Indonetwork, TipsTips memilih kamera CCTV yang berkualitas tampaknya sangat dibutuhkan sekali oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan kamera pengawas atau yang lebih dikenal lagi dengan sebutan CCTV ini memang sudah menjadi salah satu sebuah kebutuhan.

Meningkatnya tingkat kejahatan yang beredar membuat masyarakat merasakan cemas setiap saat. Memasang CCTV bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi hal yang tak diinginkan tersebut. Saat ini di pasaran pun telah banyak merk CCTV dari berbagai macam produsen ternama dengan variasi harga yang bermacam-macam.

Ada berbagai model dengan berbagai macam fitur CCTV yang ada di pasaran dan bisa membuat Anda bingung dalam memilihnya. Tetapi, Anda tidak perlu merasa risau, Anda dapat membaca beberapa tips membeli CCTV sesuai kebutuhan dari artikel ini agar bisa mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ketahui Tujuan Pembelian CCTV

Jual CCTV Panasonic Jakarta

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui tujuan Anda saat membeli CCTV. Anda juga perlu mempertimbangkan area untuk menaruh kamera, apakah untuk indoor maupun ruangan outdoor, serta jenis CCTV seperti apa yang harus Anda beli. Karena, baik ruangan indoor maupun outdoor dari kedua nya juga memiliki perbedaan masing-masing. 

Jika Anda ingin memilih CCTV untuk outdoor, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja fitur-fitur yang dimiliki oleh CCTV tipe tersebut.

Sama halnya dengan Anda memilih membeli kamera pengawas untuk ruangan indoor, pilihannya justru akan jauh lebih banyak lagi. Karena, sebenarnya kebanyakan kamera CCTV memang tujuannya adalah digunakan untuk berada di dalam ruangan. Sehingga mau tidak mau Anda harus benar-benar paham agar tidak salah dalam membelinya.

Baca Juga: Ketahui Fitur-Fitur yang Ada di CCTV Modern, Ada Suaranya!

Jenis-Jenis Kamera CCTV

Agar Anda semakin mudah mendapatkan CCTV yang sesuai kebutuhan Anda, pada artikel ini juga akan membahas jenis-jenis dari kamera CCTV itu sendiri.

Adapun jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. CCTV Indoor

Cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak

Jenis kamera CCTV pertama yang akan kita bahas yaitu CCTV Indoor. Sesuai dengan namanya, CCTV jenis ini khusus digunakan untuk diletakkan di dalam ruangan saja.

Sebagian besar kamera CCTV yang ada di pasaran merupakan kamera pengawas jenis ini, sehingga tidak heran lagi jika nanti pilihannya pun begitu banyak.

Dalam memilih kamera ini, Anda harus memilih bentuk produk yang sangat sesuai dengan penempatannya, baik itu di tembok, platform, atau ingin bisa tersamar dengan produk lainnya.

Jika ruangan yang dipantau selalu terang, tidak ada salahnya sama sekali untuk menggunakan kamera yang tidak memiliki infrared. Tetapi, jika saja ruangan kadang gelap, maka sebaiknya pilihlah kamera CCTV Indoor yang sudah dilengkapi Infrared. Dengan tambahan fitur infrared, kamera CCTV akan tetap bisa memantau dengan baik sekalipun ruangan yang berada di sekitarnya dengan keadaan gelap.

Seiring berkembangnya teknologi, CCTV pun kini dilengkapi dengan fitur IR CUT Filter (ICR). Dengan hal ini, ruangan dalam keadaan gelap dapat dilihat melalui CCTV dalam gambaran hitam putih.

2. CCTV Outdoor

CCTV outdoor luar ruangan
Sumber: SafeWise

Jenis kamera CCTV yang berikutnya yaitu kamera pengawas yang khusus digunakannya diluar ruangan. Perbedaan dari kamera CCTV Outdoor dan Indoor yaitu jika kamera outdoor memiliki jumlah LED infrared lebih banyak dari indoor. Selain itu, kamera jenis outdoor ini juga lebih mampu dalam mereduksi cahaya matahari.

Semua kamera CCTV jenis ini sudah dilengkapi sertifikat IP66/IPG 7 sehingga dapat tahan terhadap hujan dan air secara umum. Tidak hanya itu saja, kamera pengawas yang satu ini dilengkapi dengan topi kamera dimana sangat berfungsi sekali sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung dan juga maupun air hujan.

3. Dome Camera

dome camera CCTV
Sumber: Domar CCTV

Dome Camera adalah jenis kamera CCTV yang khususnya dipasang pada langit-langit atau pun juga di plafon. CCTV ini tidak dilengkapi dudukan rotator sehingga tidak dapat disatukan dengan rotator.

Jika ingin menggunakan CCTV ini dalam pemasangannya pilihlah Pan Tilt Dome Camera CCTV sehingga juga bisa diputar. CCTV ini banyak digunakan di ruang-ruang pertemuan besar atau ballroom yang dapat mencakup hampir seluruh ruangan dari atas.

4. Box Camera

Jenis CCTV yang terakhir adalah Box Kamera yang memiliki kelebihan utama pada bagian lensanya. Tidak hanya lensanya saja yang dapat diganti sesuai dengan kebutuhannya, ada banyak lagi pilihan opsi ukuran lensa yang dibelinya bisa secara terpisah.

Jika ukuran lensa semakin besar, maka view angle yang dihasilkan akan semakin sempit, dan juga sebaliknya semakin kecil size milimeter nya maka view angle yang dihasilkan akan juga semakin lebar.

Memilih Merk Terpercaya

Dalam hal memilih produk, apapun itu merknya adalah salah satu patokan dalam memutuskan untuk membelinya suatu produk tertentu. Dari setiap merk produk tertentu memiliki standarnya masing-masing, sehingga sangat menentukan kualitas dan keawetannya.

Tips memilih kamera CCTV yang juga penting, tentu dengan memilih merk terpercaya dan juga bereputasi baik.

Rekomendasi CCTV Berkualitas 

Artikel di atas sudah menjelaskan tips ataupun cara bagaimana memilih CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah untuk itu, jika Anda sedang mencari CCTV dan jasa pasang camera CCTV yang cocok untuk kebutuhan Anda dan pastinya juga yang berkualitas baik dan harga terjangkau? Citra Karya Teknik jawabannya!

Kami menyediakan peralatan security seperti CCTV, Access Control, Guard Tour System Terbaik di Jakarta. Kami juga menjual berbagai peralatan keamanan mulai dari jual alarm system Jakarta, jual barrier gate, jual cctv Panasonic jakarta, jasa pasang camera cctv, jual guard tour system, jual mesin absen fingerprint terlengkap, pintu pagar otomatis jakarta, dan lain-lain.

Penulis: Najmia Chaerunnisa
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks