Saat ini sudah banyak sekali gedung gedung yang telah di bangun, dibangun nya gedung gedung ini tidak terlepas dari bahan bahan kostruksi nya, bahan yang menjadi salah satu bahan penting dalam sebuah pembangunan adalah penggunaan besi baja, besi baja sendiri sudah banyak sekali digunakan dalam membangun suatu bangunan, dengan berbagai fungsi, berikut jenis & fungsi besi baja dalam konstruksi bangunan.

Baja sendiri menjadi sangat popular dalam penggunaan nya, pembangunan skala kecil sampai skala besar sudah menggunakan besi baja sebagai alat penopang dan salah satu bahan vital pembangunan, disebutkan bahwa besi baja memiliki kekuatan yang sangat besar serta ketahanan yang cukup baik di berbagai kondisi cuaca.

Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan cuaca adalah salah satu yang membuat korosi atau karat pada besi, dalam mengakali nya para enginer membuat inovasi untuk mendukung lancarnya pembangunan dan meningkatkan ketahanan pada bangunan.

Terbuat dari apakah baja itu?

Seperti yang kita tahu baja adalah perpaduan antara besi dan karbon, dengan unsur karbon sebannyak 0,2 dan 2,1 dan sisanya adalah karbon sebagai formula yang membantu pengerasan pada baja, jadi kekuatan baja itu adalah dikarenakan karbon yang terkandung di dalam baja.

Baja sudah digunakan sejak zaman mesir kuno, penggunaan baja pada struktur bangunan dikarenakan kekuatanya yang sangat besar sehingga sering kali digunakan untuk penunjang struktur bangunan khususnya penopang dan penahan beban pada suatu bangunan. Dengan sifat baja yang kuat dan kekakuan yang tepat, menjadikan baja sebagai pilihan ketika membangun suatu bangunan dan digunakan sebagai struktur pembebanan.

Pada ulasan kali ini kita akan membahas bebrbagai jenis baja yang ada saat ini, berikut ulasan nya :

1. Baja rendah karbon

Baja rendah karbon ini hanya memiliki sedikit kandungan karbon yang ada, dengan sedikit nya karbon ini membuat karakter dari baja ini menjadi mudah di tempa dan diolah dengan bantuan mesin.
Baja jenis ini sudah banyak digunakan pada kehidupan sehari hari, seperti menjadi sekrup, paku, body kendaraan, gigi kendaraan , pipa, rantai dan masih banyak lagi.

2. Baja karbon Menengah

Baja ini tentunya lebih kuat dari baja rendah karbon, karna campuran karbon nya lebih banyak daripada karbon sebelumnya, membuat baja ini lebih sulit di las dan di potong, kandungan karbon pada baja ini 0,3 sampai dengan 0.4 % biasanya baja ini di buat untuk pin , hub roda.
Untuk kandungan yang sedikit lebih tinggi 0,4 dan 0,5 % di gunakan sebagai bahan engkol, rel kereta, boiler, obeng, dan yang menengah sekitar 0,6 sebagai bahan palu.

3. Baja karbon Menengah

Baja ini tentunya lebih kuat dari baja rendah karbon, karna campuran karbon nya lebih banyak daripada karbon sebelumnya, membuat baja ini lebih sulit di las dan di potong dengan kandungan 0,6 sampai 0,15 % . Baja karbon tinggi biasanya dibuat menjadi bahan pembuatan pisau, sekrup, gergaji.dll

Baca Juga : Cara Memilih Besi Beton Yang Berkualitas

4. Baja Baja Paduan

Jenis baja ini adalah baja yang bukan hanya di buat dari karbon dan besi namun di buat juga unsur tambahan lain , yang membuat baja ini menjadi sangat kuat, dan mampu menciptakan baja dengan kemampuan khusus.
Baja ini sangat pas dan unsur dari karbon nya sendiri di bagi menjadi 2, yaitu baja cepat dan baja paduan. Baja ini di buat dari bahan bahan khusus , pembuatan baja ini di laksanakan dengan tambahan satu unsur ke unsur lain nya bahkan yang lebih dari logam biasa, penggunaan nya biasanya akan menghasilkan baja dengan sifat yang susuai keinginan.

5. Baja High Speed

Baja ini di khususkan untuk penggunaan sebagai bahan pembuat alat alat potong besi, baja ini mengandung unsur karbon yang cukup tinggi yaitu 0,7 sampai 1,5 %, baja ini mampu di operasikan pada kecepatan tinggi.
Baja yang biasa menjadi campuran dari pembuatan baja ini adalah baja kobalt, baja ini adalah baja dengan proses pembuatan tersulit.

Penggunaan baja yang semakin hari semakin banyak membuat penulis ingin membahas baja agar teman teman mengetahui fungsi dan jenis baja, dengan mengetahui jenis baja akan membantu teman teman untuk mengetahui jenis baja apa yang teman teman butuhkan untuk melakukan pembangunan.
Jika teman teman ingin mengetahui lebih lanjut seputar baja dapat menghubungi Berdikari Lancar di nomor telepon 082234444535, berdikari adalah salah satu distributor besi baja surabaya