Indonetwork, Elektronik – Kabel High-Definition Multimedia Interface (HDMI) menjadi salah satu perangkat pelengkap pengguna laptop untuk kebutuhan menghubungkan perangkat elektronik, seperti televisi, monitor komputer, proyektor, dan lainnya.

Kabel HDMI dirancang khusus untuk mentransmisikan sinyal audio dan video berkualitas tinggi dalam satu kabel. HDMI juga memiliki beragam jenis seiring berkembangnya waktu, seperti HDMI 1.4, HDMI 2.0, HDMI 2.1, dan seterusnya.

Untuk mengulas lebih lanjut mengenai kabel HDMI, selengkapnya berikut ini uraian mengenai jenis-jenis kabel HDMI dan fungsinya.

Kabel HDMI tersedia dalam berbagai tipe dan jenis, yang masing-masing memiliki spesifikasi dan kemampuan yang berbeda.

Tipe kabel HDMI

Berdasarkan ukuran konektornya, kabel HDMI dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:

Tipe A

kabel hdmi type a
Sumber: Google

Tipe A adalah tipe konektor HDMI yang paling umum. Konektor ini memiliki ukuran yang sama dengan konektor USB Type-A. Tipe ini merupakan tipe kabel HDMI yang paling banyak digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik di rumah.

Tipe C

kabel hdmi type c
Sumber: Google

Tipe C adalah tipe konektor HDMI yang lebih kecil dari tipe A. Konektor ini memiliki ukuran yang sama dengan konektor micro-USB. Tipe C biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik portabel, seperti kamera dan tablet.

Tipe D

jenis kabel hdmi type d
Sumber: Google

Tipe D adalah tipe konektor HDMI yang paling kecil. Konektor ini memiliki ukuran yang sama dengan konektor mini-USB. Tipe D biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik yang sangat portabel, seperti smartphone.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel HDMI

Jenis kabel HDMI

jenis kabel HDMI
Sumber: Coolblue

Berdasarkan kemampuannya, kabel HDMI dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

Kabel HDMI standar

Kabel HDMI standar adalah jenis kabel HDMI yang paling umum. Kabel ini dirancang untuk mendukung resolusi video hingga 1080p.

berkecepatan tinggi

HDMI ini memiliki kecepatan tuinggi dan dirancang untuk mendukung resolusi video hingga 4K. Kabel ini juga mendukung fitur-fitur seperti 3D dan Deep Color.

tinggi premium

Kabel in memiliki berkecepatan tinggi premium dirancang untuk mendukung resolusi video hingga 4K pada 60 Hz. Kabel ini juga mendukung fitur-fitur seperti HDR dan rentang warna yang diperluas.

Kabel HDMI berkecepatan ultra tinggi

Kabel HDMI berkecepatan ultra tinggi dirancang untuk mendukung resolusi video hingga 8K. Kabel ini juga mendukung fitur-fitur seperti HDR dan rentang warna yang diperluas.

Fungsi HDMI pada Laptop

  • Menampilkan presentasi di layar yang lebih besar, seperti televisi atau proyektor
  • Menonton film dan bermain game di layar yang lebih besar dan lebih berkualitas
  • Menghubungkan laptop ke sistem home theater untuk mendapatkan pengalaman menonton dan mendengarkan yang lebih baik
  • Menggunakan laptop sebagai monitor eksternal untuk perangkat lain, seperti komputer desktop atau konsol game

Fungsi HDMI pada TV LED

  • Menonton film dan bermain game dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik
  • Menghubungkan TV LED ke sistem home theater untuk mendapatkan pengalaman menonton dan mendengarkan yang lebih baik
  • Menggunakan TV LED sebagai monitor eksternal untuk perangkat lain, seperti laptop atau komputer desktop
  • Menampilkan presentasi atau video dari perangkat lain di layar TV LED yang lebih besar

Fungsi HDMI pada Set Top Box

  • Menonton siaran TV digital dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik
  • Menghubungkan STB ke sistem home theater untuk mendapatkan pengalaman menonton dan mendengarkan yang lebih baik
  • Menggunakan STB sebagai monitor eksternal untuk perangkat lain, seperti laptop atau komputer desktop
  • Menampilkan presentasi atau video dari perangkat lain di layar TV yang lebih besar

Cara Menggunakan Kabel HDMI di Perangkat Elektronik

Berikut ini beberapa langkah menggunakan kabel HDMI di perangkat elektronik secara umum.

  • Pastikan perangkat elektronik yang Anda gunakan memiliki port HDMI. Port HDMI biasanya ditandai dengan logo HDMI.
  • Hubungkan kedua perangkat elektronik menggunakan kabel HDMI. Pastikan ujung kabel HDMI yang satu terhubung ke port HDMI pada perangkat elektronik yang akan mengirimkan sinyal, dan ujung kabel HDMI yang lain terhubung ke port HDMI pada perangkat elektronik yang akan menerima sinyal.
  • Pada perangkat elektronik yang akan mengirimkan sinyal, pilih output HDMI sebagai output tampilan utama atau tambahan.
  • Pada perangkat elektronik yang akan menerima sinyal, pilih input HDMI sebagai input tampilan.
    Setelah terhubung, perangkat elektronik yang akan menerima sinyal akan secara otomatis mendeteksi perangkat elektronik yang akan mengirimkan sinyal dan menampilkan gambar di layarnya.
  • Jika gambar tidak ditampilkan, Anda perlu memilih input HDMI secara manual pada perangkat elektronik yang akan menerima sinyal.

Baca Juga: 14 Perlengkapan Sound System dan Fungsinya

Tips Membeli Kabel HDMI

Bagi Anda yang ingin membeli kabel HDMI untuk berbagai kebutuhan menghubungkan perangkat elektronik, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa tips berikut ini agar mendapatkan kabel HDMI dengan kualitas terbaik.

Versi HDMI

Pilih kabel dengan versi HDMI yang sesuai dengan perangkat Anda. Versi terbaru, seperti HDMI 2.1, menawarkan kemampuan lebih tinggi seperti resolusi lebih tinggi, refresh rate yang lebih cepat, dan fitur-fitur canggih lainnya.

Panjang Kabel

  • Pertimbangkan panjang kabel HDMI yang Anda butuhkan. Pastikan panjang kabel mencukupi untuk menghubungkan perangkat Anda tanpa terlalu pendek atau terlalu panjang.Kualitas Bahan dan Konstruksi
  • Pilih kabel dengan konstruksi yang berkualitas dan bahan yang tahan lama. Kabel dengan pelindung tambahan, konektor emas, dan isolasi yang baik dapat membantu mencegah interferensi dan memastikan transmisi sinyal yang baik.

Kesesuaian dengan Standar HDMI

Pastikan kabel mematuhi standar resmi HDMI. Kabel HDMI yang bersertifikasi HDMI Compliance Test Specification (CTS) dapat memberikan jaminan kualitas dan kinerja sesuai standar.

Kesesuaian dengan HDCP

Cek apakah kabel mendukung HDCP (High-bandwidth Digital Content Protection) jika Anda berencana untuk memutar konten yang dilindungi hak cipta, seperti Blu-ray atau streaming layanan.

Demikian uraian mengenai jenis-jenis kabel HDMI serta beberapa tips yang perlu diperhatikan. Selain itu pastikan untuk membeli kebel HDMI di toko perangkat elektronik yang terpercaya. Salah satunya pada situs jual kabel HDMI terdekat berikut ini.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks