Sekarang ini banyak orang yang menggunakan jenis pipa PVC dan pipa besi untuk berbagai kebutuhan rumah dan lainnya. Namun sekarang ini juga sudah banyak orang yang memakai jenis pipa galvanis. Perusahaan yang jual pipa galvanis juga sudah banyak saat ini.

Pipa galvanis ini sudah dilapisi dengan material seng untuk melindunginya dari karat. Sehingga bila dilihat dari keawetannya, pipa galvanis ini tidak perlu diragukan lagi. Pipa ini punya daya tahan yang tinggi terhadap korosi dibandingkan pipa besi.

Apa Itu Pipa Galvanis?

Sama seperti pipa pada umumnya, pipa galvanis juga termasuk pipa besi yang berbentuk tabung panjang. Namun pipa ini memiliki warna silver abu-abu dan jika sudah digunakan bertahun-tahun akan berubah jadi gelap terang, gelap, atau kusam.

Keunggulan Pipa Galvanis

Selain punya ketahanan yang kuat terhadap karat, pipa ini juga mempunyai keunggulan lainnya. Apa saja itu? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Harga Terjangkau

Meskipun daya tahannya kuat, namun tak membuat harga jual dari pipa galvanis ini mahal. Pipa ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat memperolehnya pada kisaran harga Rp160 ribuan untuk ketebalan 2,6 mm dan panjang 6 meter.

Harga pipa galvanis ini akan semakin mahal jika ketebalannya semakin besar. Namun Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

2. Tahan Karat

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, pipa galvanis sangat kuat terhadap korosi. Inilah yang menjadi keunggulan pipa galvanis dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Pipa ini sangat cocok digunakan di area yang mengandung bahan kimia atau pantai. Karena pipa tidak akan mudah mengalami korosi meskipun dalam waktu yang lama.

Pipa galvanis ini banyak digunakan sebagai pagar rumah atau railing tangga outdoor. Tanggal scaffolding juga menggunakan pipa galvanis supaya lebih lama digunakan.

3. Awet Digunakan

Pipa galvanis juga lebih awet dibandingkan dengan pipa plastik. Lapisan sengnya membuat pipa ini bisa bertahan bertahun-tahun, apalagi jika digunakan di pedesaan atau area yang jauh dari bahan-bahan kimia.

Di perkampungan, pipa galvanis bisa bertahan hingga 50 tahun. Sementara di perkotaan atau area industri bisa bertahan hingga 25 tahun. Polusi yang ada di daerah tersebut merupakan bahan kimia yang bisa mengurangi tingkat keawetan pipa galvanis.

Karena tidak perlu gonta-ganti pipa, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan untuk konstruksi bangunan berskala besar seperti gedung atau bangunan dengan saluran pipa yang rumat.

Perlu Anda ketahui juga bahwa biaya untuk perbaikan pipa galvanis ini juga tergolong mahal. Belum lagi Anda harus membeli pipa yang baru.

4. Kuat

Pada dasarnya pipa galvanis ini material utamanya adalah besi, sehingga untuk sisi kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Pipa ini tahan banting dan sulit untuk dipecahkan.

Pipa galvanis tidak akan mudah mengalami kerusakan ketika Anda melakukan pengangkutan dari satu tempat ke tempat lain. Namun sayangnya pipa ini sangat berat, sehingga Anda memerlukan banyak orang untuk mengangkutnya.

Bagi Anda yang ingin membeli pipa galvanis bisa dilakukan di PT Baja Mas Abadi. Perusahaan yang terletak di Surabaya ini jual pipa galvanis 4 inchi dan ukuran lainnya. Tidak hanya itu perusahaan ini juga menjual material bangunan yang lainnya.

Itulah ulasan kami kali ini mengenai pipa galvanis. Pipa ini memang sangat cocok untuk Anda yang ingin menggunakannya di daerah perkotaan atau tempat industri. Karena pipa galvanis sangat sangat sulit mengalami korosi.


Author

%d bloggers like this: