Semua orang pastinya menginkan hunian yang nyaman dan sehat untuk diri sendiri dan keluarga. Salah satu factor penunjang hunian yang baik adalah lancarnya sirkulasi udara yang baik dan memilki kesegaran udara yang tinggi, mungkin kita bisa mendapatkan udara yang bersih apabila kita tinggal di pedesaan, namun bagaimana jika kita tinggal di desa, tentunya hal ini sulit di wujudkan dengan penggunaan blower ventilator fans atau exhaust fans, blower ventilator adalah salah satu jenis exhaust fans yang banyak digunakan di industry ataupun di dalam rumah.

Dewasa ini banyak sekali terjadi penyebaran virus  yang sedang melanda seperti covid 19 dan banyak flu flu lain yang menyebar di nusantara, selama pandemi ini kita semakin dikurangi aktivitas di luar rumah demi mengurangi penularan covid 19, dikarenakan kita selalu diharuskan lebih sering berada dirumah, tentunya kita membutuhkan sirkulasi udara yang baik dan kondisi udara dalam rumah yang sejuk, menyiasatinya kita dapat menggunakan exhaust vans dan air contioner, banyak sekali pilihan exhaust fans yang dapat gunakan seperti pada blower ventilator fan dll.

Lalu apasih exhaust fans itu ?

Exhaust fans adalah suatu alat berbentuk kipas guna melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan atau di luar ruangan, selain menjaga udara agar udara tetap sehat exhaust fans juga menciptakan udara, banyak sekali jenis exhaust seperti wall exhaust, blower ventilator fans dan banyak lagi.

 

Exhaust fans sendiri memiliki banyak jenis tergantung dimana penggunaan nya dan untuk apa, semua jenis exhaust fans memiliki fungsi yang sama yaitu melancarkan surkulasi udara, namun banyak dari kita sebagai konsumen belum mengetahui jenis jenis exhaust fans yang ada.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan kegunaan dan jenis dari exhaust fans, berikut adalah jenis jenis exhaust fans dan kegunaan nya :

1. Wall Exhaust

Versi exhaust ini paling banyak di gunakan oleh masyarakat di Indonesia karena hamper di dalam setiap rumah sudah memakai exhaust jenis ini, berbeda dengan blower ventilator fans, wall exhaust ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun berbeda dengan portable exhaust / blower ventilator fans, karna walaupun kecil wall exhaust tidak bisa di copot pasang.

2. Exterior Wall Exhaust

Tugas dari exhaust ini hampir sama dengan wall exhaust pada umumnya, namun perbedaan nya adalah suara dari exhaust ini di lepaskan di luar ruangan sehingga tidak menimbulkan kebisingan.

Baca Juga ” Cegah kebakaran, adopsi alat pemadam api otomatis ini

3. Roof Wall Exhaust

Exhaust jenis ini kegunaan sama saja dengan Wall Exhaust lain nya, bertugas untuk mengeluarkan udara panas, penempatan roof wall exhaust ini di haruskan apabila anda memiliki kamar bagian atas , exhaust jenis lebih sering di gunakan pada gedung perkantoran, namun pada perkantoran juga sering menggunakan blower ventilator fan untuk gudang gudang di perkantoran .

4. Kitchen Exhaust

Versi exhaust ini adalah exhaust khusus yang di pasang di dapur, biasanya exhaust ini di tempakan pada bagian atas kompor, untuk menyedot udara panas dan asap dari sisa proses memasak agar dapur selalu segar dan tidak berasap, dan mengurangi tingkat kelembapan dapur, pada dapur pun bisa digunakan blower ventilator  fans karena ukuran nya memadai.

5. Bathroom Exhaust

Exhaust jenis ini adalah exhaust yang di pasang di kamar mandi, bertugas untuk menghisap udara yang berbau, sehingga kamar mandi selalu harum dan memiliki tingkat kelembapan, exhaust ini digunakan terutama apabila kita menggunakan air panas, sehingga uap panas bisa terhisap dengan sempurna dan penguapan akan hilang .

6. Portable Exhaust / Blower Ventilator Exhaust

Blower ventilator exhaust adalah jenis exhaust portable yang bisa di pindah pindahkan tergantung kebutuhan, blower ventilator fans memilki banyak keunggulan , dari daya serap dan juga ukuran fans nya sendiri, blower ventilator fan ini sering sekali digunakan pada pabrik, untuk menyerap asap, menyerap bau, namun dengan tenaga yang lebih besar, dalam penggunaan nya, blower ventilator fans ini banyak digunakan sebagai penyuplai udara pada tempat yang kurang memadai, oleh karena itu dalam memakai portable exhaust / blower ventilator fans ini terlebih dahulu kita harus lakukan pengecekan terhadap ruangan sampai dengan ke tingkat kelembapan nya.

6. Inline Exhaust

Inline exhaust adalah jenis exhaust yang di pasang di area yang agak sempit, bila memiliki bangunan yang minim sekali tempat, maka exhaust ini adalah pilihan yang tepat karna tidak mengambil banyak tempat, exhaust jenis ini banyak digunakan pada bangunan apartment, jika pada bangunan ini menggunakan portable axhaust seperti blower ventilator fan tentunya akan merepotkan untuk penempatan nya.

Jenis jenis exhaust di atas adalah jenis yang paling banyak dicari, karna kegunaan nya yang efektif dan  tentunya sangat berguna pada kepentingan perbaikan udara, masih banyak sekali kegunaan exhaust dan jenis nya.

Mudah mudahan informasi di atas dapat membantu anda agar lebih mengetahui jenis exhaust dan dapat menjadi referensi jika sedang mencari exhaust.