Indonetwork, Peralatan Industri – Salah satu komponen penting di mesin industri yaitu gearbox. Gearbox adalah komponen yang berfungsi sebagai sistem pemindah tenaga atau untuk memindahkan tenaga atau daya mesin dari satu bagian ke bagian lain. Hampir semua mesin-mesin pabrik, perikanan, hingga pertambangan memiliki gearbox.

Penggunaan mesin yang terus-menerus dalam beban berlebihan, membuat komponennya cenderung menjadi rentan terhadap kerusakan, termasuk gearbox. Umumnya, kerusakan gearbox disebabkan oleh pelumasan yang buruk, serta kelebihan kapasitas yang merusak gigi dan bearing.

Pemberian pelumas yang tidak teratur akan menyebabkan gesekan berlebihan dan overheating pada gigi. Begitu pula dengan kualitas oli yang diberikan turut mempengaruhi kinerja komponen gearbox.

Mengingat pentingnya komponen satu ini, membuat jadwal pengecekan dan perawatan rutin adalah langkah yang baik untuk menjaga gearbox tahan lama dan bekerja dengan baik. Pada rangkaian perawatan gearbox, pemberian oli industri yang tepat tidak boleh sampai terlewatkan.

Oli industri untuk mesin gearbox adalah jenis oli khusus yang diformulasikan untuk sistem transmisi pada setiap bagian mesin industri. Beberapa bagian penting pada gearbox yang memerlukan pelumasan yaitu, gigi (gears), bearing, poros (shafts), seals, sistem pelumasan, serta baut dan sekrup.

Lebih lanjut mengenai manfaat, jenis, dan panduan memilih oli industri untuk mesin gearbox dapat Anda simak di bawah ini.

Manfaat Pemberian Oli pada Mesin Gearbox

oli industri untuk gearbox
Sumber: My Engine Needs

Pemberian pelumas oli industri pada gearbox ditujukan untuk memastikan kelancaran operasi mesin dan mencegah keausan pada mesin. Beberapa manfaat pemberian oli gearbox, yaitu:

Melumasi

Pemberian oli bermanfaat untuk melumasi komponen-komponen gearbox, sehingga dapat mengurangi gesekan berlebihan dan overheating. Dengan begitu, semua komponen gearbox dapat berputar lancar dan operasional gearbox menjadi lebih efisien.

Sebagai Agen Pendinginan

Selama beroperasi, gearbox menghasilkan panas yang lambat laun akan merusak komponen. Pemberian oli industri pada gearbox dapat membantu menyerap panas, sehingga mencegah terjadinya overheating.

Membersihkan dan Melindungi

Debu dan kotoran-kotoran akan mengganggu kinerja mesin, membuat mesin berputar dengan kasar dan lebih berat. Oli gearbox dapat membantu melindungi dan membersihkan permukaan komponen gearbox dari partikel-partikel kecil yang dapat menghambat kinerja komponen gearbox.

Mencegah Korosi

Pemberian oli gearbox juga membantu melindungi komponen dari korosi karena permukaan yang lembap atau karena kontaminan lain.

Meminimalisir Getaran

Mesin yang bekerja pasti menghasilkan bunyi dan getaran, baik keras maupun halus. Dengan pemberian oli gearbox dapat mengurangi bunyi atau getaran tersebut sehingga membuat mesin bekerja lebih tenang.

Baca Juga: Kenapa Perlu Ganti Oli Kompresor AC Rumah? Ini Penjelasan dan Caranya

Jenis Oli Industri untuk Gearbox

jelis oli industri untuk gearbox
Sumber: Statewide Bearings

Di pasaran, ada berbagai jenis oli industri yang dapat digunakan sebagai oli gearbox, di antaranya:

Oli Sintesis

Oli jenis ini menawarkan stabilitas viskositas yang baik dalam berbagai suhu dan kondisi operasional. Sifat pelumasnya baik sehingga dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis gearbox.

Oli Mineral

Oli yang berbahan dasar minyak bumi ini memiliki harga lebih terjangkau. Namun, penggantiannya perlu lebih rutin karena kurang tahan terhadap suhu ekstrem.

Oli Tahan Panas

Oli tahan panas sangat cocok untuk gearbox yang terbiasa beroperasi dalam suhu tinggi. Oli ini dirancang agar dapat menjaga stabilitas viskositas pada suhu yang ekstrem.

Oli EP (Extreme Pressure)

Oli ini diformulasikan khusus untuk gearbox yang bekerja dalam tekanan tinggi dan beban berat. Terdapat zat aditif tambahan yang melindungi komponen gearbox.

Tips Memilih Oli Industri untuk Mesin Gearbox

Seperti yang disebutkan sebelumnya, oli industri untuk gearbox adalah jenis oli khusus yang dirancang sebagai pelumas gearbox dan sistem transmisi industri. Oli gearbox memiliki sifat-sifat tertentu yang tidak semua kompatibel untuk mesin lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu cermat dan mempertimbangkan beberapa faktor dalam memilih oli gearbox yang tepat, di antaranya:

Jenis Mesin dan Spesifikasi Produsen

Pada kenyataannya, tidak semua jenis oli industri cocok diaplikasikan sebagai oli gearbox. Hal ini karena setiap mesin dapat memiliki spesifikasi khusus tersendiri untuk jenis oli gearbox yang digunakan. Informasi ini dapat Anda lihat di buku panduan mesin.

Jenis Gearbox

Pertimbangkan juga jenis gearbox yang Anda gunakan. Gearbox manual, otomatis, dan industri mungkin memerlukan jenis oli yang berbeda. Pemberian gearbox yang tidak sesuai justru akan membuat kinerja komponen tidak maksimal.

Viskositas

Viskositas oli merupakan kemampuan oli mengalir pada suhu tertentu. Aspek ini menjadi parameter penting dalam memilih oli gearbox.

Sebelum memilih oli untuk gearbox, periksa terlebih dulu kondisi gearbox secara menyeluruh. Viskositas oli untuk gearbox yang bekerja pada beban ringan dan suhu rendah, tentu berbeda dengan viskositas oli untuk gearbox yang bekerja pada beban berat dan suhu tinggi. 

Spesifikasi ISO VG

Spesifikasi ISO VG (International Standard Organization Viscosity Grade) adalah sistem standar untuk mengukur viskositas oli industri pada suhu 40 derajat Celsius. Spesifikasi ISO VG menunjukkan standar kualitas oli gearbox yang direkomendasikan oleh produsen mesin.

Biaya

Ada banyak jenis oli gearbox dengan harga berbeda. Pilih oli yang sesuai anggaran Anda, misalnya oli gearbox yang lebih terjangkau. Namun, perhatikan juga kualitas olinya.

Baca Juga: Apa Fungsi Filter Oli dan Jenis- jenisnya

Rekomendasi Distributor Oli Industri Terbaik

Salah satu oli industri yang dapat digunakan untuk gearbox yaitu Universal Oli HD-X untuk Industri yang bisa Anda dapatkan dari supplier oli industri. Penggunaan oli tersebut untuk gearbox tetap harus memperhatikan spesifikasi gearbox dan ISO VG yang Anda gunakan.

Apabila Anda mencari oli industri untuk kebutuhan lain, Anda bisa menghubungi PT Global Gemilang Sukses, distributor oli industri resmi untuk produk GPA sejak tahun 1990an. Perusahaan tersebut menyediakan oli gardan, gemuk GPA, hingga powerlube untuk oli hydrolic. Hubungi sekarang untuk dapatkan penawaran dan harga terbaiknya.

Enable Notifications OK No thanks