Indonetwork . Bahan Bangunan – Lem kayu menjadi salah barang yang cukup penting untuk keperluan rumah tangga. Lem ini bisa dipakai untuk membuat sesuatu yang baru, atau hanya untuk sekedar memperbaiki perabotan yang rusak. Anda memerlukan lem kayu terbaik supaya bisa merekat dengan baik.

Oleh sebab itulah Anda perlu memakai lem kayu yang mempunyai perekat yang berkualitas tinggi. Sehingga tidak akan mudah lepas atau mengelupas setelah diolesi dengan lem kayu. Berikut ini adalah beberapa merk lem kayu terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Lem Kayu Crona 222 WRG

Merk lem kayu ini tentu saja sudah familiar untuk mereka yang suka berkreasi dengan menggunakan kayu. Lem kayu Crona 222 WRG memiliki kualitas terbaik dan paling kami rekomendasikan.

Lem kayu ini mempunyai daya rekat yang sangat kuat dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti waterproof. Anda juga bisa menggunakan lem kayu Crona ini untuk laminating, veneering, ataupun jointing.

Lem Kayu Crona juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau yaitu sekitar Rp45 ribu.

2. Lem Kayu Presto

Lem kayu dari Presto dibuat khusus dengan teknologi terbarukan sehingga bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan secara luas. Salah satu tipe lem Presto yang bisa Anda gunakan adalah WRG 600. Lem ini bisa Anda pakai untuk keperluan penebalan, penyambungan, perakitan, hingga pelapisan.

Daya rekat dari lem ini tidak perlu diragukan lagi. Lem ini hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit saja untuk merekat dan mengering. Lem ini sudah dilengkapi dengan material tahan air, sehingga Anda tidak perlu takut jika terkena air.

3. Lem Epoxy Avian

Komponen dari lem Epoxy Avian ini terdiri dari resin dan pengeras. Ketika akan menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkannya dengan perbandingan 1:1. Misalnya untuk membuat lem kayu Epoxy Avian 500 ml, maka Anda perlu mencampurkan 250 ml resin dan 250 ml pengeras.

Hasilnya akan transparan sehingga sangat cocok digunakan untuk merekatkan kayu. Sementara untuk daya rekatnya sangat kuat dan awet. Sehingga Anda tidak perlu khawatir perbato Anda rusak atau patah.

Di pasaran, lem Epoxy Avian ini dijual seharga Rp45 ribuan yang di dalamnya terdapat resin dan pengeras 340 gram.

4. Lem Kayu Dextone

Apakah furnitur di rumah Anda pernah patah? Sebaiknya jangan buru-buru dibuang. Karena kamu bisa masih bisa memperbaikinya dengan menggunakan lem kayu. Salah satu lem yang bisa Anda pakai adalah lem kayu Dextone.

Daya rekat lem kayu ini sangat tinggi karena untuk kekentalannya sendiri berada pada kisaran 10-15 cps. Lem kayu ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan budget sekitar Rp25 ribu saja Anda sudah bisa memiliki lem kayu ini.

5. Lem Kayu Crossbond X4

Karakteristik dari lem kayu ini cukup berbeda dengan merk lem kayu yang lainnya. Pasalnya Anda bisa menggunakan lem kayu ini untuk merekatkan bambu dan rotan yang patah.

Lem Kayu Crossbond X4 terbuat dari bahan dasar water-based polyvinyl acetate. Material inilah yang membuat lem ini mempunyai viskositas yang sangat rendah, sementara untuk reologinya cukup tinggi.

Karena mempunyai kualitas yang lebih baik, lem kayu Crossbond X4 dijual dengan harga yang relatif lebih mahal. Anda harus mengocek uang hingga Rp60 ribuan untuk memperolehnya di pasaran.

6. Lem Fox

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah kenal dengan lem yang satu ini. Ternyata Fox juga menyediakan lem untuk untuk kayu dengan kualitas yang hampir sama dengan lem andalan lainnya.

Lem kayu Fox ini berwarna putih dan bisa Anda pakai untuk kayu plamir maupun permukaan lainnya seperti kertas. Jika terkena tangan, Anda bisa membersihkannya dengan mudah.

7. Lem Aica Aibon

Lem ini tidak hanya bisa Anda pakai untuk perabotan yang terbuat dari kayu saja. Anda juga bisa merekatkan logam, beton, kulit, papan fiber, melamin, hingga karpet dengan lem Aica Aibon ini.

Di dalam leml ini terdapat pelarut organik dan karet sintetis, sehingga daya rekatnya akan kuat dan awet. Pastikan permukaan benda yang akan dilem dengan lem Aica Aibon bersih terlebih dahulu. Kemudian ratakan lem pada permukan dan biarkan mengering.

8. Lem Polyurethane

em kayu ini bisa Anda gunakan untuk proyek indoor maupun outdoor, jadi jangan heran kalau banyak orang yang menggunakan jenis kayu ini. Untuk daya rekatnya juga sangat kuat seperti halnya lem kayu lainnya.

Supaya memperoleh hasil yang maksimal basahi permukaan yang akan dilem dengan lap basah. Kemudian tempelkan kedua sisi permukaan dan biarkan selama 24 jam sampai mengering dengan sempurna.

Baca juga: Daftar Merk dan Harga GRC Per Lembar untuk Kebutuhan Bangunan

Itulah merk lem kayu terbaik yang kami rekomendasikan untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Sebagian lem kayu tahan air sehingga Anda tidak perlu jika lem terkena air. Hal yang paling penting adalah biarkan kayu yang telah dilem beberapa saat untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus N