Pompa Hidrolik – Halo indonetworkers, apa kabar ? semoga semua baik baik saja, pada pembahasan kali ini kami akan membahas dan merangkum seputar pompa hidrolik yang lebih spesifik ke dalam unit tenaga atau yang biasa di sebut power pack. Power Pack sendiri memiliki komponen yang berfungsi sebagai prime mover atau yang kita kenal dengan penggerak awal.

Sumber tenaga pompa ini pun bisa di dapatkan dari energy listrik ataupun dari hasil panas yang di berikan oleh pembakaran. Nama komponen itu sendiri adalah pompa hidrolik, mekanisme pompa ini pun seperti merubah listrik atau bakar menjadi mekanikal energy dan digunakan untuk melakukan penghisapan hidrolik yang kelanjutannya adalah menyalurkan ke sistem itu sendiri ( Hidrolik) dan digunakan sebagai bahan penggerak komponen lain nya.

Berikut ini 5 pompa hidrolik yang paling banyak di gunakan di dunia industry atau pabrik, simak ulasan dibawah ini:

Jenis – Jenis Pompa Hidrolik

1.Pompa Hidrolik Bertipe Roda atau Hydraulic Pump Gear

Model seperti ini paling sering di gunakan dalam system hidrolik, kekuatan yang di berikan dari setiap perputaran gigi.

Selanjutnya memberikan daya hisap, dan sesaat kemudian oli akan masuk di antara gigi yang ada di rumah pompa, lalu berlanjutan ke saluran (Outlet) dan disalurkan kembali ke atas.

2. Pompa Hidrolik Tipe Impeller/ Fan

Jenis ini cara kerjannya hamper sama atau sama persis dengan pompa air rumahan, atau juga seperti pada pompa aquarium. Jenis ini menggunakan rumah yang di dalamnya berbentuk setengah lingkaran dan memiliki 2 buah lubang inlet dan outlet dengan posisi yang berlawanan arah.

Sistem seperti ini memiliki tujuan agar tekanan pada cairan hidrolik berimbang. Fans akan di pasang pada jalur beralur dan mengakibatkan gaya sentrifugal.

3. Pompa Hidrolik Tipe Torak (Hydraulic Piston Pump)

Pada jenis ini memiliki tipe piston atau silinder yang mekanismenya sama persis pada kompresor, yang menjadi pembeda nya hanya media nya saja. Kalau di kompresor yang di pompa adalah tekanan udara, namun berbeda halnya dengan pompa hidrolik yang di pompa oli dari poros engkol masuk ke dalam piston dengan posisi yang terbuka. Sehingga cairan dapat di tekan melalui valve.

Mengambil intisari dari yang sudah di jeleakan di atas, jenis roda gigi lah yang baling banyak digunakan, karena umurnya lebih panjang dengan maintenance lebih murah, selain itu kelebihan lainya adalah getaran yang tidak terlalu berar.

Seperti yang kita ketahui pompa ini bisa digerakan oleh tenaga listri atau bakar disesuaikan dengan kebutuhan.

Tadi adalah pembahasan mengenai jenis jenis pompa hidrolik yang paling banyak digunakan, adapun penjelasan terperinci  nya bisa di dapatkan pada artikel artikel lain yang lebih lengkap ulasan tentang pompa hidrolik yang membahas keuntungan dari masing masing pompa, dan jenis jenis yang lebih lengkap.

(Peralatan Industri – Indonetwork)