Indonetwork, Peralatan Industri – Pasti Anda pernah melihat penggunaan besi WF di berbagai lokasi rumah, proyek ataupun fasilitas umum. Besi WF atau yang sering disebut dengan “Wide Flange” adalah salah satu jenis besi yang sering digunakan sebagai rangka besi dari sebuah bangunan agar lebih kuat dan tahan lama. Toko material manapun pasti jual besi WF untuk kebutuhan proyek pembangunan kecil maupun besar.

Material Pembuatan Baja I WF

Mungkin bagi Anda yang baru mengenal dunia konstruksi dan ingin membangun sebuah properti, informasi dibawah ini sangat bermanfaat untuk mengetahui material dan manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna baja I WF.

Material Pembuatan Baja I WF

Material Pembuatan Baja
Sumber: pengelasan.com

Bahan untuk membuat I WF tentu saja dipilih dari baja pilihan yang kuat dan berkualitas, bahan yang berkualitas akan menentukan hasil proyek dan membuat pekerja maupun penghuninya lebih aman dan mengurangi risiko dalam menjalankan aktivitas.

Dalam melakukan proses produksi anda juga perlu ketahui bahwa semua ahli yang membuat baja telah di berikan dasar ilmu yang sesuai dengan keamanan pakai sehingga tentu saja setelah produk jadi pun dilakukan tes pada produk yang bisa memberikan sertifikasi pada barang yang anda pakai.

 Baja merupakan salah satu produk dari pengolahan industri besi dengan kandungan karbon mencapai 0,02 hingga 1,5 %. Penggunaan baja dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk produk paku, besi beton, kawat, dan masih banyak lagi sangat mudah ditemukan. Akan tetapi, masing-masing baja memiliki sifat yang berbeda, dipengaruhi oleh kandungan karbonnya.

Manfaat Baja I WF

Jenis baja I WF merupakan elemen yang populer dan sangat penting keberadaannya dalam dunia konstruksi. Setiap pembangunan pasti membutuhkan jenis besi ini sebagai penopang pondasi dan berbagai kebutuhan lainnya. Sehingga tidak heran setiap toko bangunan pasti jual baja i WF.

Perlu Anda ketahui bahwa baja I WF juga memiliki kualitas yang berbeda-beda sesuai standar SNI atau bukan. Berikut manfaat yang dapat Anda rasakan setelah menggunakan baja I WF, yaitu:

1. Memperkuat dan Memperkokoh Fondasi Bangunan

Biaya Pembuatan Gudang Dari Rangka Baja Terbaru - Biaya.Info
Sumber: biaya.info

Tahap pertama manfaat yang akan Anda rasakan yaitu, fondasi bengunan baik itu hunian pribadi dan bangunan umum akan terasa lebih kokoh. Sehingga sangat disarankan penggunaan besi wf dengan kualitas SNI digunakan untuk fasilitas umum karena tempat umum sendiri cenderung lebih sering dikunjungi dengan rutin oleh berbagai jenis orang.

Tentu untuk mencegah risiko kerusakan terjadi besi ini segera dilakukan pemasangan. Biasanya kom-ponen bangungan juga cenderung tidak mudah mengalami keretakan di bagian lantai dalam kurun waktu 10-20 tahun. 

2. Mampu Menahan Gaya Gravitasi Bangunan

Tentu tekstur tanah yang tidak rata akan menjadi perhatian khusu bagi kontraktor, karena hal ini dapat memperlambat kinerja para pekerja yang merasa kesulitan saat membangun gedung bertingkat atau bangunan yang lebih tinggi.

Jika Anda memiliki tekstur tanah yang tidak stabil sehingga akan membuat pondasi bangunan yang bergelombang, sebaiknya pemasangan baja I WF dilakukan untuk sistem perlindungan agar gaya gravitasi bangunan tetap terjaga.

3. Membuat Kanopi Terlihat Lebih Modern

Kanopi Konstruksi baja
Sumber: beritakawasan.id

Tidak jarang juga jenis baja ini digunakan sebagai penopang kanopi pada area teras kantor, perumahan maupun rumah pribadi agar pemakaiannya lebih kuat, besi ini juga dibalut dengan berbagai warna menarik dan tahan akan getaran gempa. Terdapat beberapa jenis kanopi yang cocok ditopang oleh jenis besi ini seperti bahan kaca, polycarbonate, alderon, ataupun spandex.

Kanopi sendiri memiliki tujuan untuk meminimalisir panas matahari maupun percikan air hujan. Penggunaan besi ini tentu akan membuat properti Anda semakin terlihat mewah, kokoh dan tahan lama, karena jenis besi in tidaklah mudah keropos dani pada dasarnya tidak mudah berkarat.

4. Pelengkap Tiang Pancang

Tiang Pancang Baja
Sumber: awrm.co.id

Selain digunakan sebagai pondasi bangunan di permukaan tanah, manfaat baja i wf juga dapat digunakan sebagai tiang pancang untuk kondisi tanah pembangunan yang berisiko tidak stabil. Pemasangan tiang pancang menggunakan baja i wf berfungsi untuk memperkuat bangunan sehingga terlihat lebih stabil dan tahan akan guncangan dan getaran yang berasal dari pengaruh eksternal.

5. Digunakan Untuk Membuat Jembatan

Konstruksi Baja Jembatan
Sumber: radarbromo.jawapos.com

Jika hendak membuat jembatan, besi  I Wide Flange tentu memiliki peran penting, pasalnya jenis besi ini termasuk memiliki kekuatan yang baik, dengan tekstur ringan namun memiliki kepadatan yang cukup kokoh. Sehingga penggunaanya cocok digunakan untuk material dasar atau pondasi pada pembangunan jembatan atau bangunan lainnya yang lebih mengaharuskan menahan beban tertentu.

6. Menjadikan Bangunan Lebih Kokoh dan Efisien

Tentu saja menggunakan baja  I WF sebagai kebutuhan konstruksi akan membuat bangunan Anda terlihat lebih kokoh dan efisien sehingga bangunan juga akan lebih bertahan lama karena komponen penyusunnya tetap elastis namun kuat.

Mungkin pada tahap awal pembangunan, Anda akan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk memperoleh besi  ini, namun  keuntungannya  dapat dirasakan secara berkeplanjutan seperti  lebih minimalnya jangka kerusakan yang harus direnovasi hal ini tentu akan meminimalisir budget Anda.

Baca juga: Spesifikasi Besi WF: Kelebihan, Ukuran, Harga Terbaru

Rekomendasi Jual Baja I WF

Setelah mengetahui informasi dan manfaat dari besi WF sebagaimana telah di sebutkan di atas, kini Anda tentu tidak ragu lagi bukan untuk  memilih penggunaan besi I WF untuk berbagai kebutuhan.

Jika diteliti lebih dalam, tentu penggunaan besi wide flange sebagai kebutuhan sehari-hari maupun kontraktor akan sangat banyak, sehingga wajar saja toko material yang jual baja i wf menyediakan berbagai tipe besi, ukuran dan  ketebalan sesuai dengan kebutuhan Anda. Penggunaan besi wide flange juga dapat menjadikan bangunan lebih efisien dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu ragu untuk berkunjung ke toko material yang jual baja I WF.

Rekomendasi dari kami yaitu CV. Dua Putra Petir pilihan distributor yang berkompeten di bidangnya, karena bukan saja menjual baja I WF tetapi aneka besi yang umum digunakan sebagai material konstruksi.

Author

Enable Notifications OK No thanks