Indonetwork.co.id (Jakarta) – Perusahaan satu ini menawarkan jasa konsultasi dan pelatihan. Layanan yang menjadi standarisasi bagi pelaku usaha mendalami bidang usaha ataupun bagi mereka yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya di pasar global.

Program yang ditawarkan salah satunya adalah konsultasi dan pelatihan sistem manajemen, termasuk diantaranya manajemen mutu (ISO 9001), manajemen lingkungan (ISO 14001), manajemen keamanan pangan (ISO 22000) dan manajemen sistem lainnya yang perusahaan Anda butuhkan.

“Kami merupakan lembaga pelatihan dan konsultasi untuk penerapan standar nasional dan internasional, pengembangan kompensi karyawan, dan peningkatan bisnis,” ungkap Tetuko Dito Widarso, Principal Consultant Gosystem Consulting (GSC).

Bidang usaha yang telah menjadi portofolio diantaranya sektor perbankan, pabrik, manufakturing, termasuk juga Horeca (Hotel, Restoran dan Cattering). “Semua yang kami kerjakan tergantung permintaan dari pihak klien,” ujarnya.

“Kami mulai beroperasi dan memperkenalkan Gosystem Consulting tahun 2013. Namun secara legal, kami resmi menawarkan jasa ini sejak 2015. Hingga kini, kami telah dikenal dan dipercaya menangani beberapa perusahaan,” ucap Marisa Efanny, Food Safety Consultant Gosystem Consulting.

“Portofolio lain, GSC sempat juga menjadi konsultan rumah sakit, hotel di Bali, resort dan beberapa restoran di Jakarta. Saat ini, kami menangani Akufood Indonesia yang membawahi PT Akufood dan Kikkoman,” ujarnya.

“Kami konsultan profesional, trainer, auditor di multi sektor. Layanan yang telah kami lakukan diantaranya bergerak di industri perhotelan & makanan, F&B, ritel, industri otomotif, jasa kontraktor dan industri pengemasan makanan ataupun produsen makanan,” jelasnya.

Untuk saat ini GSC sedang fokus pada layanan jasa yang ditawarkan meliputi pengembangan bisnis makanan SMESCO, manajemen halal & risiko, dan kebijakan keamanan & kesehatan pangan pemerintah.

Bukan hanya itu, Gosystem Consulting juga menawarkan pelatihan keamanan pangan untuk pengusaha food service (hotel, restoran dan catering) yang instrukturnya memiliki standar sertifikasi Internasional. “Kami membidik pangsa pasar yang cukup luas dan hampir semua segmentasi bisnis telah mempercayakan kami sebagai konsultannya,” Terang Dito.

Diperkuat Tenaga Profesional
Marisa mengatakan, kebanyakan kliennya membutuhkan sistem manajemen ISO training, seperti mutu lingkungan, sistem yang dibutuhkan customer untuk kegiatan ekspor. Bahkan menurutnya, mereka yang sudah menerapkan program GSC cukup puas dan improvement yang telah dilakukan sesuai harapan.

“Jasa dan pelatihan yang kami berikan tergantung project atau goal yang mereka inginkan. Implementasi sistem biasanya hanya 6 bulan. Jika sampai dengan jasa sertifikasi umumnya 6-12 bulan,” papar Marisa.

Naily, Marketing Director Gosystem Consulting mengatakan, untuk bisa eksis disegmentasi ini, GSC diperkuat oleh 10 tenaga ahli yang membidangi jasa konsultan. Biasanya kata Marisa, langkah awal tim GSC melihat kondisi sebuah perusahaan, Initial assesemen sebagai penilaian awal agar didapatkan gambaran tentang kesiapan perusahaan untuk penerapan sistem yang diinginkan. Berikutnya memberikan pelatihan, hingga berlanjut ke proses sertifikasi.

“Kami berupaya memaksimalkan pelayanan, ibarat sebuah tukang jahit, kami membantu menjahitkan baju, memberikan arahan, hingga me model apa yang cocok untuk si pemiliknya,” tegas Dito menjelaskan sistem kerja GSC.

Untuk bisa mendapatkan izin tersebut, pelaku usaha wajib melalui proses implementasi Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), sistem kontrol tahap penanganan dan proses produksi.

HACCP merupakan salah satu bentuk manajemen resiko yang dikembangkan untuk menjamin keamanan pangan, sehingga dapat memberikan jaminan dalam menghasilkan makanan yang aman bagi konsumen.

Siap Melayani Jasa Konsultasi
“Konsultasi yang kami lakukan mencakup pelatihan, pembuatan dokumentasi, pengarahan untuk implementasi sistem dan pendampingan saat sertifikasi standar yang diinginkan klien baik nasional maupun internasional,” ucap Dito.

Untuk membuka kesadaran pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya, pihak Gosystem Consulting senantiasa melakukan seminar, memberikan gambaran betapa pentingnya memiliki sertifikasi label Halal dan manajemen keamanan pangan.

”Kami merupakan partner lembaga sertifikasi profesi. Kami selaku melakukan uji kompetensi, legalitasnya diluncurkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) lembaga yang dibentuk Pemerintah mengeluarkan lisensi sertifikasi profesi,” kata Dito.

Jasa konsultasi bagi perusahaan makanan yang ingin masuk ke pasar international terutama Eropa dengan penerapan BRC. Jasa yang diberikan yaitu British Retail Consortium (BRC), standar sertifikasi bagi mereka yang ingin melakukan eksport ke Eropa

Untuk bisa mengetahui berapa range harga jasa yang ditawarkan, biasanya pihak GSC menganalisa terlebih dulu. Mulai dari skema pelatihan seperti apa, berapa banyak peserta dan lokasinya.

“Bicara soal harga, silahkan Anda bisa langsung mendiskusikannya ke pihak kami. Pada dasarnya untuk menentukan harga dapat dilihat dari case by case. Anda juga dapat mengetahui rincian biaya pelatihan atau jasa konsultasi di website gosystemconsulting.co.id,” urai Naily.

Pentingnya Sertifikasi dan Label Halal
“Bagi kami pelatihan dan sertifikasi ini sangat penting, apalagi bagi mereka yang open mind buat menyelaraskan service dan produknya mereka dengan standar Internasional. Terutama dalam hal pengembangan usahanya di pasar global,” jelasnya.

“Kalau mau berkembang dan bersaing di pasar Internasional, pelaku usaha harus mempersiapkan sistem. Memang, standar sertifikasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, jika melihat dari sisi manfaatnya, sertifikasi justru investasi jangka panjang,” ucap Dito.

“Terutama di sertifikasi keamanan pangan, kami optimis upaya ini dapat membangun budaya keamanan pangan di Indonesia. Apalagi terkait standarisasi makanan dan minuman berlabel Halal, kami berupaya membantu Pemerintah mensosialisasi label Halal di semua sektor bisnis kuliner,” pungkas Marisa.

“Kami berusaha memberikan wawasan betapa pentingnya label Halal. Langkah ini tak hanya membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya, tapi juga mempermudah konsumen mendapatkan produk makanan dan minuman yang sehat,” Jelas Dito.

Lebih lanjut Dito mengatakan, bagi mereka yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya, sertifikasi merupakan kebutuhan dasar untuk bisa memenangkan persaingan di pasar Internasional.

“Di Indonesia, kategori bisnis yang telah memiliki standar sertifikasi masih mendominasi di kelas menengah atas. Karena memang, untuk memenuhi semua itu membutuhkan biaya besar,” pungkasnya.

Kendala yang saat ini terjadi, para pelaku usaha UMKM belum memiliki badan usaha, terkait izin lokasi zonasi usaha. Untuk mensiasati itu, BPOM sudah melakukan pendampingan bagi UMKM yang ingin memiliki sertifikasi secara kolektif.

“Hadirnya Gosystem Consulting di Indonesia, harapan kami semakin banyak pelaku usaha menerapkan sistem ini untuk keberlangsungan bisnis mereka selanjutnya,” ucap Dito optimis.

Info lebih lanjut silahkan klik website www.gosystemconsulting.co.id