Indonetwork, ElektronikSederhananya, cara freeze proyektor kurang lebih sama seperti Anda menjeda sebuah film atau tayangan yang sedang diputar.

Akan tetapi, membekukan layar proyektor lebih mudah untuk dilakukan. Cara termudah untuk membekukan layar proyektor adalah dengan menggunakan remote control. Namun, Anda juga bisa menggunakan cara lain yang dikontrol melalui pengaturan komputer atau dengan menekan papan keyboard.

Pada dasarnya, membekukan proyektor biasanya dilakukan ketika Anda ingin membuka sebuah file atau bagian komputer lainnya saat sedang menonton sebuah film atau tayangan lainnya.

Tentunya Anda tidak ingin mengganggu orang-orang yang sedang menonton tayangan film pada layar proyektor hanya karena Anda ingin membuka sebuah file, kan? Maka dari itu, di sinilah fitur freeze proyektor difungsikan.
Dengan menggunakan fitur freeze, Anda masih dapat membuka bagian file lain dari laptop ketika proyektor menampilkan film.

Simak artikel berikut untuk mendapat panduan cara freeze proyektor anti ribet untuk laptop dengan sistem operasi Windows maupun Mac.

Cara Freeze Proyektor Melalui Remote Proyektor

proyektor presentasi
Sumber: Unsplash

Setiap proyektor selalu dilengkapi dengan remote control yang memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan dan mengatur tampilan layar proyektor. Mulai dari mengatur ukuran layar, rasio, ketajaman warna, hingga membekukan layar.

Cara untuk membekukan layar proyektor menggunakan remote control adalah dengan menekan tombol “Freeze”. Beberapa merek proyektor, memiliki tombol “Freeze” yang bisa langsung ditekan tanpa mengkombinasikan beberapa tombol.

Akan tetapi, beberapa merek lainnya biasanya perlu mengkombinasikan dua tombol untuk membekukan layar. Anda bisa melihat buku panduan yang ada untuk mengetahui kombinasi tombol tersebut agar bisa membekukan layar.

Baca juga: Menghubungkan HP ke Proyektor dengan Kabel Data

Cara Freeze Proyektor di OS Mac

Mac OS
Sumber: Unsplash

Untuk membekukan layar proyektor dari laptop dengan sistem operasi Mac, Anda bisa melakukannya melalui layar atau melalui pintasan keyboard.

1. Melalui Layar

Berikut cara membekukan layar proyektor di laptop dengan sistem operasi Mac yang dikontrol melalui layar.

  1. Klik ikon Apple pada bagian pojok kiri atas
  2. Buka “Sistem preferences”
  3. Klik “Display”
  4. Pilih “Arrangement”
  5. Klik kotak “Extended Mode for Secondary Displays”
  6. Hapus centang pada kotak “Mirror Display”

2. Melalui Pintasan Keyboard

Apabila Anda ingin membekukan layar melalui pintasan keyboard, Anda bisa menekan tombol “Command” + “F1” secara bersamaan.

Setelah itu, layar proyektor akan beralih dari Display Mirror ke Extend Display. Mode ini memungkinkan pengguna untuk memperluas layar di laptop dan penonton layar proyektor tidak akan terganggu dengan aktivitas Anda pada laptop.

Cara Freeze Proyektor di OS Windows

Windows OS
Sumber: Nafila

Tidak jauh berbeda dengan laptop yang menggunakan sistem operasi Mac, cara membekukan layar proyektor dari laptop dengan sistem operasi Windows adalah dengan mengubah ke mode Extend Display.

Secara teknis, mode Extend Display tidak membekukan layar. Akan tetapi, mode tersebut hanya memperluas layar, sehingga memungkinkan penonton layar proyektor tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan pada layar laptop.

Layar laptop Anda akan dibagi menjadi dua bagian, satu memproyeksikan film atau tayangan slide, sedangkan sisi lainnya dapat Anda gunakan untuk hal lainnya.

Berikut langkah-langkah membekukan layar proyektor dari laptop dengan sistem operasi Windows.

  1. Tekan tombol “Windows” + “P” untuk membuka menu proyektor
  2. Pilih mode “Extend” untuk memperluas layar

Baca juga: Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel HDMI

Fitur-Fitur Proyektor

cara freeze proyektor
Sumber: Pinterest

Setiap proyektor memiliki sejumlah fitur yang bisa membantu menyesuaikan tampilan layar proyektor Anda. Fitur-fitur tersebut secara mudah dapat diatur dan disesuaikan oleh pengguna melalui remote control. Berikut beberapa fitur yang dapat ditemukan di proyektor.

Kontras

Kontras dalam tampilan video dinyatakan dalam rasio. Istilah ini mengacu pada perbedaan antara hitam untuk yang paling gelap dan putih untuk yang paling terang. Umumnya, disesuaikan dengan cahaya tempat di mana layar proyektor didirikan.

Pembesar Lensa

Selain itu, proyektor juga dilengkapi dengan fitur lensa zoom yang memungkinkan pengguna melonggarkan tampilan ke depan dan ke belakang saat memposisikan proyektor.

Pergeseran Lensa

Setiap proyektor dilengkapi dengan pergeseran lensa vertikal dan horizontal. Fitur ini memungkinkan pengguna menggerakkan lensa ke atas atau ke bawah dan ke kiri atau ke kanan setelah dipasang.

Fitur pergeseran lensa ini dirancang untuk membantu menyelaraskan gambar proyektor di layar agar bisa ditampilkan secara sempurna dan pas. Proyektor juga dilengkapi dengan kaki yang bisa diatur tinggi dan rendahnya oleh pengguna.

Kecerahan Cahaya

Umumnya, kecerahan cahaya pada layar proyektor berada dalam kisaran 1.000 hingga 2.500 lumens yang diaplikasikan pada layar proyektor berukuran 100 hingga 140 inci atau lebih.

Resolusi

Sebagian besar proyektor menghasilkan jumlah piksel yang sama. Beberapa proyektor 4K bahkan dirancang untuk digunakan di home theater. Dengan menggunakan proyektor 4K, memungkinkan Anda menggunakan layar yang lebih besar, karena pikselnya sendiri akan jauh lebih kecil.

Baca juga: Cara Menyambungkan TV ke Proyektor dengan Mudah

Itulah cara freeze proyektor yang bisa dikontol melalui remote maupun laptop. Jika Anda berencana untuk membeli proyektor, Anda bisa mendapatkannya di PT. Trikomindo Kharis Utama. PT. Trikomindo Kharis Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, mereka menyediakan berbagai barang-barang elektronik mulai dari proyektor CCTV, Camera, Network Peripheral, fingerprint, gadget, dan berbagai barang elektronik lainnya.

PT. Trikomindo Kharis Utama menyediakan produk-produk elektronik berbagai merk seperti Acer, Sony, HP, Dell, Fujitsu, Canon, Epson, Samsung, dan merek-merek lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website yang tersedia untuk mendapatkan proyektor Anda.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: