JAKARTA  РMeskipun ditempa oleh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi, para pelaku usaha, khususnya UMKM, terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan untuk memulai tahun 2021 dengan lebih kuat. Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz membagikan delapan tips yang mudah diikuti sebagai pedoman UMKM untuk membantu mereka menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru pada tahun 2021.

Pertama, melakukan evaluasi tujuan bisnis Anda di tahun 2020 untuk mengidentifikasi kemenangan dan hambatan yang ada.
Menurut Patrick, sebagai pelaku bisnis kecil, Anda perlu meninjau kembali tujuan tahun ini. “Mengevaluasi aktivitas inti usaha Anda, lalu hasil evaluasi tersebut digunakan untuk mengukur kinerja bisnis Anda di tahun ini,” ujar Patrick, dikutip dari keterangan persnya, Jumat (11/12/2020).

Kedua, meninjau laporan keuangan Anda dan jalankan laporan keuangan. Cara yang bisa dilakukan yakni dengan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. “Setelah itu, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas,” kata Patrick.

Ketiga, lakukan analisis kompetitif untuk mengukur posisi Anda. Melaksanakan analisis kompetitif membutuhkan perencanaan, penelitian mendalam, dan introspeksi yang jujur agar dapat menentukan target dan menawarkan hasil yang lebih akurat.

Keempat, persiapkan rencana bisnis dan pemasaran untuk tahun 2021. Patrick menyarankan Anda meluangkan waktu untuk menyusun rencana bisnis tahun depan dengan matang, termasuk rencana pemasaran guna meningkatkan citra merek dan kehadiran Anda di pasar. “Kelima, lakukan review serta apresiasi kinerja karyawan akhir tahun. Penting untuk meninjau kinerja tenaga kerja Anda dalam beberapa kuartal terakhir untuk lebih memahami kondisi karyawan Anda. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memberikan liburan atau bonus akhir tahun kepada staf Anda untuk meningkatkan semangat mereka,” jelasnya.

Kelima, lakukan review serta apresiasi kinerja karyawan akhir tahun. Penting untuk meninjau kinerja tenaga kerja Anda dalam beberapa kuartal terakhir untuk lebih memahami kondisi karyawan Anda. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memberikan liburan atau bonus akhir tahun kepada staf Anda untuk meningkatkan semangat mereka,” jelasnya.

Keenam, perbarui profil situs web dan media sosial Anda. Ketujuh, rancang program apresiasi pelanggan; dan terakhir adalah buat daftar dan rayakan pencapaian tahun ini. Menurut Patrick, jika Anda telah mampu melangkah sejauh ini pada tahun 2020, ada baiknya Anda merayakan semua pencapaian tersebut, baik kecil maupun besar. Semua bisnis harus merayakan prestasi milik mereka, khususnya setelah melewati tahun penuh tantangan.