Indonetwork, Budidaya – Dalam budidaya burung walet, Anda membutuhkan seperangkat sound system yang digunakan untuk menarik burung walet ke tempat yang telah disediakan. Seperangkat sound system ini terdiri dari, ampli walet, kabel tweeter, dan tweeter walet. Sound system walet yang memiliki kualitas terbaik mampu memanggil walet dengan maksimal tanpa tersendat-sendat. Di bawah ini akan dijelaskan tentang tips memilih ampli walet agar usaha Anda dalam budidaya walet dapat meningkat lengkap dengan rekomendasi tempat pemasangan tweeter dan supplier jual ampli walet untuk memudahkan Anda dalam mencari kebutuhan rumah walet.

Tips Memilih Ampli Walet

Ampli Walet Audax
Sumber: Karuniawalet.com

1. Perhatikan Ukuran Bangunan yang Digunakan

Anda bisa mengambil patokan dari ukuran bangunan yang digunakan. Apabila rumah walet kecil maka anda tidak perlu membeli ampli walet yang ukurannya terlalu besar dan mahal. Begitupun sebaliknya, apabila rumah walet Anda besar maka secara otomatis dibutuhkan ampli yang besar  yang dan kemungkinan membutuhkan watt yang juga besar.  Apabila anda membeli ampli walet yang memiliki watt kecil sedangkan jumlah tweeter lebih banyak maka suara yang dikeluarkan kurang maksimal bahkan hanya berdengung saja.

2. Berkonsultasi Kepada Teman atau Kerabat yang Paham Alat Elektronik

Apabila Anda ingin membeli ampli walet atau sound system walet maka ada baiknya Anda berkonsultasi atau bahkan membawa orang yang paham mengenai elektronik untuk menemani Anda dalam berbelanja alat walet. Dengan berkonsultasi dengan orang tersebut akan menghindarkan Anda mendapatkan sound system walet yang asal-asalan, meskipun Anda sendiri kurang memahami tentang alat elektronik khususnya ampli walet.

3. Memastikan Fitur yang Dimiliki Ampli

Dalam membeli ampli walet, Anda harus memahami fitur-fitur yang dimiliki ampli tersebut. Misalnya dalan membeli ampli walet usahakan alat tersebut sudah dilengkapi dengan timer dan charger aki. Tujuannya adalah agar Anda tidak dibingungkan dengan rangkaian kabel untuk menghubungkan ke timer dan cas aki lagi. Selain itu, Anda juga dapat memastikan membeli ampli walet yang sudah dilengkapi dengan kipas pendingin, agar ampli walet tetap tetap dingin walaupun on 24 jam non stop. Anda juga bisa menambah kipas angin besar agar ampli tetap dingin dan awet.

4. Memilih Ampli yang Hemat Daya

Salah satu pertimbangan dalam membeli ampli adalah daya yang digunakan. Hal ini penting untuk dipastikan karena nantinya akan berhubungan dengan budget pengeluaran Anda. Anda dapat mendapatkan ampli yang tidak boros daya dengan cara meminta pendapat teman atau kerabat yang sudah berkecimpung lama atau mempunyai pengalaman dalam budidaya sarang walet. Anda juga dapat mendapat informasi tersebut dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook dengan bergabung pada komunitas budidaya sarang walet.

5. Pilih Ampli yang Bisa Digunakan pada Tegangan AC maupun Tegangan DC

Pilihlah ampli walet yang bisa menggunakan arus tegangan AC maupun DC. Arus tegangan AC adalah arus tegangan listrik PLN sedangkan arus tegangan DC adalah arus tegangan seperti arus tegangan dari AKI. Hal ini bertujuan agar ketika sedang pemadaman listrik maka ampli tetap bisa menyala karena di backup dengan arus dari AKI.

6. Pilih Ampli yang Cocok pada Semua Format Audio

Pilihlah ampli walet yang cocok atau support dengan semua format audio, tujuannya adalah agar ketika Anda membeli suara walet yang berkualitas namun memiliki format audio yang tidak umum maka ampli tetap bisa membaca format audio tersebut.

Baca juga: 8 CARA MENDATANGKAN WALET KE RUMAH, PATUT DICOBA

Rekomendasi Tempat Pemasangan Tweeter

Ampli Walet Murah
Sumber: Pixabay.com

1. Di Lubang atau Jendela

Tweeter suara panggil sebaiknya diletakkan di lubang atau jendela. Tujuan meletakkan tweeter di dekat lubang adalah untuk memanggil walet. Semakin suara walet bagus (mirip suara aslinya), walet-walet akan mengira gedung tersebut berisi koloni walet. Peletakkan tweeter di dekat jendela, sebaiknya tidak ditaruh di luar gedung. Karena cuaca panas dan hujan bisa mempercepat kerusakkan tweeter audio. Namun, jika tetap ingin melakukan hal ini, tweeter perlu dilengkapi dengan pelindung, agar lebih awet.

2. Di Dalam Gedung

Letakkan pula audio walet di dalam gedung untuk menarik walet agar tinggal di dalamnya. Suara tarik ini bertujuan untuk menggiring burung walet yang sudah masuk ke gedung agar mau masuk ke nesting room atau rumah walet. Peletakan speaker suara tarik ini bisa ditempelkan antara roving room dan nesting room.

3. Di Atas Atap Gedung

Selain di dekat lubang angin tempat keluar masuknya walet, serta di dalam gedung, speaker tweeter juga dapat dipasang di atas atap gedung. Ada empat speaker kecil yang mengarah ke segala penjuru mata angin. Agar awet, tweeter perlu dipasang penutup. Peletakkannya sekitar 1,5 meter di atas atap. Tujuan meletakkan tweeter di atas gedung untuk mengundang dan menandai bahwa di dalam gedung ada koloni walet.

Baca juga: CARA MENGATUR SUARA PANGGIL, TARIK DAN INAP WALET

Pengaturan volume suara perlu diperhatikan untuk bagian tweeter atap. Jika volume terlalu keras kemungkinan besar burung walet yang datang hanya berputar-putar di atas gedung. Sementara itu, suara tweeter di lubang-lubang di samping dinding gedung sebagai pemanggil tidak terdengar. Kondisi cuaca juga perlu diperhatikan untuk pengaturan volume tweteer. Pada musim kemarau, cukup putar suara tweeter pada pukul 06.00 hingga 09.00 dan 16.00 hingga 18.00. Pasalnya, jika tweeter suara panggil diputar pada pukul 13.00—14.00, burung walet banyak yang datang, namun hanya berputar di lubang masuk.

Sementara itu, saat cuaca hujan yang mana saat sumber pakan melimpah, dan waktu kosong walet lebih banyak, maka terkait jam putar suara tweeter atap bisa dinyalakan dari pagi hingga sore hari, Sebab, walet cepat kenyang sehingga waktu bermain-main lebih banyak. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan gedung baru untuk memanggil walet dari berbagai penjuru.

Rekomendasi Supplier Jual Ampli Walet

Bagi Anda yang mencari ampli walet yang memiliki kualitas tinggi, Anda bisa menghubungi CV. Karunia Walet. Perusahaan ini berdiri sejak 2016 dan terbukti memiliki reputasi yang baik dalam melayani pelanggan. CV. Karunia Walet selalu menjaga komitmen kepada pelanggan dengan cara menjaga kualitas produk dan memberikan harga yang terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks