Indonetwork.co.id (Surabaya) – Geliat sektor bisnis di Indonesia yang semakin bergairah dan tingginya minat pelaku bisnis untuk melakukan import dan eksport menjadi peluang yang menggiurkan buat pemilik usaha satu ini.

Pasalnya, usaha miliknya bukan hanya menawarkan jasa import dan eksport barang biasa. Layanan Usahanya diperkuat oleh banyaknya jaringan internasional yang dimiliki dan terintegrasi dengan baik untuk membantu pelaku bisnis import dan eksport. Sehingga pelaku bisnis import dapat dibantu proses pengirimannya mulai dari negara asal sampai dengan barang tiba di kota tujuan di seluruh Indonesia begitu juga sebaliknya untuk proses eksport.

“Jaringan jasa import dan eksport yang telah kami bangun berada diberbagai negara termasuk Malaysia, Singapura, China, Taiwan, Korea, Jepang, Amerika, Afrika hingga Eropa,” ungkap A Husni Hakim, Owner Halto Sarana Hutama (HSH).

“Sejak didirikan pertama kali tahun 2013 dengan nama awal Indonesia Global Trade dan kemudian berganti nama tahun 2014 menjadi Halto Sarana Hutama (HSH), perusahaan ini konsisten memposisikan diri sebagai spesialis penyedia jasa import dan eksport di Indonesia,” kupas

“Kami tak hanya memiliki jaringan internasional tapi juga mempunyai jaringan domestik yang melayani secara konprehensif mulai dari pergudangan, quality & Quantity control, kepabeanan, transportasi pembawa muatan dan segala kebutuhan customer, baik itu sebagai eksportir ataupun importir,” ucapnya.

Menurut Husni, Spesifikasi Barang yang dapat import sangat banyak dan bervariasi meliputi import barang umum, import alat kesehatan (alkes), import mesin, import alat berat, import sparepart, import bahan kimia, dan lain-lain. Sedangkan jenis barang yang dapat di ekspor juga bervariasi diantaranya ekspor furniture, ekspor hasil pertanian dan perkebunan, ekspor kerajinan, dan ekspor makanan jadi.

Lebih lanjut Husni menjelaskan, hal yang menjadi pembeda perusahaannya dengan perusahaan sejenis adalah dalam hal pelayanan kepada customer.

Utamakan Pelayanan
“Pelayanan kami ramah, dan terbuka terhadap customer, tidak ada yang disembunyikan baik itu dalam tahapan-tahapan prosedur ekspor dan import, juga dalam biaya disampaikan dari awal sesuai proses yang dilalui. Sehingga customer teredukasi dengan baik mengenai prosedur yang dijalankan. Selain itu tidak ada biaya tambahan yang disembunyikan dan tiba-tiba ditagihkan di akhir” tegasnya.

Adapun rincian biaya jasa yang harus dibayar oleh calon eksportir dan importir biasanya menyesuaikan dengan jenis dan quantity barang yang akan diimport atau di ekspor oleh customer. Juga moda pengiriman yang akan digunakan. Moda pengiriman yang dimiliki HSH antara lain melalui jalur udara (by air), melalui jalur laut (by sea). Jalur laut terbagi menjadi dua, jalur Full Container Load (FCL), atau Less Container Load (LCL).

Selain itu ada juga mode jasa pengiriman yang praktis yaitu jasa import door to door. Dimana jenis jasa pengiriman ini cocok untuk mengimport barang dalam jumlah tidak banyak atau sedikit. Kelebihan import door to door oleh HSH adalah: Ongkos kirim lebih jelas dan murah karena HSH memberikan harga kirim All In per kg atau per cbm yang sudah termasuk pajak import.

Pajak import yang dikenakan pun akan lebih murah daripada jika Anda mengimport secara pribadi melalui ekspedisi express umumnya. Hal itu dimungkinkan karena HSH memiliki ijin import sehingga dikenakan pajak import yang lebih rendah daripada importir atas nama perorangan.

“Pihak customer service kami akan membantu Anda untuk memilih jenis jasa yang paling cocok dan efisien untuk customer. Dengan demikian arahan yang kami berikan bisa jadi acuan untuk bisnis mereka kedepan,” urainya.

Kekuatan Bisnis
Menurut Husni, untuk bisa membangun kepercayaan, kekuatan bisnis yang selalu dipegang teguh adalah kejujuran, dan integritas. Proses import HSH selalu melewati prosedur ekspor yang berlaku di negara asal dan proses import yang berlaku di Indonesia sehingga Anda tidak perlu kuatir lagi mengenai kepastian barang sampai dengan aman ke tangan Anda secara legal.

Lebih lanjut Husni mengatakan, untuk bisa bertahan hingga saat ini, selain pelayanan dan kepercayaan pihaknya senantiasa menanamkan ketulusan kepada karyawannya, melayani dengan ikhlas dan selalu memberi nilai tambah. Dirinya juga kerap mengedukasi customer untuk memahami proses yang sedang dikerjakan. Edukasi tersebut diberikan secara gratis, bukan berbentuk seminar ataupun harus mendaftar sebagai member berbayar. Strategi tersebut nyatanya tidak dimiliki perusahaan lain.

Dengan metode seperti itu, tak heran jika pangsa pasar jasa yang ditawarkan telah diterima dengan baik di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan.

“Meski hanya hadir di kota Surabaya dan belum membuka cabang di kota lain. Namun, jasa yang kami tawarkan mampu menjangkau dan melayani proses eksport dan import ke seluruh Indonesia,” pungkas Husni.

“Untuk bisa tetap eksis menjalankan bidang usaha ini, strateginya hanyalah dengan mengusahakan yang terbaik dalam melayani customer dan bertawakal kepada Allah,” ucapnya tersenyum.

Husni berharap, hadirnya bisnis ini di Surabaya tentunya akan sangat membantu pelaku usaha yang tidak mempunyai keahlian khusus dalam mengurus proses eksport dan import.

Dengan demikian katanya, HSH akan memberikan solusi yang murah dan efisien dari segi biaya maupun waktu.

Husni bercerita, media online punya peran penting membangun strategi bisnisnya itu. Bahkan untuk memperluas jaringan usaha tersebut, pihaknya menerapkan digital marketing untuk meningkatkan kepercayaan pengguna jasa HSH.

“Untuk bisa mudah ditemukan di mesin pencarian Google, kami sangat fokus membangun usaha ini dengan menjaga kepercayaan customer agar track record dan testimoni mengenai HSH di media online senantiasa baik. Selain itu HSH juga melakukan promosi secara online. Jangan heran kalau website HSH.CO.ID menjadi nomor satu di Google,” ucapnya tersenyum.