Indonetwork . Peralatan Industri – Dalam memilih ban forklift kita harus teliti, karena bagian ini sangat penting dan berkaitan langsung dengan permukaan tanah dan mempengaruhi seperti apakah forklift akan bergerak. Dan forklift pun memiliki jenis-jenis yang berbeda dan membutuhkan ban yang berbeda, contohnya pada forklift yang digunakan pada lantai berbeda dan bannya dengan forklift yang digunakan di outdoor (tanah), atau pun aspal.

Dewasa ini sudah banyak jenis ban forklift yang sudah di produksi secara masal, bahkan di jual secara bebas. Oleh sebab itu, kita harus lebih teliti dalam memilih jenis ban forklift. Jangan sampai kita salah membeli ban yang harusnya digunakan di permukaan tanah malah digunakan pada lantai halus atau berpasir.

Jenis Pilihan Ban Forklift

Saat ini ada 3 jenis ban yang diperuntukan bagi forklift, apa saja kah itu? Berikut Jenis-Jenis Ban Forklift:

Pneumatic Tire

Ban dengan jenis seperti ini adalah ban dengan pilihan tepat apabila di gunakan pada permukaan yang tidak rata atau kasar dan luar ruangan. Ban jenis ini sangat persis dengan ban alat berat seperti beku, dump truck dan lainnya, ban jenis ini berisi udara, dan memiliki bunga (pola) dengan lebar yang dalam, serta menggunakan karet yang sangat solid.

Solid Tire

Solid tire sendiri berbahan karet persis dengan pneumatic tire, namun yang menjadi pembedanya adalah pada ban ini tidak di isi udara. Seperti ban pneumatic, ban ini menggunakan karet yang sangat keras dan padat, dengan kelenturan yang sangat baik. Dan ban ini menyelubungi seluruh velg ring (Whells), kelebihan dari ban jenis ini adalah keawetannya yang sangat tahan lama, pada pemakaian ban ini diperuntukan bagi forklift yang beroperasi pada permukaan kasar yang ada di luar ruangan.

Baca juga: 3+ Jenis Forklift Elektric untuk Kelancaran Berbisnis

Tetapi tidak bisa digunakan untuk mengankut beban yang berlebih, karena jika ingin mengangkut beban yang berlebih baiknya menggunakan ban berjenis pneumatic.erer

Polyurethane Tire

Pada jenis ban ini kebanyakan dipakai pada jenis forklift elektrik (Listrik), lalu ban ini pun hanya digunakan pada ruangan dalam, karena permikaannya yang halus dan memiliki bobot yang ringan.

Pada dewasa ini forklift sudah di design menggunakan ban yang khusus dan sesuai dengan fungsinya, Anda tidak boleh mengganti ban sembarangan dengan ban yang tidak sesuai karena akan merugikan Anda sendiri. Jadi jika tidak sesuai efek yang di timbulkan, untuk pemilihan ban ini anda di sarankan untuk berkonsultasi kepada ahli ban forklift.

BAN_FORKLIFT

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara memilih ban forklift dan jenisnya, mudah-mudahan pada artikel kali ini, teman-teman mendapat informasi yang bermanfaat.

  • Penulis: Iqbal
  • Editor: Agus N