Indonetwork,  Elektronik – Pemasangan HEPA Filter di Indonesia sendiri sudah tergolong banyak dilakukan oleh berbagai sektor demi menjaga kesehatan dan keamanan dalam berinteraksi di ruang terbuka. Produk ini harusnya  digunakan selama 24 jam secara terus menerus untuk mencegah alergi dan penyakit asma yang kambuh. Biasanya HEPA dipasang pada air purifier atau bisa juga digunakan secara terpisah pada bagian langit-langit bangunan atau tembok supaya penyaringan udara dapat bekerja secara menyeluruh. 

Supaya Anda tidak mengalami kerugian, sebaiknya sebelum memiliki alat ini, sebaiknya cari tahu lebih dalam mengenai informasi jenis dan cara perawatannya supaya penggunaanya lebih efisien dan tahan lama. Simak terus artikel dibawah ini ya!

Apa Itu Hepa FiIter?

HEPA Filter adalah alat penyaring udara mekanis yang bekerja dengan menjebak partikel udara berbahaya melalui penyaring halus. HEPA senditri merupakan kepanjangan dari High-Efficiency Particulate Absorbing atau penyerap udara partikulat berefisiensi tinggi. Secara teori, alat ini mampu menyaring hingga 99,97 persen debu, serbuk, jamur, bakteri, dan partikel udara berukuran 0,3 mikron. Filter ini bermanfaat untuk menyaring udara dan membersihkan permukaan dari debu dan partikel-partikel yang memicu alergi.

Pemasangan HEPA Filter sendiri biasanya ditemukan pada area kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, apotik, tempat vaksin, ruang tunggu pada fasilitas umum lainnya, ruang otomotif, penyajian makanan, pusat perbelanjaan bahkan pada area hunian. Alat ini cukup ramai digunakan beberapa tahun terakhir karena pemasangannya efektif dalam meminimalisir penyebaran Covid-19.

Jenis Hepa Filter

Terdapat 4 jenis HEPA Filter yang dapat Anda cari pada penyedia filter industri. Berikut jenis filter sebagai rujukan sebelum Anda membeli sesuai dengan kebutuhan, tentunya hal ini juga berdasarkan bentuknya yang  paling sering dicari oleh konsumen, yaitu:

1. Aseptic

Aseptic hepa filter

Aseptic merupakan jenis Filter yang dapat membunuh virus dan bakteri. Dikembangkan di Finlandia, filter ini mampu membunuh virus dan bakteri hingga 99,9% setelah dilakukan uji laboratorium.

Keunggulan dari produk ini secara instan mampu membunuh virus dan bakteri yang terperangkap dalam 5 menit bahkan proses produksinya menggunakan energi 40% lebih rendah, menjadikan filter HEPA lebih ramah lingkungan.

2. V-Bank

v bank hepa filter

Sesuai dengan namanya jenis HEPA filter ini memiliki bentuk V dengan kapasitas air flow yang lebih tinggi ketimbang jenis standard, hal ini dikarenakan media filter disusun dengan bentuk V sehingga memiliki luas permukaan yang lebih tinggi. Filter V-Bank memiliki permukaan 20x lebih luas ketimbang pocket filter.

Kelebihan dari jenis ini yaitu sistemnya menjamin bebas dari kebocoran udara dengan frame alumunium yang lebih tahan lama.

3. Mini Pleat

mini pleated HEPA filter

Jenis HEPA filter ini memiliki ketebalan di bawah HEPA standar. Umumnya ketebalan Mini Pleat berkisar antara 2,54-12,7 cm sehingga jenis ini memiliki bentuk paling ramping dan tidak memerlukan housing filter yang besar. Selain itu proses pemasangan atau instalasi mini pleat cenderung lebih mudah ketimbang HEPA berukuran standard karena beratnya lebih ringan. Biasanya jenis ini memiliki material Strong Aluminium Frame dengan ketebalan diatas rata-rata dan kekuatan lebih baik ketimbang galvanized frame.

4. Deep Pleat

Deep Pleat HEPA filter

Jenis filter ini merupakan yang paling umum digunakan pada industri karena memiliki efisiensi filtrasi yang baik dengan nilai ekonomis yang tinggi. Umumnya filter memiliki ketebalan 15-30 cm sehingga penggunaanya juga lebih tahan lama dan digunakan pada housing mesin AHU. Akan tetapi jenis filter Deep Pleat memiliki nilai harga dan performa paling tinggi dibanding jenis yang lain.

Cara Merawat HEPA Filter

Harga produk ini tidak tergolong mahal, akan tetapi akan lebih baik jika Anda mampu merawat produk yang sudah ada untuk meminimalisir budget yang tidak diperlukan. Pada umumnya secara metode pemasangan HEPA filter ada yang dipasang secara permanen atau dapat dibongkar pasang Anda harus melakukan pengontrolan kualitas filter udara secara berkala. Sebelum Anda membersihkan Alat ini sebaiknya persiapkan diri seperti gunakan masker dan peralatan pendukung lainnya.

Cara Merawat HEPA Filter
Sumber: Istockphoto

Berikut dibawah ini beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk merawat HEPA filter supaya lebih tahan lama, yaitu:

1. Lepas Filter

Lepas bagian filter pada kerangka alat, lalu bersihkan debu dan kotoran secara perlahan. Untuk jenis HEPA yang tidak boleh terkena air karena mampu merusak penyaring yang halus lebih baik melakukan pembersihan dengan vakum, sedangkan jika HEPA yang boleh terkena air pembersihan dilakukan secara perlahan. Nah, sebelum melepas filter, pertimbangkan untuk menutupi lantai dengan plastik atau lembaran lama supaya debu tidak menyebar.

2. Bersihkan pre-filter

Filter HEPA permanen biasanya dilengkapi pre-filter dan filter karbon aktif. Ini harus dilepas dan dibersihkan juga. Filter kawat halus harus dibersihkan dengan lembut dengan sikat berbulu halus. Anda juga dapat menggunakan spons basah untuk menyeka kedua sisi filter. Bila Anda mencuci pre-filter karbon, keringkan dengan handuk dan biarkan 24 jam hingga benar-benar kering.

3. Vakum Filter Hepa

Setelah pre-filter dibersihkan dan dikeringkan, Anda juga dapat memaksimalkannya dengan menggunakan vacuum cleaner. Gunakan sikat lembut saat membersihkan filter. Ini akan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh vakum. Vakum dengan gerakan horizontal dan teruskan hingga semua kotoran, serpihan dan kemungkinan debu halus hilang. Atur vakum ke hisap yang lebih kuat sehingga akan menghilangkan kotoran yang tertanam dalam.

4. Pasang Kembali

Setelah selesai saatnya untuk mengembalikan kelengkapan filter seperti semula. Pasang kembali filter dengan menempatkan HEPA filter terlebih dahulu, diikuti dengan karbon aktif dan terakhir pre-filter. Jika Anda masih bingung silahkan ikuti buku manual pemasangan.

Baca juga: 8 REKOMENDASI MERK HEPA FILTER MURAH

Penyedia HEPA Filter Berkualitas

Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai jenis dan tahapan pembersihan HEPA Filter. Percayakan untuk pembelian HEPA Filter industri di CV. Zulindo Jaya Mandiri. Perusahaan ini telah dipercaya menangani pemasangan filter, pembuatan ruang isolasi Covid-19 dan penjualan HEPA portable pada berbagai kebutuhan rumah sakit di Indonesia. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu oleh pelayanan CV. Zulindo Jaya Mandiri yang ramah dan dapatkan penawaran harga menarik!


Author

%d bloggers like this: