Jakarta -Program Pahlawan Digital UMKM yang diinisiasi Putri Tanjung berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi UKM (Kemenkop UKM) kini telah memasuki tahap 20 besar.

Dalam sesi pre-pitching, para juri telah memutuskan 20 inovator digital yang lolos ke tahap berikutnya.

Kriteria penilaian dewan juri antara lain terkait visi dan misi, model bisnis, kerja sama tim, kualifikasi founders, kesinambungan, dan pencapaian masing-masing inovator dalam membantu digitalisasi UMKM selama ini.

Head of Investments Telkomsel Mitra Inovasi selaku juri Nazier Ariffin mengaku kagum serta mengapresiasi kiprah dan semangat para inovator dalam membantu digitalisasi UMKM. Diakui tim juri, cukup kesulitan menyaring 20 besar dari 30 tim peserta.

“Baik yang lolos atau belum, yakinlah bahwa kalian telah mengambil peran yang akan memulai fase berikutnya dari transformasi UMKM Indonesia. Melihat semangat dan aksi dari seluruh inovator, saya tambah optimistis Indonesia bisa mengubah bonus demografi menjadi dividen demografi. Mengubah potensi menjadi realisasi,” ujar Nazier melalui keterangan resmi, Jumat (16/10).

Tahap Pitching

Selanjutnya, 20 inovator yang berhasil lolos akan kembali mengikuti tahap pitching dengan dewan juri antara lain, penggagas Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung, Staf Khusus Menteri Koperasi UKM Fiki Satari, Aldo Rambie dari Facebook, dan beberapa professional lain di bidang teknologi digital.

Nantinya akan disaring 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah dan penghargaan. Selain itu, mereka juga akan menjadi mitra strategis Kementerian Koperasi dan UKM untuk melakukan digitalisasi UMKM.

Sebagai informasi, inovator yang lolos 20 Besar Pahlawan Digital UMKM 2020 adalah Auto Pilot Store, Ayowebs, Bonsay, Belanjaikan.com, Boleh.id, Booble.id, Chatbiz, Credibook, Femalepreneur, dan Finata

Kemudian Doit BMI, Kopral, Krealogi, Kururio, Lowcost Indonesia, Mantab, Optima UKM, Plaza Dayeuhluhur, Restoku dan Soodu.id.

Mereka para inovator teknologi digital yang fokus membantu UMKM mulai dari market place, pelatihan dan pemberdayaan, penyedia jasa manajemen keuangan, sampai jasa perangkat lunak.

Infomasi tentang Pahlawan Digital UMKM ini bisa diikuti di akun Instagram @pahlawandigitalumkm, @kemenkopukm, dan @putri_tanjung.

Sumber Berita : CNN

Sumber Foto : CNN

Author

Enable Notifications OK No thanks