Indonetwork, Bisnis – Seperti yang sudah diketahui khalayak umum, minyak goreng, minyak masak, atau minyak sayur yang sebagian besar dipakai masyarakat Indonesia terbuat dari buah kelapa sawit. Minyak goreng ini telah menjadi jenis minyak yang penting selama beberapa milenium. Namun, selama beberapa dekade terakhir, minyak ini telah menjadi salah satu minyak yang paling banyak diproduksi di dunia.

Hal ini karena minyak kelapa sawit sangat serbaguna. Sifatnya semi padat pada suhu kamar sehingga dapat digunakan sebagai olesan, tahan terhadap oksidasi sehingga dapat membuat produk bertahan lebih lama, dan tahan terhadap suhu tinggi sehingga cocok untuk menggoreng makanan.

Namun, saat ini bukan hanya produksi minyaknya yang kontroversial, studi tentang apakah minyak sawit dapat memberikan manfaat kesehatan juga menjadi perhatian selain harganya yang saat ini melambung dan susah didapatkan.

Informasi Nutrisi

Satu sendok makan minyak kelapa sawit mengandung:

  • Kalori: 120
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 14 gram
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram
  • Vitamin E

Minyak goreng kelapa sawit kaya akan antioksidan, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan untuk membantu sel-sel Anda berkomunikasi.

Studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin E dalam makanan Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, bentuk kanker tertentu, dan degenerasi makula terkait usia.

Potensi Manfaat Kesehatan Minyak Goreng Kelapa Sawit

Dilansir dari website Nourish by webMD, minyak goreng sawit adalah sumber antioksidan yang hebat, namun, aspek yang sama yang membuat minyak sawit bermanfaat terkadang dapat menyebabkan komplikasi bagi orang dengan kondisi medis tertentu. Beberapa manfaat kesehatan yang saat ini didukung oleh penelitian ilmiah meliputi:

1. Kesehatan Otak

Vitamin E yang ditemukan dalam minyak kelapa sawit telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak. Bentuk vitamin E ini, yang dikenal sebagai tokotrienol, telah terbukti melindungi jaringan otak dari radikal bebas berbahaya lebih efektif daripada antioksidan lainnya.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa tokotrienol minyak sawit bahkan dapat menghentikan perkembangan lesi otak. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk lebih mendukung temuan ini.

2. Kesehatan Jantung

Studi tertentu tampaknya menunjukkan bahwa vitamin E dalam minyak kelapa sawit juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Efek antioksidan vitamin E yang ditemukan dalam minyak sawit tampaknya mengurangi atau bahkan menghentikan perkembangan penyakit jantung pada beberapa pasien.

Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mereplikasi efek ini, ekstrak minyak sawit mungkin berguna untuk orang yang melawan penyakit jantung.

3. Penyerapan Vitamin

Minyak kelapa sawit dapat membantu meningkatkan jumlah vitamin A yang dapat Anda serap, yang merupakan vitamin penting untuk retina dan kesehatan mata secara umum. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang berarti Anda membutuhkan lemak dalam diet Anda untuk menyerap vitamin secara efisien.

Menambahkan minyak kelapa sawit ke dalam makanan Anda telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap vitamin A, dan mungkin vitamin lain yang larut dalam lemak.

Potensi Risiko Kesehatan Minyak Goreng Kelapa Sawit

Karena minyak kelapa sawit adalah sumber nutrisi yang padat, maka mungkin saja memiliki efek negatif pada beberapa orang. Pertimbangkan hal berikut sebelum menggunakan minyak goreng sawit dalam masakan Anda:

1. Peningkatan Kadar Kolesterol

Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa sawit menurunkan kadar kolesterol, yang lain menunjukkan bahwa minyak sawit dapat meningkatkan kadar kolesterol “jahat”. Studi-studi ini membandingkan minyak kelapa sawit dengan minyak cair lainnya seperti minyak zaitun, dan umumnya menemukan bahwa minyak kelapa sawit berkinerja lebih buruk daripada minyak-minyak alternatif tersebut.

Satu studi menemukan bahwa minyak kelapa sawit meningkatkan kolesterol pada individu yang sehat. Minyak kelapa sawit kemungkinan lebih sehat daripada mentega, tetapi Anda tidak boleh menambahkan minyak kelapa sawit di atas jenis minyak lainnya.

2. Aterosklerosis

Minyak goreng sawit segar dan minyak sawit yang sudah terpakai menunjukkan kadar tokotrienol yang berbeda nyata. Karena itu, minyak sawit yang dipanaskan kembali menunjukkan manfaat yang jauh lebih sedikit daripada minyak sawit segar.

Faktanya, minyak sawit yang dipanaskan kembali mungkin tidak hanya menghilangkan manfaat jantung dari minyak sawit segar, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung seperti aterosklerosis. Jika Anda berisiko terkena penyakit jantung, hindari makan minyak sawit yang dipanaskan ulang atau makanan yang mengandung minyak sawit yang dipanaskan kembali.

3. Lemak Jenuh

Dibandingkan dengan minyak cair lainnya, minyak sawit relatif tinggi lemak jenuhnya. Minyak sawit mengandung sekitar 34% lemak jenuh, sedangkan minyak zaitun kurang dari setengahnya. Lemak jenuh dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan kronis.

Meski begitu, semua bergantung pada penggunaan, tentu saja mengkonsumsi segala sesuatu secara berlebihan bukan merupakan tindakan yang bijaksana. Jangan lupa pula untuk berkonsultasai dengan dokter Anda.

Harga Minyak Goreng

Indonesia telah dihadapkan dengan ironi selama beberapa minggu ini dengan mahalnya harga minyak goreng. Banyak beredar di media sosial masyarakat mengantri panjang untuk mendapatkan minyak goreng karena banyak tempat baik di pasar maupun di supermarket sudah tidak memiliki stok. Indonesia, produsen minyak sawit mentah terbesar, telah memutuskan untuk menahan ekspor minyak sawitnya selama enam bulan ke depan dalam sebuah langkah yang dirancang untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng.

Sejak November 2021, minyak goreng mengalami kenaikan harga hingga Rp24.000 per liter untuk minyak goreng kemasan bermerek. Sedangkan harga minyak goreng curah per liter hari ini bisa mencapai Rp 17.250. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan minyak goreng, tersedia berbagai suplier minyak goreng baik kemasan bermerek ataupun curah dari beberapa daerah dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin.

(03/22), blog indonetwork 


Author

%d bloggers like this: