Indonetwork, Konsultan dan LayananKebersihan di sebuah tempat seperti perusahaan tentu saja perlu diperhatikan karena akan berdampak pula bagi karyawan yang bekerja atau orang-orang disekitarnya. Jika tempat tersebut kotor maka karyawan akan merasa tidak nyaman dan malah akan membuat sumber penyakit, maka dari itu dibutuhkan cleaning service dalam hal ini.

Cleaning service sendiri merupakan profesi jasa yang merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan sistem kebersihan untuk menjadikan sebuah tempat menjadi bersih sesuai keinginan pengguna jasa.

Tentang Cleaning Service

job desk cleaning service
Sumber: Google

Tujuan keberadaan cleaning service adalah untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam menunjang aktivitas sehari-hari sebagai tujuan jangka pendeknya; sedangkan sebagai tujuan jangka panjangnya merupakan untuk mempertahankan life of time atau umur pemakaian semua benda yang ada dalam lingkup kerja cleaning service tersebut, seperti gedung, peralatan, prasarana, sarana dan lain lainnya.

Namun, saat memilih cleaning service tidak boleh asal-asalan karena jika dapat merugikan. Misalnya saja jika kinerja cleaning service tidak maksimal atau tidak profesional  yang ada malah akan membuat Anda rugi karena sudah membayar namun hasil yang didapat tidak memuaskan. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan tips dan trik memilih perusahaan cleaning service yang tepat.

Baca Juga: 10 Alasan Bisnis Anda Harus Menyewa Jasa Perusahaan Cleaning Service

Tips Memilih Perusahaan Cleaning Service Yang tepat

cleaning service di kantor
Sumber: Unsplash

Dalam memilih perusahaan cleaning service perlu melakukan survey perusahaan apakah perusahaan tersebut terpercaya atau tidak, inilah tips dan trik memilih perusahaan cleaning service yang tepat.

1. Memiliki Pengalaman

Hal pertama sebelum Anda memilih jasa cleaning service adalah dengan mengetahui pengalaman pekerjanya. Hal ini karena perusahaan yang sudah berpengalaman biasanya mempunyai keterampilan khusus untuk mengatasi masalah kebersihan. oleh karena itu, pilihlah perusahaan yang sudah berpengalaman.

2. Harga Yang Tersedia

Yang tak kalah penting selanjutnya adalah mepertimbangkan harga yang tersedia Anda harus memilih perusahaan cleaning service yang menawarkan harga yang berkompetitif. Anda tidak perlu tergiur dengan harga yang murah, karena bisa berdampak pada kualitas pelayanan yang akan diberikan Anda bisa memilih perusahaan dengan harga pasaran da tentu saja diperhatikan pula hasil yang akan diterima.

3. Peralatan Aman Untuk Digunakan

Anda perlu mengetahui peralatan yang akan digunakan aman atau tidak. Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan memeriksa apakah penyedia jasa menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia atau tidak. Jika mengandung bahan kimia dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan karyawan yang bekerja disana.

4. Cek Legalitas Perusahaan

Mengecek legalitas perusahaan merupakan hal yang cukup penting yang bisa Anda lakukan. Hal ini untuk memastikan apakah jasa cleaning service tersebut terpercaya dan bertanggung jawab. Tujuannya melakukan hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hilangnya barang berharga.

5. Memiliki Attitude Yang Baik

Attitude merupakan salah satu hal yang penting. Jika penyedia jasa memiliki attitude yang baik, maka akan berdampak bagus bagi perusahaan tersebut. Hal ini karena posisi ini membutuhkan komunikasi yang baik antara pekerja dan pemilik atau karyawan yang bekerja diperusahaan tersebut.

6. Perusahaan Memiliki Manajemen baik

Yang terakhir yang harus diperhatikan adalah mengetahui apakah vendor yang kita pilih didukung Training Center. Untuk memastikan SDM yang diterjunkan ke lapangan memenuhi kualifikasi & kompetensi yang dibutuhkan client, PPBM memberikan training pada saat awal bekerja dan rentang waktu tertentu untuk me-maintain kemampuan SDM.

Baca Juga: Manfaat dan Jenis Layanan Jasa Perusahaan Cleaning Service

Rekomendasi Jasa Cleaning Service Jakarta

Itulah tips dan trik memilih perusahaan cleaning service yang tepat. Semoga dapat membantu Anda yang sedang ingin menggunakan layanan cleaning service. Jika Anda sedang mencari perusahaan yang menyediakan jasa cleaning service seperti jasa perawatan taman, kebersihan, office boy & girl terbaik Anda bisa menemukannya di PT. Indonesia Bersih Rapi.

Penulis: Wardah Aliya Rahmah
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks