Indonetwork, Bahan BangunanBata tahan api adalah batu atau blok yang terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas tinggi dan digunakan dalam pembuatan dinding atau lantai dari oven, tungku, atau peralatan industri lainnya yang menghasilkan panas tinggi. 

Bata tahan api biasanya terbuat dari bahan keramik, seperti alumina atau silikat, yang memiliki sifat tahan terhadap panas tinggi dan korosi. Bata tahan api juga dapat dibuat dari bahan logam, seperti stainless steel atau baja tahan karat, yang memiliki sifat tahan terhadap panas tinggi dan korosi yang lebih tinggi daripada bahan keramik. 

Jenis Bata Tahan Api

penggunaan bata tahan api
Sumber: Unsplash

Bata tahan api sering digunakan dalam pembuatan oven, tungku, pemanas, dan peralatan lainnya yang menghasilkan panas tinggi.

Terdapat dua jenis bata tahan api, yaitu:

  1. Bata tahan api jenis alumina silika dengan kandungan alumina yang lebih kecil daripada kandungan silika. Kandungan alumina biasanya berkisar antara 20% hingga 48%, sementara kandungan silika bisa mencapai 70%.
  2. Bata tahan api jenis alumina silika dengan kandungan alumina yang lebih tinggi daripada kandungan silika. Kandungan alumina biasanya berkisar antara 50% hingga 96%, sementara kandungan silika biasanya kurang dari 45%.

Kegunaan Bata Tahan Api

bata tahan api

Fungsi utama bata tahan api adalah menahan panas tinggi yang dihasilkan oleh oven, tungku, atau peralatan industri lainnya. Bata tahan api juga memiliki sifat tahan terhadap korosi dan abrasi, sehingga dapat digunakan dalam lingkungan yang korosif atau abrasif. 

Bata tahan api juga dapat digunakan sebagai bahan isolasi termal untuk mencegah panas yang dihasilkan oleh oven atau tungku mengalir ke bagian lain dari bangunan. Selain itu, bata tahan api juga dapat digunakan sebagai bahan pembatas api untuk mencegah terjadinya kebakaran atau api yang menyebar ke bagian lain dari bangunan.

Salah satu contoh aplikasi dari fungsi bata tahan api ada pada industri pembuatan gula pasir. Pabrik gula menggunakan bata tahan api untuk membuat boiler, yaitu peralatan yang digunakan untuk menghasilkan energi panas yang dibutuhkan untuk mengolah nira tebu menjadi gula kristal yang kita konsumsi setiap hari. 

Baca Juga: Fungsi Semen Castable Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bata tahan api dipasang di dalam boiler untuk mencegah kerusakan pada kerangka boiler akibat panas yang dihasilkan, sehingga kerangka boiler menjadi lebih tahan lama. Selain itu, bata tahan api juga digunakan untuk mengisolasi ruangan reaksi panas dari sekelilingnya agar kehilangan panas semakin sedikit, memisahkan ruang api dengan ruang reaksi, serta melindungi bagian dari boiler, kiln, incinerator, rotary kiln, seperti plat baja, dll.

Selain itu, aplikasi bata tahan api lainnya mencakup:

  • Komponen-komponen dapur atau oven (furnace) meliputi refraktori padat, isolator, refraktori cor, penanganan logam cair, elemen pemanas, dan perkakas oven. 
  • Komponen-komponen mesin otomotif meliputi busi, silinder pompa, katup, dan rotor turbocharger. Komponen-komponen gas turbin meliputi ruang bakar, sudu-sudu turbin, dan pemindah panas. 
  • Komponen penahan panas meliputi dinding pesawat ulang alik, isolator panas, lapisan penahan panas, dan bahan tahan api.

Rekomendasi Jual Bata Tahan Api

Jika Anda membutuhkan bata tahan api untuk usaha Anda, Anda bisa mendapatkannya di PT. Ajitama. 

Ajitama jual bata tahan api dan bahan-bahan lainnya. Kami berfokus pada penyediaan dan pemasangan bahan refraktori seperti bata tahan api, bata isolasi, mortar, castable, dan bahan isolasi seperti fiber ceramic, rockwool, glasswool, polyurethane, dan kalsium silikat. Perusahaan kami juga menyediakan jasa pemasangan untuk semua produk-produk tersebut.

Segera dapatkan kebutuhan Anda di PT. Ajitama dan segera berbisnis!

Enable Notifications OK No thanks