Jakarta-Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), asosiasi yang membawahi puluhan merek mobil di dalam negeri menyambut baik dimulainya vaksinasi corona (Covid-19) di Tanah Air mulai 13 Januari 2021.

Menurut Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi vaksin adalah harapan bagi semua lapisan masyarakat, termasuk industri otomotif.

“Itu harapan semua orang,” kata Nangoi melalui sambungan telepon, Rabu (13/1).

Indonesia merupakan negara yang ikut memulai vaksinasi. Selebrasi kegiatan ini ditandai penyuntikan vaksin pada Presiden Joko Widodo dan diikuti sejumlah pejabat pemerintahan lain.

Nangoi bilang vaksin menjadi salah satu unsur penting dalam pemulihan ekonomi di Indonesia.

Kata Nangoi vaksin dapat menimbulkan keyakinan di tengah masyarakat karena bersifat menimbulkan kekebalan terhadap penyakit sehingga roda perekonomian kembali berputar.

“Ya dengan vaksin kan ada kekebalan tubuh. Maka maka diharapkan orang yang terinfeksi atau tertular menurun. Maka dengan itu ekonomi bisa berputar dan bisa menimbulkan keyakinan masyarakat,” ucap dia.

Jika kondisi itu tercipta, menurut Nangoi masyarakat akan kembali beraktivitas normal seperti biasa sehingga kebutuhan akan kendaraan naik.

Penjualan mobil nasional terekam mengalami penyusutan cukup tajam imbas pandemi. Data retail Gaikindo periode Januari-November 2020 menyebutkan penjualan berjumlah 474.910 unit atau turun 49,8 persen dari periode serupa tahun kemarin sebanyak 945.245 unit.

“Kalau ekonomi berputar tentu pembangunan jalan, orang kembali keluar dan traveling juga jalan. Jadi mereka pasti butuh kendaraan,” kata Nangoi.