Indonetwork, Bahan Bangunan – Setiap konstruksi bangunan pasti membutuhkan besi beton, material ini merupakan rangka utama atau pondasi penyusun struktur bangunan, baik bangunan sederhana maupun bertingkat. 

Besi beton atau nama lainnya baja tulangan, pada umumnya anda mengira bahwa besi beton merupakan material yang kokoh dan tahan lama. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa kualitas besi beton tidak semuanya kokoh dan sesuai dengan standar SNI, karena terdapat besi banci dengan ketahanan yang lebih rapuh karena dimensinya yang tidak sesuai standar namun menawarkan harga yang lebih murah.

Supaya anda tidak tertipu oleh kualitas besi di toko material terdekat berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan sebelum memilih besi beton SNI.

Cara Memilih Besi Beton Kualitas SNI

"Cara

Pada umumnya, semakin lebar dimensi struktur beton, maka semakin banyak pula besi beton yang diperlukan.  Sehingga untuk melengkapi fondasi properti anda agar kokoh carilah besi beton dengan kualitas SNI. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda pertimbangkan sebelum membeli produk:

1. Mengenali Karakteristik Jenis Besi Beton

Besi beton yang bagus memiliki tingkat kekerasan yang baik, hal ini dapat diuji coba dengan alat hardness tester. Perlu diketahui bahwa besi beton memiliki dua jenis yang berbeda yaitu besi polos dan besi ulir, umumnya jenis ulir digunakan sebagai pembungkus dari besi beton polos untuk membuat pondasi tiang sehingga bahan bangunan ini dapat digunakan bersamaan. Kedua jenis besi ini memiliki patokan ukuran yang sudah distandarisasi dan besi ini dapat dengan mudah anda temukan di toko material.

2. Pilih Ukuran Besi Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli produk ini pastikan kamu telah mengukur pondasi dan menghitung banyaknya kebutuhan, agar pengeluaran biaya dapat diperkirakan. Pada produksi beton terdapat batas toleransi, maksud dari istilah ini yaitu batas perbedaan atau selisih ukuran dari marking yang menjadi ketetapan. Artinya, toleransi ukuran panjang baja tulangan tidak boleh melebihi 7 cm. Sehingga jika besi ini memiliki panjang 12 meter, maka minimum panjang besi beton tersebut haruslah 11.93 meter untuk bisa dikategorikan sebagai besi SNI.

3. Cek Kondisi Besi Beton

Setelah anda memilih besarnya dimensi besi, tahap selanjutnya perhatikan bentuk fisik dari besi tersebut. Pilihlah besi yang bersih dan tidak berkarat, karena besi beton yang mengalami korosi hingga ke bagian dalam, kekuatannya akan berkurang dan dapat membahayakan pengguna bangunan. Pastikan merk, beserta tanggal produksi dan nomor SNI dapat terlihat  jelas pada ukiran permukaan besi beton

Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah. Bijaklah dalam memilih besi beton, sebab nantinya material akan berpengaruh besar pada kekuatan konstruksi bangunan. Jika  bangunan anda berisiko roboh maka bukan saja merugikan keselamatan tapi kualitas bangunan menjadi tidak efektif.

Baca juga: Cara Memilih Besi Beton Berkualitas SNI

Merk Besi Beton SNI di Indonesia

1. Beton HIJ 

Besi Beton HIJ
Sumber: surapathi.com

Produk dari Hanil Jaya Steel ini telah berdiri sejak tahun 1975, dan menyediakan besi beton yang telah memenuhi standar SNI dengan jenis polos maupun yang ulir. Produk ini berasal dari Indonesia dan tidak melakukan ekspor karena hanya menjual produknya dalam negeri.

2. Beton Perwira

Besi Beton Perwira
Sumber: perwirasteel.id

Merk ini juga termasuk kedalam jajaran besi beton dengan kualitas SNI, besi ini memiliki toleransi ukuran sekitar 0,2 – 0,3 cm dengan menawarkan harga yang lebih ekonomis. Biasanya merk ini digunakan oleh kontraktor untuk pembangunan jalan tol, jembatan, bangunan umum dll.

3. Besi Beton Delco Prima (DP)

Besi Beton DP
Sumber: delcoprima.com

Besi ini di produksi oleh Delcoprima Steelmils berdiri sejak tahun 1997 dan telah memiliki sertifikat SNI untuk penjualan jenis ulir maupun polos. Delcoprima menawarkan harga yang lebih kompetitif dengan produk yang ramah lingkungan dan nilai toleransi besi beton sebanyak 0,2mm. Produk ini merupakan baja yang dirancang khusus untuk kegiatan konstruksi sesuai dengan SNI baja tulangan beton 07-2052-2002

4. Beton Master Steel (MS)

Besi beton Master Steel

The Master Steel Mfc berdiri sejak tahun 1972, besi beton ini memiliki toleransi ukuran 0,2 mm dan telah mendapatkan sertifikasi ISO dengan kapasitas produksi yang besar. Produk dari MS ideal untuk diaplikasikan pada Pump Shafts, Cold Drawing, Scaffolding serta Fastener.

Bahkan, produk buatan Master Steel kualitasnya sudah diakui oleh pasar internasional seperti Singapura, Vietnam dan Hongkong. Namun harga yang ditawarkan untuk jenis besi ini mungkin kurang bersahabat dengan budget anda.

5. Beton Interworld Steel (IS)

Besi Beton IS
Sumber: merkbagus.id

Produk dengan merk Interworld Steel telah memiliki sertifikat SNI untuk rangkaian produk besi beton ulir maupun polos. Sama seperti merk lain besi ini juga memiliki tingkat toleransi sebanyak 0,2 mm pada setiap produknya.

Baca juga: Keunggulan Besi Beton SNI Untuk Konstruksi Bangunan

6. Beton Cakratunggal Steel

Besi beton Cakratunggal Steel menawarkan pilihan yang cukup beragam seperti pilihan besi beton ulir dan besi beton polos dengan kualitas SNI. Memiliki dimensi yang seragam dengan ketahanan yang bagus sehingga mudah diterapkan dalam berbagai konstruksi. Produk ini dapat anda gunakan sebagai penahan pondasi untuk jembatan bendungan, flyover serta struktur kritis yang lainnya

7. Beton Krakatau Steel (KS)

Krakatau Steel
Sumber: krakatausteel.com

Krakatau Steel merupakan produsen besi beton yang besar dan memiliki banyak prestasi. Produk ini berkomitmen menghadirkan produk yang berkualitas bagus dan tentunya telah berstandar SNI. Jenis besi Krakatau Steel ini mempunyai nilai toleransi yang paling kecil, yakni 0,1 mm. Toleransi ini adalah toleransi yang paling rendah dibandingkan dengan merk lainnya.

Kualitas yang bermutu internasional membuat produk dari Krakatau Steel lebih mahal dibanding produk pesaingnya, sehingga anda harus berhati-hati sebelum membeli merk ini dan pastikan kualitas besi asli.

Itu dia cara memilih besi berkualitas dengan beberapa rekomendasi merk besi beton SNI yang paling umum di pasaran. Anda dapat membandingkan beberapa merk besi satu dengan lainnya agar menyesuaikan budget dan kebutuhan. Mungkin besi dengan kualitas SNI terkesan lebih mahal akan tetapi kualitas yang ditawarkan oleh produk ini sudah diuji ketahanannya oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional) sehingga aman untuk pekerja dan penghuninya kelak.

Bila saat ini anda sedang mencari perlengkapan alat bangunan dengan kualitas terbaik dan harga ekonomis tidak perlu risau, karena Dua Putra Petir akan mensuplai kebutuhan anda berupa berbagai macam jenis besi beton SNI.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks