Indonetwork , Bahan Bangunan – Saat ini inovasi di bidang konstruksi semakin banyak dan bervariasi. Konstruksi baja gedung yang dahulu hanya digunakan untuk gedung pencakar langit, saat ini sudah biasa digunakan mulai dari rumah minimalis hingga rumah mewah dengan desain modern.

Konstruksi baja merupakan bidang konstruksi yang komponen utamanya atau pondasi utamanya adalah baja. Konstruksi baja telah dikembangkan dan lebih kokoh serta aman untuk bangunan yang tinggi dan luas. Konstruksi baja merupakan solusi yang sangat tepat dalam konstruksi bangunan bangunan besar dan tinggi karena dapat menekan biaya dan efisiensi.

Selain dapat menghemat biaya pembangunan, struktur baja merupakan investasi jangka panjang yang menjanjikan. Meski nantinya dibongkar, struktur baja masih memungkinkan untuk dijual dengan nilai yang tinggi di pasaran.

Kelebihan Konstruksi Baja Gedung

konstruksi baja gedung

Struktur baja merupakan salah satu bagian dari sebuah bangungan yang terbuat dari struktur baja. Struktur baja adalah konstruksi baja gedung dengan bentuk dan komposisi kimia sesuai dengan spesifikasi pada proyek. Bahan yang digunakan membentuk baja adalah besi dan karbon, mangan, logam campuran dan beberapa zat kimia tertentu yang ditambahkan ke dalam besi dan karbon.

Baja dibuat dari canai panas atau dingin dengan pengelasan antar plat datar atau tekuk tergantung pada spesifikasi yang berlaku pada setiap kebutuhan proyek konstruksi.

Berikut beberapa keunggulan dari konstruksi baja gedung:

1. Memiliki Daya Tahan Tinggi dan Kokoh

Material baja memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang paling tinggi daripada material lainnya. Kekuatan yang dihasilkan baja dilihat persatuan berat. Maka konstruksi baja gedung sangat cocok untuk bangunan pencakar langit

2. Hemat biaya

Produksi baja memerlukan biaya yang lebih murah. Perawatan baja pun tidak semahal material lainnya. Dengan bahan yang bisa didaur ulang, maka bisa menghemat lagi biaya yang dikeluarkan.

3. Kesehatan dan Keselamatan

Struktur baja diproduksi di pabrik yang kemudian langsung dilakukan pemasangan oleh tenaga terampil. Tenaga yang bekerja pun lebih aman karena menggunakan alat berat untuk pemasangan. Selain itu, pemasangan baja juga sangat sedikit menghasilkan debu dan kebisingan sehingga polusi yang dikeluaran lebih sedikit.

BACA JUGA: Kenali Proses Pembuatan dan Kegunaan Kawat Bendrat

4. Estetika

Bangunan dengan konstruksi baja gedung akan terlihat mirip dengan struktur beton ketika sudah dilakukan finishing. Dengan struktur baja, maka bangunan akan memiliki kualitas estetika yang lebih baik dan mudah dikreasikan sesuai dengan kebutuhan proyek. Selain dari sisi estetika, struktur baja memiliki daya tarik lebih, dari tampilan pun akan terlihat lebih bersih dan elegan. Maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan struktur baja pada bangunan Anda.

5. Daya tahan lama

Baja adalah bahan yang tidak mudah membusuk, tidak terbelah, dan tidak melintir bahkan pecah. Semua keunggulan ini membuat baja memiliki durabilitas tinggi dan perawatan rendah. Menggunakan baja juga dapat meningkatkan nilai properti yang dibangun. Bangunan modern banyak yang menggunakan bahan baja ketimbang material kayu.

6. Memiliki Sifat yang Sama

Seluruh baja diproduksi dengan standar yang sama. Dengan kata lain, dimanapun anda membeli baja pasti memiliki kualitas yang sama dan terjamin.  Begitu pula dengan CV.Beta Construction menyediakan jasa konstruksi baja gedung yang kualitasnya unggul.

7. Dapat Didaur Ulang

Baja merupakan salah satu material yang dapat didaur ulang dan dapat dimanfaatkan kembali. Proses ini tidak merusak atau melemahkan baja.

8. Mudah dirangkai dan disambung

Baja sangat mudah dirangkai dan disambung ketimbanga material lainnya. Baja dapat dirangkai dengan las, keling, atau juga bisa menggunakan penghubung baut. Dengan hal ini, baja dapat dengan cepat dan mudah dalam instalasinya yang tentunya mempercepat pelaksanaan konstruksi.

9. Tahan Gempa

Material baja dapat memiliki kapasitas yang memadai untuk menahan beban yang disebabkan oleh gempa bumi. Dengan sifat yang ulet dan fleksibel, banyak sambungan balok ke kolom dalam bangunan yang dirancang untuk mendukung beban gravitasi.

Jenis-jenis Konstruksi Baja Gedung

konstruksi gedung baja

1. Tipe Rangka

Baja tipe rangka ini dapat diaplikasikan untuk menara, jembatan, bangunan gudang, tower listrik, dan lain sebagainya. Tipe rangka merupakan konstruksi baja yang terdiri dari beberapa batang baja yang terdiri antara batang tarik, batang balok lentur. Struktur ini menyusun batang baja agar memperkuat satu sama lain sehingga rangka ini cukup kuat dan populer untuk saat ini.

2. Tipe Cangkang

Tipe cangkang ini diaplikasikan pada bangunan yang memiliki kubah atau penutup di bagian atasnya. Bangunan yang menggunakan baja tipe ini seperti stadion, masjid, dan lain sebagainya. Umumnya tipe cangkang ini dikombinasikan dengan tipe rangka untuk mendapatkan daya tahan tinggi. Konstruksi baja tipe cangkang diutamakan untuk menahan tarikan dan pada kubahnya berfungsi untuk menahan beban.

3. Tipe Suspensi

Perbedaan rangka tipe ini adalah adanya kabel tarik. Baja dengan tipe suspensi digunakan pada bangunan yang memiliki beban tinggi dengan tingkat elastisitas yang tinggi pula. Tipe ini semakin banyak digunakan dan biasa digunakan pada kabel baja jembatan.

BACA JUGA: Tips Memilih Pipa Besi Sesuai Kebutuhan

Struktur baja sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memulai konstruksi baik rumah atau bangunan komersil yang hemat dalam waktu yang cukup singkat. Dengan beragam kelebihan struktur baja, pastikan Anda benar benar paham dengan kekurangannya juga.

Kontraktor Konstruksi Baja Gedung

Kini Anda tidak perlu jauh-jauh mencari perlengkapan dan jasa konstruksi baja gedung karena CV. Beta Construction menyediakannya untuk Anda. Perusahaan tersebut juga menyediakan  konstruksi pipa lengkung, pembuatan kuda-kuda WF, Pagar, teralis, kanopi, railing tangga, balkon, tangga putar, pintu harmonika, dan rolling door.

DAPATKAN BERBAGAI KONSTRUKSI BAJA TERBAIK DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks