Indonetwork, BisnisWebsite menjadi salah satu platform yang paling banyak dilirik sebagai media promosi di platform digital. Bahkan saat ini, hampir semua pemilik usaha baik kecil maupun besar sudah mulai membuat website sendiri.  Lalu, bagaimana cara mengelola website bisnis?

Hal tersebut dilakukan agar bisnis bisa mencapai konsumen yang lebih luas. Selain itu, saat mengelola website, Anda juga dapat mengupdate konten-konten menarik mengenai produk yang Anda jual. 

Namun, pada saat mengelola website tentu saja membutuhkan proses dan pengetahuan khusus. Maka dari itu, artikel ini akan membahas mengenai panduan mengelola dan mengupdate konten di website toko online.

Cara Mengelola Website Bisnis

cara mengelola website
Sumber: Unsplash

Beberapa orang menganggap bahwa website toko online yang sudah jadi sudah bisa digunakan seterusnya jika hosting dan domain selalu diperpanjang. Memang hal tersebut benar adanya. 

Namun, bila toko online hanya dibiarkan begitu saja, maka performanya bisa menurun dan pastinya bisa berdampak jangka panjang terhadap menurunnya tingkat penjualan Anda. Oleh karena itu, inilah panduan mudah mengelola website toko online agar performa tetap optimal.

  • Tulis Deskripsi Produk Sejelas Mungkin

Menulis deskripsi produk sangat penting agar calon pembeli dapat mengetahui detail produk dan membandingkan dengan produk dari merek lain. Anda dapat membuat deskripsi produk dengan jelas dan sesingkat mungkin. 

Hindari menggunakan istilah-istilah asing yang kurang familiar bagi target audiens Anda. Selain itu tulislah informasi pada deskripsi sesuai kondisi asli produk Jangan terlalu dilebih-lebihkan atau malah dikurangi.

  • Buat Jadwal Unggah Produk

Membuat jadwal yang rutin terkait waktu mengunggah produk pun bisa meningkatkan performa website Anda. Selain itu, usahakan juga untuk membuat pola yang sama dan terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Hal ini bisa dilakukan untuk meningkatkan performa website dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Teknik ini akan membuat Google mengunjungi website Anda dibandingkan dengan website kompetitor dan mencari tahu apa isi website Anda.

Jika website Anda memiliki kata kunci yang tepat dengan apa yang banyak dicari oleh pengguna, maka hal ini akan meningkatkan traffic ke website Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Menerapkan Digital Marketing Untuk UMKM

  • Cek Keamanan Transaksi Pembayaran

Ada baiknya agar Anda sering mengecek alur sistem pembayaran yang telah diterapkan pada website untuk meminimalisir kegagalan ketika proses pembayaran.  Kini, ada banyak metode pembayaran yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya saja melalui e-wallet, virtual account, dan lain sebagainya.

Jika Anda hanya menyediakan transaksi manual lewat transfer bank, pengelolaannya lebih sederhana karena tidak memerlukan konfigurasi khusus di website.

  • Monitor Uptime Server

Pada saat mengelola website, perhatikan juga peraturan teknisnya. Ada baiknya Anda rutin mencatat uptime server pada server yang digunakan. Uptime adalah catatan tentang seberapa sering server mengalami down.

Status uptime server memiliki skala 1-100%. Angka yang semakin menunjukan performa server yang semakin baik. Maka, ada baiknya untuk memastikan uptime server yang Anda gunakan mendekati atau lebih besar dari 99%.

  • Evaluasi Performa Seo Dengan Tools Pembantu

Mengevaluasi performa SEO merupakan aktivitas yang sebaiknya Anda lakukan secara rutin setidaknya 1 kali dalam 1 bulan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana performa website Anda, apa yang sebaiknya perlu diperbaiki dan dilanjutkan. Apakah tujuan utama SEO, yaitu mendatangkan traffic organik dari mesin pencari, telah tercapai atau tidak.

Anda dapat menggunakan beberapa tools seperti search console dan analytics. Tools seperti Google Search Console dan Analytics mampu memberikan berbagai informasi data pengguna, mulai dari halaman paling banyak dikunjungi, asal lokasi, kata kunci yang dicari, sampai lama waktu kunjungan pada website. Ada pula berbagai tools lainnya yang dapat membantu Anda memeriksa SEO pada website yang Anda miliki.

Untuk menggunakannya, Anda bisa memasukkan kode-kode tertentu ke dalam website Anda agar semua data dapat terbaca.

  • Disavow Backlink yang Berkualitas Rendah

Teknik ini dilakukan untuk memantau jumlah backlink dan kata kunci negatif yang masuk ke dalam website.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah karena respon bot terhadap konten yang Anda publikasikan. Hal ini bisa membuat website sulit mendapatkan peringkat atas pada mesin pencarian (SERP) karena dianggap mengandung banyak tautan negatif atau informasi tidak penting (spam) oleh Google.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus semua tautan yang mencurigakan menggunakan fitur disavow pada Google Search Console.

Baca Juga: Mengenal SEO: Mengoptimalkan Website Di Mesin Pencarian Untuk Bisnis

Mengupdate Konten Di Website Toko Online

mengelola website toko online
Sumber: Unsplash

Dalam mengelola sebuah website tentu saja banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah Anda harus memastikan website Anda selalu update. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang melirik dan mengunjungi website Anda. Berikut ini cara agar website Anda selalu update.

  • Meminta Testimoni Pelanggan

Meminta Testimoni kepada pelanggan tentu saja menjadi hal yang penting. Dengan adanya testimoni dapat memudahkan Anda dalam mengevaluasi bisnis dan mengetahui kekurangan yang ada pada website Anda. Selain itu testimoni adalah cara yang cukup ampuh untuk mempromosikan bisnis. 

Calon costumer pun bisa melihat testimoni pelanggan untuk memastikan apakah produk yang Anda jual sesuai dengan kondisi aslinya atau tidak. Hal ini bisa mempengaruhi keputusan mereka pada saat ingin membeli barang tersebut.

  • Mengupdate Konten di Website

Dengan mengupdate konten pada website Anda akan membuat website Anda terlihat aktif. Anda bisa rutin menambahkan artikel atau mengupdate konten-konten lama agar informasinya bisa lebih lengkap dan uptodate. Pastikan juga memasukkan kata kunci yang sesuai di setiap konten agar dapat muncul di SERP (Google).

  • Menambahkan Konten Video

Menambahkan konten website yang menarik seperti video pada website Anda dapat menjadi salah satu cara agar website Anda terlihat up to date. Anda dapat membuat  konten video yang berhubungan dengan hal yang sedang happening atau trend, lalu sesuaikan dengan konsep bisnis Anda.


Itulah beberapa informasi mengenai cara mengelola dan mengupdate konten di website toko online, semoga dapat membantu bisnis yang sedang Anda kelola. 

Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks