Indonetwork, FeaturedSetiap orang yang sudah memiliki rumah pasti ingin menciptakan suasana agar terasa nyaman dan aman selama dihuni. Selain membuat mini garden, kanopi juga menjadi salah satu fitur yang digemari untuk menunjang kenyamanan.

Kanopi bukan hanya berfungsi sebagai atap yang melindungi halaman atau garasi dari hujan dan terik matahari langsung, melainkan juga dapat mempercantik tampilan eksterior hunian dan perkantoran. Ada berbagai pilihan bahan dan model kanopi, salah satu yang paling banyak digunakan yaitu kanopi galvalum.

Kanopi dengan material galvalum memiliki harga terjangkau dan diyakini awet hingga puluhan tahun. Bagi Anda yang sedang memilih material untuk kanopi, berikut uraian tentang kanopi galvalum yang dapat digunakan sebagai referensi.

Apa Itu Galvalum?

Sebenarnya, galvalum bukan nama material, melainkan metode pelapisan logam agar awet dan anti karat. Melansir archify.com, istilah galvalum dikembangkan oleh Bethlehem Steel (AS) pada 1970an sebagai merek dagang dengan nama “Galvalume”. Namun, perusahaan tersebut harus gulung tikar pada 2003. Sejak saat itu, galvalum menjadi istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada logam tahan karat yang termasuk material bangunan.

Secara sekilas, galvalum tampak mirip dengan galvanis. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada proses pelapisannya. Galvanis hanya menggunakan pelapis seng (zinc), sementara galvalum menggunakan bahan aluminium, seng, dan sedikit silikon. 

Galvalum erat dikaitkan penggunaannya untuk atap kanopi maupun atap secara keseluruhan. Kanopi galvalum akan sangat cocok dan tampak estetik jika dipasang di teras rumah minimalis. Namun, galvalum juga banyak dipilih untuk melengkapi atap halaman atau bagian tertentu dari gedung perkantoran.

Baca Juga: STAINLESS STEEL: PENGERTIAN, JENIS, MANFAAT DAN HARGA

Kelebihan Kanopi Galvalum

keunggulan kanopi galvalum

Awet dan tahan lama

Galvalum termasuk material yang memiliki daya tahan lama daripada material lain untuk kanopi. Karena pelapisannya lebih kompleks dari galvanis, kanopi berbahan galvalum sanggup tahan dari rayap, karat, hingga perubahan cuaca yang ekstrem.

Terjangkau dan dapat dijadikan sebagai investasi

Meski sedikit lebih mahal dari baja ringan, namun harga kanopi galvalum sepadan dengan kualitasnya. Usia kanopi galvalum ditaksir mampu mencapai puluhan tahun. Tentunya ini sangat menguntungkan Anda karena akan membantu menekan biaya perawatan atau renovasi.

Memberi kesan modern dan futuristik

Kanopi galvalum tersedia berbagai macam kuda-kuda, mulai dari 8–10 meter hingga 10–12 meter. Namun, Anda dapat custom dengan menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Custom kanopi galvalum bukan hanya untuk ukuran saja, melainkan juga desainnya. Dengan adanya teknologi laser cutting yang rapi untuk kanopi galvalum, Anda dapat request berbagai model yang dapat memberi kesan modern dan futuristik saat dipasang.

Aman dan stabil

Jika ditinjau dari segi keamanan, kanopi galvalum tentu dapat diandalkan. Hal ini karena kanopi galvalum mengusung struktur yang mengutamakan plat buhul dalam setiap tumpuan sendinya. Dengan begitu, kanopi galvalum dapat lebih stabil dan kokoh terhadap pemuaian, korosif, maupun ketahanan api.

Cocok untuk segala jenis genteng

Salah satu alasan mengapa memilih kanopi galvalum yakni karena mendukung banyak jenis genteng. Bukan hanya genteng keramik saja, melainkan juga genteng metal dan beton berat cocok jika dipasang dengan kanopi galvalum.

Model Kanopi Galvalum

Ada berbagai model kanopi galvalum yang dapat Anda pilih di pasaran. Harganya tentu berbeda-beda, tergantung ukuran, detail dekorasi tiang, dan penggunaan material atap. Beberapa model kanopi galvalum di antaranya:

  • Kanopi galvalum rangka atap besi hollow 30 x 30 mm, dipasangkan dengan kanopi material polycarbonate, seharga Rp250.00an/meter.
  • Kanopi galvalum rangka atap besi hollow 30 x 30 mm, dipasangkan dengan kanopi spandek baja ringan, seharga Rp275.000an/meter.
  • Kanopi galvalum rangka atap besi hollow double galvis 40 x 60 mm, dipasangkan dengan kanopi material spandek baja ringan atau polycarbonate, seharga Rp600.000an/meter.

Baca Juga: 5 CONTOH KURSI TAMAN DARI BESI DAN FUNGSINYA

Fungsi kanopi pada dasarnya adalah sebagai pelindung rumah atau bangunan dari hujan, sinar matahari, hingga kondisi cuaca ekstrem. Namun, adanya kanopi di rumah minimalis tentu sangat dapat menambah estetika dan gaya modern hunian.

Mitra Laser Cutting merupakan perusahaan yang berpengalaman dalam pembuatan kanopi plat besi galvalum. Perusahaan ini telah dipercaya bertahun-tahun sebagai jasa potong plat besi dari berbagai jenis material seperti alumunium, tembaga, besi, galvanis, stainless steel, galvanil, galvalum, hingga kuningan. Pemotongannya menggunakan teknologi laser cutting dan cutting cnc router mengikuti desain dengan rapi. Bukan hanya melayani pengerjaan kanopi, melainkan juga pembuatan pagar dan pintu, fasad bangunan, railing tangga, partisi ruang, hingga huruf timbul. Anda dapat menghubungi mereka via telepon atau datang langsung ke alamat Jl. Kertamukti Haji Nipan, Pisangan Ciputat Timur Tangerang Selatan.

Enable Notifications OK No thanks