Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah besi beton. Material ini sangat identik dengan pondasi pada konstruksi bangunan yang peranannya sangat penting. Daftar merk besi beton SNI sekarang juga sudah beragam.

Besi beton adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam konstruksi bangunan. Memakai besi beton yang tidak berkualitas akan membuat bangunan tersebut tidak kokoh dan cepat mengalami kerusakan.

Salah satu karakteristik besi beton yang berkualitas adalah sudah mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Standarisasi besi beton in sudah tertuang dalam peraturan SNI 07-2052-2002.

Karena ada aturannya, Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan besi beton. Apalagi akan digunakan untuk bangunan yang skalanya besar seperti gedung bertingkat, jembatan, atau apartemen.

Karakteristik Besi Beton SNI

Besi beton juga dikenal sebagai baja tulangan. Di Indonesia, besi beton ini diklasifikasikan ke dalam dua kelompok yaitu baja tulangan polos dengan kode BjTP dan baja tulangan sirip dengan kode BjTS.

Dalam besi beton SNI terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu ukuran dan berat besi beton, toleransi, diameter dalam, dan sirip melintang. Hal-hal seperti harus Anda perhatikan ketika membeli besi beton SNI di toko bangunan.

Daftar Merk Besi Beton SNI Di Indonesia

Sekarang ini sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menjual besi ton berstandar SNI. Pemilihan merk tentu saja perlu diperhatikan karena merek yang terkenal biasanya punya produk yang sangat berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa merk besi beton SNI di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Krakatau Steel

Perusahaan yang memproduksi besi beton berstandar SNI adalah Krakatau Steel. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1960 ini memang fokus pada pembuatan baja baik yang masih mentah maupun yang sudah jadi.

Krakatau Steel atau KS masih menjadi merk besi beton SNI di Indonesia yang banyak dipilih oleh masyarakat. Banyak toko bangunan di berbagai daerah yang juga menjual produk besi beton dari Krakatau Steel.

Karena sudah tersebar luas ke seluruh wilayah di Indonesia, Anda tidak akan begitu kesulitan untuk menemukan besi beton merk KS ini. Salah satu perusahaan yang jual besi beton SNI di Surabaya salah satunya adalah PT Baja Mas Abadi.

2. Master Steel

Perusahaan lainnya yang menjual besi beton berstandar SNI adalah Master Steel. Di Indonesia, Master Steel merupakan perusahaan yang memproduksi bata tertua. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1972 ini mempunyai pabrik pertama di Pulogadung, Jakarta Timur.

Master Steel tidak hanya memproduksi berbagai besi beton untuk masyarakat Indonesia saja. Perusahaan ini juga melebarkan sayapnya ke negara lain, beberapa diantaranya adalah Singapura, Hongkong, Vietnam, dan negara lainnya.

3. Hanil Jaya Steel

Berbeda dengan Master Steel, Hanil Jaya Steel tidak melakukan ekspor ke luar negeri. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1975 ini hanya memasarkan produknya di dalam negeri saja.

Baca juga: DAFTAR HARGA BESI BETON POLOS PER KG TERBARU

4. MSI dan HSHI

MSI dan HSHI bisa menjadi referensi merk besi beton SNI yang dapat menjadi pilihan. Banyak toko bangunan di Indonesia yang menjual besi beton dari kedua perusahaan tersebut. Hanya saja popularitasnya belum seperti Krakatau Steel.

Itulah beberapa daftar merk besi beton SNI terbaik di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan. Saran dari kami, menggunakan besi beton SNI adalah keharusan jika memang bangunannya ingin aman. Apalagi jika akan dipakai untuk bangunan umum seperti jalan, jembatan, dan gedung bertingkat.


Author

%d bloggers like this: