Indonetwork – Peralatan Industri,  Tentu Anda pernah mendengar penggunaan genset baik sebagai solusi cepat dalam keluhan listrik yang mati tiba-tiba, baik untuk keperluan usaha maupun acara luar ruangan. Genset yang merupakan kepanjangan dari generator set berfungsi menghasilkan energi listrik, energi yang dihasilkan ini dapat digunakan sebagai pengganti energi listrik yang terputus, atau sebagai sumber listrik untuk area yang belum terdapat listrik.

Banyak dari masyarakat tentu membutuhkan alat ini dengan kapasitas penggunaan yang bervariasi. Tidak semua pelaku usaha juga mampu membeli jenis genset dengan kualitas baik, sehingga berikut di bawah ini mengenai informasi tips memilih genset bekas namun berkualitas khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Jenis Genset yang Paling Populer di Indonesia

Genset tersedia mulai dari kapasitas daya yang kecil 9 Kva hingga daya yang besar 2250 Kva, sehingga kebutuhan listrik dalam kantor, gedung perusahaan, mall, sekolah rumah sakit, ataupun fasilitas umum dapat tercukupi.  Terdapat beberapa jenis genset yang paling populer digunakan rumahan atau perusahaan sebagai penunjang energi listrik. Jenis genset bekas Jakarta yang dapat Anda pilih, antara lain:

1. Genset Bensin

Genset jenis ini menjadi favorit banyak pengguna karena menggunakan bahan bakar bensin yang mudah didapatkan. Biasanya daya yang dihasilkan rata-rata memiliki kapasitas sebesar 1000 watt.

2. Genset Portable

Penggunaan genset ini  dilakukan pada pelaku usaha yang sering berpindah tempat. Biasanya penggunaannya untuk acara di lapangan, atau di daerah terpencil. 

3. Genset Diesel

Bahan bakar solar digunakan sebagai daya utamanya dalam pengoperasian genset ini, penggunaan pun lebih tahan selama berjam-jam tanpa henti karena mesinnya lebih dingin. Genset diesel juga tidak memiliki busi sehingga tidak terjadi percikan api saat menghidupkannya dan lebih aman dari kebakaran.

4. Genset Bahan Gas

Jenis genset ini tentu menggunakan bahan bakar gas sebagai sumber tenaganya seperti  LPG, Flare Gas, dan Biogas yang berasal dari limba. Penggunaan sumber alternatif ini memiliki biaya lebih murah dibanding genset yang menggunakan bensin maupun diesel.

Jenis Genset Paling Populer di Indonesia
Sumber: Istockphoto

Tips Memilih Genset Bekas

Setiap pabrik atau perusahaan besar tentu memiliki genset untuk menunjang produksi barang yang harus dilakukan setiap hari. Tidak jarang perusahaan yang baru berdiri juga lebih tertarik untuk menggunakan genset bekas dibanding harus membeli produk baru, hal ini berguna untuk menekan biaya pengeluaran perlengkapan perusahaan.

Tentunya sebelum membeli genset bekas bekasi berkualitas khususnya di Jakarta, Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor untuk menghindari risiko yang mungkin saja terjadi. Nah, beberapa tips dibawah ini dapat menjadi acuan sebelum Anda membeli genset bekas, yaitu: 

1. Cari Tahu Terlebih Info Produk atau Brand

Jika anda memutuskan untuk menggunakan mesin bekas, sebaiknya cari tahu mengenai sejarah dan reputasi pembuat genset. Biasanya merk terpercaya seperti Caterpillar, Cummins, Detroit Diesel, Onan, Kohler, John Deere telah memiliki reputasi panjang yang baik dalam memproduksi produk. Sehingga produk lebih tahan uji, awet dan pencarian spare part pun mesin akan lebih mudah. Setelah Anda mengetahui detail produk maka buatlah list harga setiap produk yang sekiranya sesuai dengan budget Anda,

2. Riwayat Pemakaian Genset

Pencarian informasi ini mungkin terlihat lebih sulit. Anda disarankan untuk bertanya pada penjual mengenai lama waktu perusahaan sebelumnya menggunakan genset dan perawatan selama pemakaian genset. Hal ini berguna untuk memberi gambaran sebelum proses pemakaian dan Anda akan lebih mengerti apakah nantinya perlu melakukan perbaikan beberapa komponen atau tidak.

