Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Melihat perkembangan usaha F&B di Indonesia yang semakin meningkat, tidak jarang pemilik usaha menginginkan kebutuhan dapur yang lebih praktis dengan peralatan yang memadai.

Memiliki peralatan dapur sendiri merupakan langkah awal memulai bisnis kuliner, sehingga Anda perlu tahu material yang cukup memadai, beserta distributor peralatan dapur stainless yang cukup terpercaya di wilayah Anda.

Baca juga: 7 REKOMENDASI FREEZER BOX MURAH TERBARU

Keunggulan Peralatan dari Stainless

Bahan stainless steel atau yang biasa dikenal dengan baja anti karat merupakan bahan terbaik yang digunakan untuk peralatan dapur, biasanya jenis bahan ini digunakan oleh dapur profesional yang selalu menjaga kebersihan dan kekuatan produk peralatan dapur. Lalu apa saja keunggulan dari distributor peralatan dapur stainless yang paling umum dibanggakan oleh penggunanya?

1. Tahan Lama

Sudah umum diketahui, bahwa peralatan dapur yang paling awet dan tahan lama terbuat dari bahan stainless. stainless ini terbuat dari kromium dan nikel. Permukaan stainless steel juga tak mudah meninggalkan bekas sidik jari atau goresan, sehingga permukaannya akan tetap mengkilap meskipun sudah lama digunakan. Bahkan, permukaan stainless steel juga relatif lebih tahan terhadap api dan tidak mudah meninggalkan hangus.

2. Mudah Dibersihkan

Bahan stainless steel merupakan bahan yang paling mudah untuk dibersihkan, karena tidak menyerap kotoran atau sisa – sisa makanan. Bahan ini memiliki tekstur yang rata dan licin tanpa pori-pori atau lubang. Anda tidak perlu menggosok peralatan talalu keras, karena pada umumnya noda tidak akan menyerap pada permukaan dan noda pun akan cepat hilang jika Anda langsung membersihkannya.

3. Bahan Sangat Kuat

Bahan ini biasanya terbuat dari logam yang sangat kuat sehingga barang tidak mudah patah atau penyok ketika terjadi benturan ataupun jatuh. Selain itu keunggulan lainnya juga permukaan stainless steel yang tidak akan mudah luntur atau memudar dan terhadap karat serta noda, sehingga kilau dan kilapnya tetap terjaga

4. Mencegah Oksidasi

Bahan stainless steel mempunyai 16 sampai 24% kromium dan 35 nikel. Bahan kromium tersebut dapat mencegah adanya oksidasi pada peralatan dapur serta bahan nikel berfungsi untuk mencegah adanya korosi sehingga peralatan dapur dapat tahan terhadap karat dan lembab. Selain itu sifat isolator yang dimiliki bahan stainless, membuatnya tidak mudah menempel dengan bahan lain sehingga tidak menimbulkan kerak atau kotoran lainnya.

5. Biaya Perawatan Murah

Peralatan dapur dari bahan stainless mempunyai biaya perawatan yang murah. Karena stainless mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan korosi atau karat. Proses pembersihannya juga tidak membutuhkan tenaga profesional, Anda hanya memerlukan kain dan detergen pembersih untung menghilangkan noda-noda kecil yang menempel pada permukaan.

6. Bahan Berkualitas Baik

Hampir semua orang mengetahui bahan dapur yang terbuat dari stainless memiliki ketahanan yang baik sehingga memberikan efisiensi sekaligus menjamin hasil yang baik, walaupun harganya relatif lebih mahal dibandingkan material pembentuk dapur lainnya. Jika Anda membeli peralatan dengan kualitas rendah maka penggunaannya seringkali terdapat banyak keausan atau karat, sehingga membuat tampilan peralatan dapur menjadi jelek dan tidak tahan lama.

7. Terlihat Menarik dari Segi Tampilan

Peralatan dari bahan stainless steel dengan warna silver dapat menyatu dengan tipe atau tema desain dan dekorasi ruangan apapun. Permukaan yang licin serta mengkilap khas logam memungkinkan peralatan berbahan stainless steel ini terlihat mewah dan berkelas, sehingga dapur Anda akan terlihat menarik dari segi tampilan. 

Distributor Alat Dapur Terbaik BMS
Sumber: Istockphoto

Cara Membersihkan Alat Dapur Agar Mengkilap

Sebagai tempat untuk memasak makanan, dapur menjadi salah satu bagian rumah yang sangat penting untuk selalu dijaga kebersihannya. Jika peralatan dapur Anda tidak bersih, tentu bakteri akan semakin berkembang pada peralatan dan mengganggu kesehatan keluarga Anda.

Lantas seperti apa cara membersihkan dan merawat peralatan dapur stainless? 

1. Puncucian Umum

Kegiatan ini sangat mudah dan dapat Anda lakukan setiap selesai melakukan pekerjaan di dapur. Anda hanya perlu menggosok secara perlahan area yang lebih sering kotor menggunakan air sabun dan kain yang lembut. Usahakan proses penyabunan permukaan stainless steel tidak terlalu lama untuk menjaga tiap lapisan produk.

2. Gunakan pembersih non-abrasif

Hindari penggunaan sabut kawat atau produk yang dapat menggores permukaan peralatan, meskipun mungkin lebih cepat dalam menghilangkan sisa makanan yang menempel, penggunaanya dapat membuat peralatan terlihat lebih kusam. Sebagai alternatif, pilihlah sabut berbahan nilon atau plastik. Selain itu, hindari penggunaan pemutih klorin karena dapat merusak material stainless steel.

3. Noda Gosong

Untuk menghilangkan noda gosong pada peralatan memasak yang relatif sulit, Anda dapat mengisi wajan dengan air sabun hangat dan biarkan selama sekitar satu jam. Kemudian, taruh kembali wajan gosong tersebut di atas kompor dan rebus air sabunnya selama 10-15 menit. Biarkan air dingin, lalu gosok wajan menggunakan sabut berbahan nilon.

4. Noda Bekas Air

Mungkin Anda suka melihat kerak noda seperti air menggenang berwarna putih pada kompor ataupun wastafel, hal ini dikarenakan air yang digunakan memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Untuk menghilangkannya, Anda dapat mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:3 dan menggosoknya pada area yang bernoda, setelah itu bilas dengan air sabun dan gosok area permukaan sampai bersih.

5. Jaga Tetap Kinclong

Untuk menjaga atau mengembalikan kilaunya seperti baru, cobalah membasahi permukaan peralatan dapur dengan taburan sedikit soda kue. Kemudian, gosok perlahan menggunakan spons lembut berbahan sintetis, bilas hingga bersih. Jika ada goresan kecil, Anda bisa membersihkannya dengan campuran pembersih non-abrasif dan air yang bertekstur pasta.

Walaupun bahan stainless terbilang kuat dan tidak ada permukaan untuk menyimpan noda, akan tetapi bukan berarti peralatan ini tak bisa rusak atau ternoda. Anda juga harus rutin membersihkan peralatan dapur agar kondisinya tetap baik dan tampak kinclong.

Distributor Alat Dapur Terbaik BMS

Jika Anda ingin memulai usaha dibidang kuliner dan membutuhkan alat dapur pendukung yang memadai, maka BMS sebagai distributor peralatan dapur stainless terbaik mampu membantu penyediaan kulkas, kompor, troli makanan, alat penghisap hingga wastafel cuci dengan desain yang elegan dan harga yang ekonomis. 

Anda cukup mengunjungi website Bersama Maju Selaras untuk mendapatkan penawaran harga yang menarik dan menyesuaikan budget bisnis.


Author

%d bloggers like this: