika belajar naik sepeda, tidak masalah jika berkali-kali jatuh, yang terpenting Anda mau bangkit dan tidak takut untuk mencoba lagi. Perlu percaya diri dan berani untuk akhirnya bisa mengayuh dengan lancar, bukan?

Buat Jadwal Belajar Rutin

belajar bahasa inggris untuk pemula
Pexels/Armin Rimoldi

Mungkin Anda juga sempat bertanya-tanya, berapa lama belajar bahasa Inggris dari nol sampai mahir? Well, jawabannya relatif. Ada yang membutuhkan waktu 1 tahun, 3 tahun, hingga 4 tahun baru benar-benar fasih. Semua tergantung tekad dan konsistensi Anda.

Anda bisa membuat jadwal belajar rutin. Misalnya, belajar materi tenses di pagi hari, lalu latihan soal di malam hari. Adanya jadwal belajar akan sangat membantu Anda untuk men-tracking sejauh mana Anda sudah belajar, apa saja yang belum dipelajari, dan harus dipelajari. Hingga akhirnya Anda bisa cepat lancar dalam berbahasa Inggris.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Inggris Terbaik dan Terlengkap

Pahami Simple Tense Terlebih Dulu

Mungkin Anda bingung harus mulai belajar bahasa Inggris dari mana? Satu hal penting yaitu belajarlah sedikit demi sedikit, karena tidak ada yang langsung jago dalam mempelajari sesuatu.

Anda bisa memulai dari materi dasar, seperti kalimat simple tense yang terdiri dari simple present tense, simple past tense, dan simple future tense. Pahami rumusnya, cobalah untuk berlatih mengerjakan soal, sambil mencatat kosakata yang baru Anda tahu untuk memperkaya vocabulary.

Rutin Membaca Buku atau Novel Berbahasa Inggris

Tidak melulu buku dengan topik serius dan berat, membaca novel berbahasa Inggris juga akan melatih kemampuan bahasa Inggris Anda. Intinya, pilih buku dengan topik yang Anda sukai. Maka belajar bahasa Inggris dari membaca pun akan lebih menyenangkan dan tidak mudah bosan.

Perbanyak Menonton Film Berbahasa Inggris

tips belajar bahasa inggris untuk pemula
Sumber: Pexels/Sam Lion

Tips belajar bahasa Inggris untuk pemula ini banyak diterapkan oleh mereka yang sudah mahir bahasa Inggris. Belajar bahasa asing lewat film memang jadi cara yang efektif dan menarik dilakukan.

Jika selama ini Anda menonton film barat menggunakan subtitle Indonesia, mulai sekarang ubah dengan subtitle bahasa Inggris, ya. Ini akan membantumu lebih mudah dalam memperjelas apa yang dikatakan pemeran. Selain itu, kamu juga bisa mencatat kalimat atau kutipan dari percakapan sehari-hari mereka.

Baca Juga: 10 Aplikasi Ini Bisa Bantu Bisnis Online Shop Semakin Lancar

Belajar dari Lagu Berbahasa Inggris

Anda pasti akan ikut bernyanyi begitu mendengar lagu favorit, bukan? Semakin sering mendengar lagu favorit, Anda pun akan semakin hafal dengan liriknya.

Ini bisa jadi cara yang asik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Hafalkan dan pahami makna liriknya, lalu catat vocabulary yang baru diketahui sambil menyanyikan lagunya.

Sering-seringlah Praktik

Sudah punya banyak catatan vocabulary atau kalimat percakapan? Saatnya lebih percaya diri untuk mempraktikkan materi yang selama ini Anda pelajari.

Ada banyak caranya, misalnya mulai mengobrol dengan bule di sosial media, mentranslate artikel bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Selain itu, Anda juga bisa coba berbicara sendiri sambil direkam, lalu dengarkan ulang dan cobalah untuk koreksi bagian-bagian yang terasa janggal.

Jangan Ragu untuk Meminta Feedback

tips belajar bahasa inggris untuk pemula
Sumber: Pexels/Thirdman

Meminta feedback atas kemampuan Anda bukan hal yang memalukan atau perlu ditakutkan. Ini justru akan sangat membantu dalam proses belajar Anda. Mintalah saran dan masukan pada orang yang lebih mahir bahasa Inggris. Dari sana, Anda akan tahu aspek mana saja yang sudah bagus dan perlu ditingkatkan.

Baca Juga: 3 Bahasa yang Wajib Dikuasai dan Tips Belajar

Belajar di Bimbel bersama Para Profesional

Belajar bahasa Inggris dari nol sampai mahir akan mudah jika didampingi guru profesional dari BESWAN English Course. Anda jadi memiliki seorang ahli berpengalaman yang siap memandu proses belajar agar lebih terarah dan tepat.

Lembaga pendidikan BESWAN English Course merupakan kursus bahasa Inggris di Pare yang memiliki kelas dan metode belajar yang menarik. Dengan biaya terjangkau, Anda akan mendapat modul materi serta fasilitas lengkap, mulai dari asrama, sertifikat, konsumsi, alat tulis, hingga wisata.

Selain itu, Anda juga bisa belajar bersama dengan peserta lain yang bisa mempercepat kemampuan berbahasa Inggris Anda. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi BESWAN English Course sekarang untuk dapatkan penawaran menarik.

Enable Notifications OK No thanks