Genset  bekas yang hanya dipakai sebagai cadangan biasanya mendapatkan perawatan yang lebih baik dibandingkan generator yang dipakai secara terus menerus digunakan sebagai sumber tenaga utama. Hindari pembelian genset bekas yang telah digunakan selama 15 tahun, untuk menghindari risiko mesin yang sudah aus ataupun pencarian spare part yang sulit.

3. Tanya Mengenai Kinerja Genset

Proses ini dilakukan dengan memeriksa kemampuan penjualnya mengenai pengetahuan perawatan dan perbaikan mesin diesel, power units, transfer switches dan generator. Biasanya genset bekas Jakarta memiliki kekuatan maksimal sebesar 80%, namun sebaiknya untuk menjaga keutuhan genset lebih lama Anda cukup menggunakan daya genset sebesar 60%.

4. Lakukan Tes kemampuan Genset

Biasanya penjual yang baik akan memberikan sarana tes kemampuan genset, hal ini berguna untuk membantu menentukan efisiensi dari keseluruhan kekuatan dari genset. Seberapa baik sebuah genset merespon bermacam-macam penggunaan berat akan memberitahu anda seberapa batas kekuatan dari genset tersebut.

5. Periksa Komponen Detail

Pemeriksaan detail sebelum membeli produk akan disarankan dengan memastikan komponen kabel dan spare part terpasang dengan baik dan benar. Apakah komponen masih terpasang lengkap atau tidak. Jika tidak, Anda perlu memeriksa apakah ada resiko kebocoran pada alat atau tidak untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

6. Garansi

Saat Anda membeli genset bekas maka umumnya tidak mendapat garansi dari produsen genset tersebut, tetapi pastikan selama 1-3 bulan Anda tetap mendapatkan garansi dari penjual genset bekas Bekasi, hal ini dilakukan agar Anda sebagai pembeli merasa tenang dan terjamin walaupun membeli mesin yang bekas.

7. Perhatikan Lokasi Pembelian

Walaupun Anda hanya membeli mesin bekas, namun  Anda juga harus memperhatikan distributor dan lokasi pembelian. Carilah informasi produk sesuai kebutuhan dari media online maupun offline yang terpercaya, sehingga nantinya Anda akan mendapatkan produk genset bagus yang tahan lama dan aman digunakan dalam jangka panjang. 

Baca juga: REKOMENDASI GENSET TERBAIK UNTUK INDUSTRI

Alasan Pilih Genset di Araco Mechatronic Energy

Penggunaan genset di Indonesia mungkin terlihat semakin marak karena banyaknya industri rumahan yang belum mampu menyediakan asupan listrik yang memadai. Bagi pelaku bisnis yang baru menjalankan usaha tentu penggunaan genset bekas mercedes benz menjadi pertimbangan penting untuk mempercepat jalannya produksi. Genset baru ataupun bekas tetap dapat Anda gunakan dengan baik selama Anda memilih produk genset bekas yang bagus dan berkualitas.

Araco Mechatronic Energy menyediakan diesel genset baik produk yang baru maupun bekas. Tidak perlu khawatir dengan produk yang dijual oleh perusahaan ini, baik kualitas maupun harga tentu akan bersaing dengan distributor lainnya. Anda hanya perlu berkonsultasi dengan Araco Mechatronic Energy untuk membantu menyuplai kebutuhan perusahaan Anda.


Author

%d bloggers like this: